HomeInfo SehatKulitCara Ampuh Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat
Kulit

Cara Ampuh Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat

dr. Dyah Novita Anggraini, 16 Feb 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Jerawat sering kali meninggalkan bekas berupa flek hitam. Bagaimana mengatasinya? Simak cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat di sini.

Cara Ampuh Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat

Jerawat sembuh lalu kempis bukan berarti masalah Anda selesai. Dalam beberapa kasus, tak jarang tertinggal flek hitam bekas jerawat di permukaan kulit. Bekas ini dapat mengganggu penampilan Anda, bukan?

Bercak kehitaman atau hiperpigmentasi pascainflamasi (HPI) memang sering terjadi pada kulit wajah yang baru sembuh dari jerawat. 

Lalu, bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat tersebut? Sebenarnya, flek hitam bekas jerawat akan membaik seiring waktu dan tidak memerlukan terapi khusus. 

Noda tersebut biasanya akan hilang dalam 6-12 bulan jika tidak diobati. Sementara itu, pigmen yang lebih dalam dapat hilang dan pudar dalam beberapa tahun.

Namun, jika Anda ingin mempercepatnya, berikut beberapa bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat:

1. Tabir Surya

Untuk menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi, caranya bisa dengan rutin menggunakan tabir surya.

Oleskan tabir surya yang mengandung barrier fisik, seperti titanium dioksida atau zink oksida, pada semua kulit yang terpapar matahari sehari-hari.

Tabir surya kimiawi dianggap sangat efektif dan jarang menyebabkan dermatitis kontak iritan. Selain itu, sebaiknya hindari terkena cahaya matahari langsung.

Artikel Lainnya: Bahaya Kandungan Kosmetik Hydroquinone untuk Wajah

2. Perbanyak Vitamin D

Vitamin D sangat penting bagi orang berkulit gelap. Orang dengan jenis kulit tersebut berisiko kekurangan vitamin D karena konsentrasi melanin yang lebih tinggi di kulit.

The American Academy of Dermatology mengatakan, kelompok yang berisiko kekurangan vitamin D membutuhkan dosis total harian 1.000 IU melalui diet dan suplementasi.

Itu sebabnya, asupan tinggi vitamin D (seperti salmon dan minyak hati ikan, serta suplemen vitamin D) dapat diberikan. 

3. Hidroquinon

Hidroquinon atau HQ merupakan krim pemutih yang menjadi gold standard untuk pengobatan dan cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat.

Krim ini bisa digunakan untuk pasien di atas 13 tahun. Hidroquinon umumnya dipakai dalam konsentrasi 2-4 persen.

Bahan ini bekerja dengan menghalangi enzim tirosinase sehingga menghambat pengubahan dihydroxyphenylalanine menjadi melanin. 

Terapi tunggal HQ bisa efektif mengobati HPI. Namun, HQ juga dapat diformulasikan dengan agen lain, termasuk asam glikolat retinoid, kortikosteroid, antioksidan, dan tabir surya demi meningkatkan efektivitas.

4. Retinoid

Salah satu cara untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan menggunakan retinoid, yang merupakan analog struktural turunan vitamin A. 

Retinoid dapat efektif untuk kasus HPI pada kulit berwarna, baik dipakai sendiri maupun dikombinasikan dengan agen lainnya. 

Artikel Lainnya: Tak Bisa Instan, Ini Waktu yang Diperlukan Skin Care untuk Tunjukkan Hasil

5. Campuran Asam Azelat, Asam Kojik, dan Arbutin

Zat asam azelat, asam kojik, dan arbutin dipercaya dapat menghilangkan noda hitam bekas jerawat sekaligus mencerahkannya.

Cara kerja campuran bahan-bahan tersebut adalah dengan menghambat pigmen kulit yang terbentuk pasca-peradangan kulit.

Salah satu bahan tersebut, yaitu arbutin, merupakan ekstrak bahan alami yang dinilai lebih aman untuk kulit dibandingkan bahan kimia lainnya.

6. Mentimun 

Mentimun kaya akan kandungan antioksidan yang tinggi seperti vitamin A, vitamin C, dan magnesium. Ketiganya dapat melembapkan kulit sehingga kulit terhidrasi dengan baik.

7. Air Kelapa 

Air kelapa mempunyai kandungan vitamin E dan membantu menghidrasi kulit sehingga kesehatan kulit tetap terjaga. 

8. Kunyit

Cara menghilangkan bekas jerawat bisa dengan memanfaatkan bahan alami seperti kunyit.

Kandungan antiinflamasi dan antioksidan di dalam rempah ini dapat mempercepat penyembuhan luka dan memperbaiki jaringan parut pada luka. 

Artikel Lainnya: Manfaat Mikrodermabrasi untuk Wajah Sehat dan Cantik

9. Chemical Peel

Chemical peel serta pengobatan topikal bekerja sinergis. Tak cuma mencerahkan kulit, chemical peel juga memungkinkan zat masuk ke lapisan kulit secara optimal.

Pasien disarankan untuk menggunakan tretinoin dan HQ sebelum melakukan chemical peel.

Chemical peel lebih efektif pada peradangan lapisan kulit ringan hingga sedang, dan perlu dilakukan pengulangan rata-rata 3-5 sesi.

10. Laser

Laser adalah terapi invasif (selain chemical peel) yang dapat menjadi cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat setelah peradangan kulit derajat sedang hingga berat.

Laser (Nd: YAG) 1064 nm, QS Ruby, dan laser termolisis fraksional Erbium fiber 1550 nm adalah yang paling sering digunakan untuk kasus ini.

Pada sebuah penelitian, tiga pasien HPI yang dilaser QS Nd: YAG 1064 nm mendapat hasil baik seusai lima sesi dengan perbaikan dalam dua bulan.

11. Grapeseed Extract

Ekstrak biji anggur, alias grapeseed extract, dapat digunakan sebagai cara alami menghilangkan flek hitam bekas jerawat. 

Sejauh ini, belum ada penelitian yang membahas penggunaan topikal grapeseed extract.

Akan tetapi, ada penelitian yang menunjukkan konsumsi ekstrak biji anggur selama 6 bulan secara oral bermanfaat bagi orang dengan melasma

Artikel Lainnya: Mengenal Seluk Beluk Terapi Laser untuk Kecantikan

12. Aloe Vera

Banyak orang menggunakan aloe vera untuk memudarkan flek hitam bekas jerawat. Namun, apakah cara ini efektif?

Menurut sebuah studi pada hewan, menggunakan aloe vera secara rutin bisa menstabilkan tingkat melanin di dalam sel.

Kendati begitu, masih diperlukan penelitian lanjutan guna mengetahui batasan efek tersebut. 

13. Vitamin C 

Jus lemon kaya akan vitamin C, sehingga dapat mencerahkan kulit dan meratakan warna kulit. Karena itu, penggunaan bahan alami ini dapat menjadi cara menghilangkan bekas jerawat hitam.

Vitamin C sudah lama dipercaya jadi agen depigmentasi yang efektif untuk menurunkan pembentukan melanin. 

14. Minyak Kelapa 

Minyak kelapa memiliki kandungan antioksidan, vitamin E, dan vitamin K. Kandungan tersebut dapat membantu memperbaiki dan meningkatkan pertumbuhan jaringan kulit. 

Artikel Lainnya: Efek Samping Melakukan Chemical Peeling di Rumah

Itulah sejumlah cara menghilangkan bekas jerawat, baik secara alami maupun memanfaatkan prosedur perawatan kulit.

Perlu diketahui, hidroquinon masih menjadi pilihan utama yang digunakan, dengan mempertimbangkan campuran zat lain, seperti asam azelat, asam kojik, dan arbutin.

Sementara itu, prosedur chemical peel, laser, dan terapi berbasis cahaya lainnya direkomendasikan bagi Anda yang memiliki bercak hitam tingkat sedang hingga berat.

Sebelum menentukan prosedur apa yang harus diambil untuk mengatasi flek hitam bekas jerawat, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter kulit.

Dokter akan menilai kondisi kulit Anda dan menyarankan prosedur yang sesuai tingkat keparahan flek hitam Anda.

Jika masih punya pertanyaan seputar cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat, chat dokter melalui Tanya Dokter.

[WA]

bekas jerawatKecantikanJerawat

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter