Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
Masalah Kulit

Flek Hitam

Tim Medis Klikdokter, 27 Juni 2019

Ditinjau Oleh KlikDokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Flek hitam adalah penumpukan pigmen gelap yang tampak seperti bintik hitam pada kulit. Salah satu penyebabnya adalah karena sering terpapar sinar matahari hingga efek samping penggunaan obat tertentu.

Flek Hitam

Pengertian Flek Hitam

Flek Hitam adalah penumpukan pigmen kulit (melanin) pada kulit. Letaknya bisa di permukaan pada kulit ari (epidermis), atau pada kulit dalam (dermis).

Flek hitam pada wajah cenderung lebih banyak ditemukan pada orang-orang yang memiliki jenis kulit berwarna cerah. Meski demikian, flek hitam juga bisa muncul pada mereka yang memiliki kulit gelap.

Artikel Lainnya: Perbedaan Freckles dan Flek Hitam

Penyebab Flek Hitam

Terdapat beberapa penyebab flek hitam pada wajah, diantaranya:

  • Paparan sinar UV
  • Faktor hormonal (penggunaan produk kontrasepsi seperti pil KB)
  • Penggunaan produk kosmetik yang tidak terjamin
  • Bekas luka

Diagnosis Flek Hitam

Untuk menentukan diagnosis flek kehitaman, dapat dilakukan dengan lewat pemeriksaan fisik secara langsung terhadap kulit penderita. Biasanya pada kulit wajah akan tampak flek atau noda berbentuk bulat kehitaman. Noda ini bisa saja tersebar pada berbagai bagian wajah, khususnya area yang sering terpapar sinar matahari.

Umumnya flek hitam tidak menimbulkan gejala, namun dapat menyebabkan gangguan kosmetik, bahkan perasaan rendah diri.

Artikel Lainnya: Cara Ampuh Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat

Gejala Flek Hitam

Tak ada gejala yang sangat khusus dari kemunculan flek hitam. Biasanya tanda-tanda flek hitam terlihat dari adanya noda kehitaman pada area kulit yang sering terpapar sinar matahari. Terkadang flek hitam dapat timbul pada seluruh wajah, khususnya pada orang tua.

Pengobatan Flek Hitam

Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi flek hitam. Penggunaan salep hidrokuinon 2% dapat dipertimbangkan. Penggunaannya dilakukan untuk mempercepat regenerasi kulit.

Bekas kehitaman juga dapat dihilangkan melalui metode chemical peeling dan mikrodermabrasi. Penggunaan laser juga bisa dilakukan pada beberapa kasus flek kehitaman. Konsultasikan masalah kulit Anda dengan dokter yang berpengalaman, untuk memilih berbagai jenis terapi yang tersedia untuk tipe kulit Anda.

Artikel Lainnya: Perawatan Laser untuk Menghilangkan Flek Hitam, Efektifkah?

Pencegahan Flek Hitam

Pencegahan flek hitam dapat dilakukan dengan menghindari paparan langsung sinar matahari. Gunakanlah topi dan tabir surya jika Anda akan berpergian di bawah sinar matahari dalam waktu lama.

Pilihlah produk kosmetik yang aman dan bagus untuk mengatasi flek. Anda juga dapat merawat wajah Anda dengan beberapa teknik seperti mikrodermabrasi untuk membantu pengangkatan kulit mati.

Jika kamu ingin berkonsultasi langsung pada dokter terkait flek hitam dan masalah kulit wajah lainnya, kamu bisa chat dokter spesialis kulit di KlikDokter. Di sini kamu juga bisa pesan layanan kecantikan kulit secara online dengan mudah dan aman. Yuk, download aplikasi KlikDokter sekarang juga!

Tanya Dokter