Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomePsikologiRelationshipMengenal Physical Touch, Ungkapan Cinta dalam Bentuk Sentuhan
Relationship

Mengenal Physical Touch, Ungkapan Cinta dalam Bentuk Sentuhan

Dimas Laksono, 23 Nov 2022

Ditinjau oleh Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog

Icon ShareBagikan
Icon Like

Physical touch adalah bahasa cinta yang diberikan pasangan dalam bentuk sentuhan. Kenali lebih jauh love language ini lewat ulasan berikut.

Mengenal Physical Touch, Ungkapan Cinta dalam Bentuk Sentuhan

Setiap pasangan memiliki cara beragam untuk mengekspresikan cinta dan kasih sayang. Salah satu caranya adalah melalui sentuhan, seperti pelukan. Love language (bahasa cinta) ini dikenal pula sebagai physical touch.

Apa itu bahasa cinta physical touch? Bagaimana bentuknya dan seperti apa ciri-ciri orang yang menyukai love language satu ini? Yuk, baca tuntas pemaparan lengkap seputar physical touch di bawah ini!

Apa Itu Physical Touch dalam Love Language?

Menurut Gary Chapman, Ph.D., konselor sekaligus penulis buku The Five Love Languages, bahasa cinta ada lima jenisnya, yaitu:

  1. Word of affirmation (Kata-kata verbal, seperti pujian)
  2. Act of service (Melakukan tindakan tertentu)
  3. Receiving gifts (Memberikan hadiah, barang, atau makanan)
  4. Quality time (Menghabiskan waktu bersama)
  5. Physical touch (Memberikan sentuhan fisik, seperti pelukan, ciuman, dan seks)

Disampaikan Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, physical touch artinya bahasa cinta yang diungkapkan melalui sentuhan fisik. Orang dengan love language physical touch senang memberikan dan menerima kasih sayang dalam bentuk sentuhan atau kedekatan fisik.

Physical touch bisa berupa pelukan, rangkulan bahu, berpegangan tangan, mengelus rambut dan punggung, hingga berhubungan intim.

Macam-Macam Physical Touch

Macam-Macam Physical Touch

Seorang ilmuwan dan relationship coach asal Amerika Serikat, Clarissa Silva, PhD., mengungkapkan bahwa physical touch, khususnya pelukan bermanfaat melepaskan hormon oksitosin (hormon cinta). Oksitosin bisa membuat kamu lebih tenang. Hormon ini juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Untuk memperoleh manfaat tersebut, love language physical touch bisa dilakukan lewat sejumlah cara, di antaranya:

1. Berciuman

Ciuman adalah salah satu bentuk physical touch yang bisa kamu berikan untuk pasangan. Jenis physical touch ini bisa kamu lakukan dengan mencium area bibir, leher, pipi, dahi, dan tangan.

Lewat ciuman, hubunganmu dengan pasangan bisa makin romantis. Meski begitu, berciuman tidak melulu harus mengarah pada aktivitas seksual. Di sejumlah negara, budaya memberikan ciuman adalah salah satu bentuk penghormatan, salam, maupun ungkapan kasih sayang.

2. Pegangan Tangan

Pegangan maupun bergandengan tangan bisa melepaskan hormon endorfin sehingga membuat kamu merasa bahagia. Bentuk physical touch ini bisa jadi cara kamu menunjukkan cinta dan perhatian kepada pasangan.

3. Berpelukan

Berpelukan dengan pasangan merupakan bentuk physical touch yang bisa membuat hubunganmu makin hangat. Pelukan bisa mempererat hubungan kamu dengan pasangan, baik secara fisik maupun emosional.

4. Menyentuh Area Tubuh

Sentuhan bisa bersifat seksual maupun nonseksual. Kamu bisa memberikan physical touch ini kepada pasangan dengan menyentuh area punggung dan lehernya menggunakan jari, mengusap rambut, hingga menyentuh area tubuh lain.

Physical touch dalam bentuk sentuhan bisa jadi cara yang ekspresif untuk memberi tahu pasangan bahwa kamu selalu ada bersamanya, menginginkan keberadaannya, dan mengungkapkan rasa cinta untuknya.  

5. Memberikan Pijatan Ringan

Bahasa cinta physical touch juga bisa kamu berikan dalam bentuk pijatan ringan. Contohnya memijat ringan kaki pasangan setelah mereka selesai bekerja.

Selain bikin hubungan makin romantis, pijatan merupakan cara sederhana untuk mencurahkan perhatianmu kepada pasangan.

6. Berjoget Bersama

Suasana romantis bisa kamu ciptakan dengan menyetel musik romantis atau tembang kenangan untuk didengarkan bersama pasangan. Saat mendengarkan musik, kamu bisa mengajak pasangan berdansa atau berjoget bersama untuk menghangatkan suasana. Kegiatan ini bisa menjadi alternatif pilihan physical touch yang menyenangkan.

Artikel Lainnya: Tak Hanya Hubungan Asmara, Ini Jenis-Jenis Hubungan Lainnya

Ciri-Ciri Orang dengan Love Language Physical Touch  

Ada sejumlah tanda yang bisa dikenali dari orang yang memiliki love language physical touch. Psikolog Ikhsan mengatakan ciri-ciri orang dengan love language physical touch adalah mereka cenderung merasa senang saat berada dekat dengan pasangan.

“Mereka juga senang mengekspresikan cinta lewat kegiatan fisik, seperti sering memeluk, menggenggam tangan, dan mencium. Ketika bepergian, orang dengan bahasa cinta physical touch merasa lebih senang dirangkul maupun merangkul,” tambah Ikhsan.

Berikut sejumlah tanda kamu memiliki love language physical touch:

  • Senang disentuh, baik lewat pelukan, rangkulan, maupun kegiatan romantis sejenis
  • Merasa dicintai ketika menerima ciuman dan pelukan
  • Merasa tindakan pasangan sangat manis ketika kamu dipeluk
  • Merasa senang saat saling bergandengan tangan dan bersandar pada bahu
  • Tidak malu menunjukkan keromantisan di depan banyak orang
  • Merasa dicintai dan diinginkan ketika pasangan mengajak berhubungan seks
  • Merasa tindakan pasangan romantis ketika kamu dipijat atau disentuh
  • Saat stres, kamu bisa merasa lebih tenang saat menggenggam tangan pasangan
  • Tersinggung apabila pasangan tidak menyentuh kamu saat bersama orang lain

Menilik sederet kecenderungan di atas, relationship coach asal AS, Thalia Ouimet mengatakan orang dengan bahasa cinta physical touch akan cocok dengan orang yang memiliki love language quality time. Soalnya, kamu dan pasangan bisa menghabiskan waktu bersama sambil melakukan aktivitas fisik. 

Kini, kamu sudah tahu ya pengertian, bentuk, dan ciri-ciri orang yang memiliki bahasa cinta physical touch. Apakah kamu termasuk orang dengan love language physical touch?

Jika iya, #JagaSehatmu dengan mengkomunikasikannya kepada pasangan agar kalian bisa saling tahu cara terbaik untuk mengungkapkan cinta kepada satu sama lain. Bukan tidak mungkin, hubungan kalian jadi makin romantis, lho! 

Apabila kamu kesulitan menjalin komunikasi dengan pasangan, tak ada salahnya curhat bersama psikolog lewat layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter. Unduh aplikasinya supaya kamu bisa memperoleh informasi lengkap dan terpercaya seputar kesehatan.

(ADT/NM)

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter