Perawatan Wanita

Tips Memilih Klinik Kecantikan yang Tepat dan Aman

Zahra Aminati, 08 Jan 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Di antara beragam klinik kecantikan, bagaimana cara memilih yang benar-benar bagus? Tak perlu bingung, ketahui tips memilih klinik kecantikan di sini.

Tips Memilih Klinik Kecantikan yang Tepat dan Aman

Memiliki kulit sehat terawat menjadi impian banyak wanita. Untuk mendapatkannya, bukan hanya rutin menggunakan skincare, perawatan di klinik kecantikan juga bisa dilakukan. 

Sebelum memutuskan untuk melakukan treatment di salah satu klinik, kita perlu cari tahu dulu informasi lengkap mengenai fasilitas tersebut.

Apa saja tips memilih klinik kecantikan yang bagus? Cari tahu di bawah ini: 

1. Cari Tahu Rekam Jejak Medis dari Klinik yang Dituju

Hal pertama yang perlu diperhatikan ialah rekam jejak medis klinik yang dipilih. Penting untuk mencari tahu lewat internet atau menelepon ke klinik tersebut mengenai kualitasnya. 

Pastikan klinik yang Anda tuju memiliki izin resmi dari BPOM, Kementerian Kesehatan, dan KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit). 

Ketika klinik kecantikan itu tidak memiliki sertifikat resmi dan tepercaya, sebaiknya cari klinik lain.

2. Pilih Klinik dengan Dokter Spesialis Berkualitas

Berikutnya, ketahui siapa saja orang-orang yang bekerja atau berpraktik di klinik pilihan. Misalnya, cari informasi tentang tim dokter spesialis di sana. 

Dokter Dyah Novita Anggraini mengingatkan, “Pastikan di dalam klinik kecantikan tersebut ada dokter yang telah memiliki sertifikat aesthetic.”

Menurut info dari klinik kecantikan Inggris RT Aesthetics, lebih dari 85 persen pelanggan tidak mencari tahu apakah dokter estetika yang mereka pilih memenuhi syarat atau tersertifikasi. 

Padahal, perawatan seperti chemical peeling, filler, atau operasi plastik wajah memiliki risiko besar jika tidak dilakukan oleh ahlinya. Bukan tidak mungkin muncul efek samping tertentu jika treatment dan perawatan setelahnya tidak dilakukan dengan benar.

Anda disarankan meminta daftar dokter yang bekerja di klinik yang bersangkutan sebagai bahan pertimbangan. 

Artikel lainnya: Coba Perawatan Refreshing Facial Untuk Wajah Jadi Lebih Relaks 

3. Patut Curiga Bila Harga Terlampau Miring

Jasa perawatan kulit di klinik kecantikan itu umumnya memang mahal. Hal ini bisa dipengaruhi banyak faktor, mulai dari peralatan, obat, dan sebagainya.

Anda boleh saja mencari klinik yang lebih murah. Tapi, Anda tetap harus hati-hati apalagi bila harga murahnya tidak masuk akal. Tidak semua klinik kecantikan berharga miring memiliki dokter spesialis berpengalaman.

Klinik kecantikan yang baik biasanya berfokus pada kualitas dan hasil. 

Maka dari itu, penting untuk melakukan survei harga perawatan kulit yang diinginkan di berbagai klinik. Jadi, Anda tahu kisaran harganya.

Cari klinik yang terbuka soal rincian biaya pengobatan. Anda juga bisa bertanya apakah ada opsi dalam rentang harga berbeda. 

4. Cek Ketersediaan Treatment

Ketahui apakah perawatan kulit yang ingin Anda dapatkan ada di klinik tersebut. Misalnya, ketika ingin menghilangkan bekas jerawat di wajah, Anda bisa mencari klinik kecantikan yang menyediakan laser wajah dengan kualitas dan review yang baik. 

Bagi yang ingin melakukan perubahan bentuk wajah, carilah klinik kecantikan bereputasi baik dengan ahli bedah estetika tersertifikasi. 

Artikel lainnya: Sculptra, Perawatan Wajah Agar Terlihat Prima Tanpa Bedah

5. Survei ke Klinik 

Sebaiknya, Anda datang ke lokasi klinik kecantikan langsung. Biasanya klinik terkemuka menawarkan konsultasi tatap muka tanpa harus melakukan perawatan. 

Dengan berkonsultasi langsung, Anda lebih mudah mengetahui apa saja pengobatan dan treatment di sana. Yang tak kalah penting, perhatikan kondisi klinik, kebersihan, dan alat-alat yang digunakan. Bila meragukan, lebih baik cari tempat lain.

Dokter Dyah Novita menambahkan, “Pastikan dengan baik apa saja obat-obatan yang digunakan dari klinik tersebut, serta tanyakan manfaat dari masing-masing obat.” 

Hal ini penting agar Anda tidak menerima sembarang obat dengan kandungan yang belum tentu aman. 

6. Pahami Prosedur Perawatan

Sebelum memutuskan janji temu di klinik kecantikan, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana prosedur perawatan dilakukan. 

Contohnya, bila memilih microneedling, tanyakan detail bagaimana proses, aftercare, dan risiko efek samping. Utarakan juga kondisi kulit Anda.

Terapkan cara memilih klinik kecantikan yang aman di atas. Jangan sampai kesehatan kulit Anda menjadi korban karena salah pilih klinik.

Bila ingin bertanya seputar perawatan kulit, konsultasi lebih praktis lewat Live Chat dokter kulit di aplikasi KlikDokter.

(FR/JKT)

Referensi:

RT Aesthetics. Diakses 2021. Ten Tips When Choosing An Aesthetics Clinic.

Healthline. Diakses 2021. Microneedling: Collagen Induction Therapy. 

Perawatan Kecantikankulitwajah

Konsultasi Dokter Terkait