Kesehatan Mental

Bersikap Seperti Tuhan, Ketahui Gejala God Complex

Tri Yuniwati Lestari, 18 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Apakah Anda pernah mendengar istilah God complex? Istilah ini digunakan untuk orang yang bersikap seolah-olah seperti Tuhan. Ketahui selengkapnya di sini.

Bersikap Seperti Tuhan, Ketahui Gejala God Complex

Pernahkan Anda berbicara pada seseorang yang merasa dirinya seperti dewa atau Tuhan? Orang-orang tersebut biasanya dapat dikatakan memiliki God complex atau God syndrome.   

Istilah God complex memang bukanlah sebuah diagnosis atau bahkan istilah klinis. Namun, merupakan label atau julukan yang sering dilontarkan untuk orang-orang yang menilai dirinya selalu benar seperti Tuhan.  

Memiliki sindrom ini tentu akan berdampak negatif pada diri dan orang-orang di sekitarnya. Lantas, kenapa seseorang bisa merasa selalu benar seperti Tuhan? Apa saja gejalanya? Ketahui melalui ulasan berikut ini.

Penyebab Seseorang Memiliki Sifat God Complex?

Dikatakan oleh Psikolog Ikhsan Bella Persada, M.Psi., seseorang yang memiliki sindrom ini biasanya disebabkan karena merasa memiliki kontrol kuat dari dalam dirinya. 

“Bisa juga karena adanya pengaruh pola asuh saat mereka masih kecil. Individu sering kali mendapatkan perhatian besar dari orangtuanya dan dianggap sebagai "bintang" yang tidak pernah salah dan tidak pernah kalah,” ucap Ikhsan.

Artikel Lainnya: Gampang Merasa Sensitif? Ini Tips Mengatasinya

Penyebab lainnya, diungkapkan oleh Psikolog Ikhsan, adalah self-esteem atau kepercayaan diri individu tersebut yang rendah. 

Jadi, untuk dapat menutupinya, ia menunjukkan perilaku seperti memiliki kekuatan dan meyakini bahwa ia bisa mengatur segalanya. 

Tanda-Tanda God Complex

Adapun beberapa tanda God syndrome yang perlu Anda waspadai, di antaranya: 

1. Rasa Berhak atas Segalanya

Orang-orang dengan sifat seperti Tuhan ini menganggap diri mereka istimewa. Oleh sebab itu, mereka selalu berharap menerima perlakuan yang lebih baik daripada orang-orang lain di sekitar mereka. 

Orang dengan sifat ini juga memiliki kepercayaan bahwa mereka harus selalu mendapatkan apa yang diinginkan. Juga, berharap orang lain dapat terus menuruti keinginan dan tuntutan mereka.  

Jika ada yang tidak setuju atau tidak menyanggupi permintaan mereka, akan dianggap sebagai penentang.

2. Tidak Memiliki Empati pada Orang Lain 

Orang-orang dengan sifat ini mereka kurang memiliki empati dan tidak dapat menempatkan diri pada posisi orang lain. Oleh karena itu, tidak heran mereka juga memiliki tingkat arogansi yang tinggi. 

Orang dengan sifat ini hanya selalu ingin orang lain melayaninya dengan baik. Tidak peduli bagaimana perilaku mereka pada orang-orang di sekitarnya. 

Artikel Lainnya: Langsung Marah Saat Dinasihati, Apa Termasuk Gangguan Psikologis?

3. Merendahkan, Menindas, Mengintimidasi, dan Meremehkan orang lain 

Tak jarang orang dengan sifat God complex selalu bersikap paling benar atau paling pintar di antara orang lain. 

Hal ini yang membuat mereka berpikir bahwa tidak ada orang yang berani menentangnya. Berpikir semua orang tidak sepadan dengannya. 

Ketika bertemu dengan orang-orang yang tampaknya memiliki kelebihan, mereka cenderung merasa terancam. 

Saat merasa terancam, orang-orang ini bisa melakukan penghinaan, intimidasi, atau bahkan menggunakan ancaman.  

Intimidasi, ancaman, dan meremehkan orang lain dilakukan untuk menutupi rasa kurang percaya diri mereka. Juga, untuk menghidupkan pemikiran mereka bahwa hanya mereka orang yang pantas dipuja-puja.

4. Butuh Pujian dan Kekaguman

Untuk membuat mereka merasa seperti dewa atau Tuhan, individu-individu ini membutuhkan pujian untuk menaikkan ego mereka. 

Orang dengan sifat Tuhan ini akan mencoba untuk berteman dengan orang-orang yang terus-menerus memuji dan mengagumi mereka.

Namun, jika pada suatu saat nanti orang-orang yang terus memujinya pergi atau tidak lagi mendukungnya, ia akan menganggap mereka sebagai pengkhianat. Tidak segan pula untuk mengambil tindakan yang dapat mencelakakan orang tersebut. 

Apabila Anda mengenal individu dengan tanda-tanda God complex di atas, sebaiknya segera ajak ia berkonsultasi ke psikolog atau psikiater. 

Membiarkannya hanya akan menimbulkan dampak negatif bagi individu tersebut dan orang-orang di sekitarnya. 

Gunakan fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter untuk bertanya langsung dengan psikolog terkait masalah ini. 

(PUT/AYU)

Referensi: 

  • Wawancara Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog.
  • My body green. Diakses 2022. How To Spot Someone With A God Complex & What To Do About It, From Experts.
  • Seeker. Diakses 2022. Why Do Some People Have a 'God Complex'?
Kesehatan Jiwagod syndromekesehatan mental

Konsultasi Dokter Terkait