Kesehatan Umum

12 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut dan Cara Menggunakannya

Tri Yuniwati Lestari, 09 Mar 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Minyak zaitun dapat melembapkan rambut dan bantu atasi ketombe. Ketahui 12 manfaat minyak zaitun untuk rambut dan cara menggunakannya di sini.

12 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut dan Cara Menggunakannya

Minyak zaitun memang terkenal dengan segudang manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan kulit maupun rambut. Manfaat minyak zaitun untuk rambut sangat beragam, mulai dari melembapkan hingga mengatasi ketombe. 

 

Simak lebih lengkap berbagai fungsi minyak zaitun untuk rambut dan cara menggunakannya berikut ini.

 

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

  

 

Dokter Arina Heidyana menjelaskan, minyak zaitun kaya akan asam lemak dan antioksidan. Komposisi tersebut menjadikan minyak ini tidak hanya bermanfaat saat dikonsumsi, tetapi juga dapat berkhasiat saat dioleskan pada rambut. 

Olive oil memang sudah sejak lama digunakan untuk rambut. Kandungan asam oleic, asam palmitat, dan squalene-nya dipercaya dapat melembapkan, melembutkan, dan menguatkan rambut,” ucap dr. Arina.

Berikut ini beberapa kegunaan minyak zaitun untuk rambut yang bisa Anda dapatkan:

1. Melembapkan Rambut

Beberapa susunan kimiawi minyak zaitun menunjukkan potensi efek pelembap saat dioleskan ke rambut atau kulit. Sebab, minyak zaitun mengandung:

  • Asam oleat, emolien dengan sifat melembutkan dan melembapkan. Asam oleat minyak zaitun dianggap membantu melembapkan rambut dengan cara menembus batang rambut untuk mengembalikan kelembapannya. 
  • Squalene, jenis emolien lain yang populer di dalam produk perawatan kulit karena kemampuannya untuk menghidrasi kulit.

Namun, bukti ilmiah mengenai manfaat minyak zaitun untuk melembapkan rambut masih sangat terbatas.

2. Mencegah Ujung Rambut Bercabang

Sifat melembapkan dari minyak zaitun juga dapat membantu memperkuat ujung rambut dan meningkatkan elastisitasnya. Inilah mengapa olive oil dipercaya membantu mencegah kerusakan atau ujung rambut bercabang.

Namun, minyak zaitun tidak dapat memperbaiki rambut yang sudah bercabang. Cara mengatasi rambut bercabang yang terbaik adalah memotong rambut secara teratur untuk menghilangkan bagian yang rusak.

3. Membantu Rambut Cepat Panjang

Melansir Healthline, studi tahun 2015 pada tikus menemukan bahwa mengaplikasikan bahan-bahan dari pohon zaitun bisa merangsang pertumbuhan rambut. Namun, penelitian ini masih terbatas pada hewan dan belum ada bukti pada manusia.

Banyak faktor lain yang dapat memengaruhi pertumbuhan rambut manusia, seperti pola makan, genetik, dan hormon. Jadi, sulit untuk mempelajari efek minyak zaitun pada pertumbuhan rambut manusia. 

4. Rambut Lebih Halus dan Mudah Ditata

Minyak zaitun mengandung vitamin E yang bisa membantu menghaluskan rambut dan mengurangi kusut, sehingga mudah ditata. Ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki rambut kering dan kasar. 

Agar rambut lebih halus dan mudah ditata dengan minyak zaitun, keluarkan beberapa tetes minyak zaitun ke tangan dan oleskan ke rambut setelah keramas. 

5. Menenangkan Kulit Kepala

Menuangkan minyak zaitun sebelum keramas dipercaya dapat menenangkan kulit kepala. Tapi, penelitian mengenai khasiat minyak zaitun untuk kulit kepala masih belum memadai.

6. Merawat Rambut Rusak

Jika Anda memiliki rambut yang rusak akibat styling dari hair dryer, catokan, atau pewarna rambut, coba atasi dengan minyak zaitun.

Sifat melembapkan dari minyak zaitun dapat membuat rambut yang kering atau rusak menjadi lebih lembut. Namun, sama seperti bahan alami lainnya, butuh waktu lama bila ingin melihat hasil maksimal dari perawatan olive oil untuk rambut rusak.

Sebaiknya gunakan minyak zaitun secara teratur. Cara menggunakan minyak zaitun untuk rambut rusak adalah dijadikan masker atau pelembap sehabis keramas.

7. Menghilangkan Kutu Rambut

Manfaat minyak zaitun untuk rambut dapat membantu menghilangkan kutu rambut. Untuk hasil maksimal, oleskan minyak zaitun pada rambut sebelum tidur dan bilas keesokan harinya. 

Pastikan untuk menutup rambut dengan shower cap atau handuk. Kemudian, bilas dengan sampo hingga bersih. 

Artikel Lainnya: Apakah Efektif Membasmi Kutu Rambut dengan Minyak Zaitun?

8. Mengatasi Ketombe

Ketombe dapat disebabkan oleh banyak faktor, sehingga penyebabnya perlu diketahui dulu agar penanganan lebih efektif. Fungsi minyak zaitun untuk rambut dipercaya dapat mengurangi ketombe.

Pijat olive oil ke kulit kepala dalam keadaan kering, kemudian sisir serpihan ketombe. Biarkan minyak zaitun di rambut untuk beberapa saat, tutup menggunakan shower cap sebelum membilasnya.

9. Meredakan Iritasi pada Kulit Kepala

Kegunaan minyak zaitun untuk rambut dapat menenangkan rasa gatal dan kemerahan pada kulit kepala akibat gigitan kutu. Iritasi kulit kepala akibat ketombe dan produk rambut yang tidak cocok juga bisa diredakan dengan olive oil.

10. Mempertahankan Warna Alami Rambut

Manfaat minyak zaitun lainnya yang cukup populer adalah mengembalikan atau mempertahankan keaslian warna rambut alami. 

Khasiat olive oil dipercaya dapat menutrisi rambut yang sudah kusam agar lebih sehat, sehingga warna rambut kembali berkilau. 

11. Melembapkan Rambut Kering Setelah Keramas

Jika Anda selalu merasa rambut kering akibat keramas, minyak zaitun bisa menjadi solusinya. Gunakan minyak zaitun sebelum keramas atau campurkan beberapa tetes minyak zaitun pada sampo.

12. Baik untuk Rambut Anak

Tak hanya orang dewasa, bayi dan anak-anak juga bisa menggunakan olive oil sebagai perawatan rambutnya. Rutin mengoleskan minyak zaitun secukupnya pada rambut akan membuatnya lebih halus dan sehat.

Sebelum menggunakan olive oil untuk rambut dan kulit kepala anak, pastikan ia tidak alergi dengan bahan tersebut.

Artikel Lainnya: Manfaat Zaitun, dari Urusan Kecantikan Hingga Mencegah Kanker

Jenis Rambut yang Boleh Diberi Minyak Zaitun

Pada dasarnya olive oil dapat bekerja dengan cara yang sama untuk semua warna dan tekstur rambut. Tetapi, efektivitas dan keberhasilan perawatannya dapat bergantung pada kondisi rambut masing-masing orang.

 

Berikut ini beberapa kondisi rambut yang mungkin lebih cocok memakai minyak zaitun:

 

Rambut Tebal

 

Minyak zaitun mungkin dapat lebih cocok untuk rambut kering dan tebal, dibandingkan rambut halus. Karena, minyak cenderung dapat membuat rambut yang sudah tipis terlihat tambah tipis. 

 

Rambut Diwarnai

 

Rambut yang diwarnai atau di-styling cenderung lebih membutuhkan minyak zaitun. Sebab, rambut membutuhkan nutrisi tambahan untuk menjaganya tetap sehat dan jauh dari kerusakan akibat produk kimia dan alat panas.

 

Setelah mewarnai rambut, tunggu setidaknya 72 jam sebelum menggunakan minyak zaitun di kepala. 

 

Rambut Bercabang

 

Rambut bercabang cenderung kering dan kasar. Karena bisa melembapkan, minyak zaitun cocok untuk merawat kondisi rambut tersebut.

 

Artikel Lainnya: Minyak Zaitun untuk Memasak, Bolehkah Dipakai Berulang Kali?

Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Rambut

Masker rambut umumnya menjadi cara memakai minyak zaitun untuk rambut. Lakukan langkah-langkahnya di bawah ini:

 

  • Teteskan sedikit olive oil pada jari terlebih dahulu.
  • Oleskan minyak pada rambut atau kulit kepala saat kering.
  • Tutup kepala dengan handuk atau shower cap, biarkan minyak menempel di rambut selama sekitar 15 menit.
  • Bilas minyak dari rambut dengan air hangat dan sampo.
  • Ulangi membilas rambut dan kulit kepala jika masih terasa berminyak.

 

Sebenarnya ada banyak cara menggunakan minyak zaitun untuk rambut. Namun, belum ada penelitian yang mendukung metode mana yang lebih baik. Jadi, sebaiknya Anda sesuaikan saja dengan kondisi rambut.

 

Dokter Arina mengatakan, kebanyakan orang dapat dengan aman menggunakan minyak zaitun setiap hari. 

 

“Aman saja, sih, digunakan setiap hari, yang penting setelahnya dicuci bersih supaya tidak ada sisa minyak yang dapat menyumbat pori-pori di kulit kepala,” jelas dr. Arina. 

 

Namun, mungkin tidak semua orang cocok dengan minyak zaitun. Alangkah lebih baik jika Anda melakukan tes alergi terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

 

Oleskan minyak zaitun di belakang leher atau telinga. Biarkan tanpa dibilas selama 24 jam. Jika tidak terdapat tanda-tanda alergi seperti gatal atau kemerahan, berarti Anda cocok memakai olive oil.

 

Dapatkan tips kecantikan dan perawatan rambut lainnya di aplikasi KlikDokter. Anda juga bisa konsultasi dengan dokter kulit.

 

(FR/AYU)

 

Minyak ZaitunRambutKesehatan Rambut

Konsultasi Dokter Terkait