HomePsikologiRelationship9 Cara Membuat Pasangan Merasa Spesial, Bikin Makin Mesra
Relationship

9 Cara Membuat Pasangan Merasa Spesial, Bikin Makin Mesra

Endah Murniaseh, 19 Mei 2023

Ditinjau Oleh Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog

Icon ShareBagikan
Icon Like

Apakah kamu termasuk orang yang selalu berusaha membuat pasangan merasa spesial? Jika ya, berikut ini yang bisa kamu lakukan sebagai cara membuat pacar merasa spesial.

9 Cara Membuat Pasangan Merasa Spesial, Bikin Makin Mesra

Apakah kamu adalah orang yang selalu berupaya membuat pasangan merasa spesial? Jika ya, sebaiknya jangan menyerah dalam mengusahakan hal tersebut.

Menurut Ikhsan Bella Persada, M.Psi, Psikolog, tindakan yang dilakukan secara tulus untuk membuat pasangan merasa spesial akan meningkatkan kualitas hubungan.

Lantas, adakah tindakan yang bisa dilakukan sebagai cara membuat pasangan merasa spesial

Tidak sulit, berikut ini tindakan yang perlu kamu lakukan untuk mewujudkan hal tersebut:

1. Gunakan Love Language

Setiap orang memiliki love language yang berbeda-beda. Kamu bisa mempraktikkan bahasa cinta tersebut ke pasangan, baik dalam bentuk tindakan (act of service), sentuhan (physical touch), quality time, memberinya hadiah (receiving gift), atau pujian (words of affirmation).

Kamu bisa mencari tahu love language yang paling sesuai dengan pasangan, dan mempraktikkannya. Hal ini bisa membuat pasangan merasa lebih dicintai.

2. Belajar Mengendalikan Diri

Kemampuan mengendalikan emosi yang baik berperan penting dalam meningkatkan kualitas hubungan. 

Dengan kemampuan tersebut, kamu bisa mencari tahu solusi yang paling baik dari masalah yang sedang dihadapi. Kamu pun dapat lebih bertanggung jawab dengan keputusan yang dibuat.

Hal tersebut akan lebih baik daripada kamu ingin mengendalikan pasangan. Dengan begitu, kualitas hubungan juga akan meningkat. 

3. Berbagi Tugas dan Tanggung Jawab

Berdasarkan jurnal Emotion, saling berbagi tugas dalam berpasangan bisa membuat kedua belah pihak merasa berterima kasih satu sama lainnya.

Ketika kamu membantunya, pasangan bisa merasa sebagai orang yang spesial. Kamu juga tak perlu segan untuk bertanya kepada pasangan, apakah mereka membutuhkan bantuan atau tidak.

4. Dukung Keinginan Pasangan

Menurut Journal of Social and Personal Relationships, dukungan yang aktif diberikan kepada pasangan akan membuat mereka lebih bahagia dalam menjalani hubungan.

Senada dengan itu, Ikhsan mengatakan bahwa dukungan yang diberikan pasangan akan meningkatkan kebahagiaan dalam berhubungan.

Artikel Lainnya: Posting Foto Pacar di Media Sosial Bisa Tingkatkan Kualitas Hubungan?

“Dukungan yang diberikan kepada pasangan akan membuatnya merasa dipahami dan memiliki support system yang baik. Pasangan pun akan merasa berharga,” kata Ikhsan.

Ikhsan juga menambahkan, dengan dukungan tersebut, pasangan akan merasakan cinta yang seutuhnya. Hal ini karena adanya unsur intimasi atau kedekatan, hasrat dicintai, serta komitmen dari pasangan.

5. Jaga Komunikasi

Banyak cara untuk dapat menjaga komunikasi dengan pasangan. Salah satunya dengan mengirimkan pesan singkat. 

Faktanya, pesan yang kamu berikan kepada pasangan bisa membuatnya merasa diperhatikan. 

Komunikasi yang terus terjalin meskipun kamu dan pasangan terpisahkan oleh jarak bisa meningkatkan rasa kebersamaan.

6. Berikan Pujian di Depan Orang Lain

Memuji pasangan di depan orang lain akan membuatnya merasa dihargai dan diakui. Kamu bisa menyampaikan ke teman bahwa pasangan adalah orang yang hebat atas apa yang telah dilakukannya.

Artikel Lainnya: Manfaat Sering Memuji Pasangan dengan Kata “Cantik”

7. Jadi Pendengar yang Baik untuk Pasangan

Berikan perhatian jika pasangan sedang sedih. Dengarkan pula segala curhatannya tanpa menghakimi sepihak. 

Hal tersebut bisa membuat pasangan paham bahwa kamu peduli dan menjadikannya sebagai prioritas.

8. Terbuka dengan Pasangan

Untuk menghargai keberadaan pasangan, kamu mesti bersikap lebih terbuka dengannya. Hal ini juga bisa memudahkan pasangan memahami apa yang sedang kamu rasakan. 

9. Berikan Kejutan

Kejutan ataupun hadiah yang kamu berikan kepada pasangan bisa membuatnya merasa istimewa. Selain itu, pasangan juga akan merasa dianggap keberadaannya.

Diperlukan kreativitas yang positif untuk membuat pasangan merasa spesial dan dicintai. Kamu pun perlu melakukannya dengan tulus dan sukarela alias tanpa merasa terpaksa. 

Jadilah sosok yang menyenangkan dan konsisten untuk menunjukkan tindakan tersebut. Semakin pasanganmu merasa istimewa dan diperhatikan, kepuasan dalam berhubungan pun dapat meningkat signifikan. 

Apabila butuh tips dan saran terkait hubungan asmara, kamy bisa berkonsultasi lebih lanjut kepada psikolog melalui fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

Relationshippsikologiskesehatan mental

Konsultasi Dokter Terkait