Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomePsikologiRelationshipCara Mengetahui Love Language Pasangan Agar Hubungan Lebih Harmonis
Relationship

Cara Mengetahui Love Language Pasangan Agar Hubungan Lebih Harmonis

Tamara Anastasia, 05 Agt 2021

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Salah satu cara meningkatkan keharmonisan dalam berpasangan adalah dengan mengetahui love language pasangan. Bagaimana cara mengetahui hal tersebut? Simak di sini.

Cara Mengetahui Love Language Pasangan Agar Hubungan Lebih Harmonis

Salah satu cara yang terbukti bisa meningkatkan keharmonisan dalam berhubungan adalah dengan mengenali love language pasangan.

Menurut Ikhsan Bella Persada, M. Psi, Psikolog, love language dapat diartikan sebagai bentuk komunikasi yang bisa diekspresikan dan dirasakan oleh sebuah individu.

Love language penting untuk mendukung komunikasi kedua individu. Sebab, dengan memberikan love language pada masing-masingnya, hal ini bisa membuat hubungan menjadi semakin erat,” kata Ikhsan.

Mengenal Jenis-Jenis Love Language Pasangan

Hingga saat ini, ada 5 jenis love language yang diketahui:

  1. Word of Affirmation, yakni individu senang jika diberikan kata-kata cinta dan pujian 
  2. Quality time, yakni individu yang senang dan merasa dicintai ketika dirinya bisa menghabiskan waktu bersama dengan pasangannya
  3. Physical touch, yakni individu yang senang dan merasa dicintai ketika pasangannya banyak melakukan interaksi fisik dengannya seperti memeluk, merangkul, menggenggam tangan, dan sebagainya. 
  4. Acts of service, yakni individu akan senang dan merasa dicintai ketika bisa mendapatkan bantuan-bantuan kecil dari pasangannya.
  5. Receiving gift, yakni individu yang merasa senang dan dicintai ketika mendapatkan hadiah spesial dari pasangannya. 

Cara Mengetahui Love Language Pasangan

Setiap love language memiliki porsinya masing-masing. Lantas, bagaimana cara cara mengetahui love language yang paling dijunjung oleh pasangan? 

  • Mengenal Lebih Dalam

Saat menjalin hubungan asmara, cobalah untuk memperhatikan hal-hal apa saja yang bisa membuat pasangan lebih bahagia. 

Anda juga bisa melihat hal apa saja yang bisa menjadi mood booster pasangan ketika sedang menghabiskan waktu bersama. 

Jika terlalu sulit memprediksi, jangan sungkan untuk menanyakannya langsung kepada pasangan seputar hal-hal apa saja yang ia sukai dan membuatnya merasa disayangi. 

  • Berikan Hadiah 

Hampir setiap individu akan merasa senang ketika diberikan hadiah oleh pasangannya. 

Memberikan pasangan hadiah bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui apakah pasangan Anda seseorang yang memiliki love language receiving gift atau tidak. 

Coba juga habiskan waktu bersama pasangan, lalu bandingkan setiap love language yang ada. 

Artikel Lainnya: Peran Pasangan dalam Mengatasi Celebrity Worship Syndrome

  • Ambil Tes Daring

Saat ini sudah banyak penyedia tes love language daring. Anda dan pasangan bisa mengambil tes tersebut untuk memastikan love language apa yang dimiliki. 

Jika hasilnya sudah keluar, cobalah untuk mendiskusikan hasilnya; apakah valid dan sesuai, atau tidak.  Jika memang valid, cobalah untuk mulai memenuhi kebutuhan love language pasangan Anda. 

  • Bandingkan 

Bukan membandingkan secara fisik dan materi. Maksudnya di sini adalah membandingkan setiap bentuk love language pada pasangan Anda. 

“Anda juga bisa mempraktikkan kesemua love language yang ada kepada pasangan,” saran Ikhsan.

Misalnya Anda mencoba untuk meluangkan waktu bersama pasangan dan menanyakan bagaimana perasaannya beberapa saat kemudian. 

“Atau, coba diberikan hadiah yang sedang dibutuhkan dan tanya bagaimana perasaannya. Kita kasih pujian ke dia,” ungkap Ikhsan.

“Dari 5 bentuk bahasa kasih yang sudah dilakukan, tanyakan mana yang membuat pasangan Anda merasa sangat senang,” sambungnya.

Mengenali dan mempraktikkan love language yang tepat kepada pasangan dapat membantu mempererat tali kasih yang telah terjalin. 

Apabila Anda terkendala atau kesulitan mengetahui love language pasangan, tak perlu sungkan untuk berkonsultasi lebih lanjut kepada psikolog melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/JKT)

Relationship

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter