Kesehatan Mental

Cara Tepat Menghadapi Orang yang Mencoba Bunuh Diri

Tri Yuniwati Lestari, 11 Sep 2023

Ditinjau Oleh Gracia Ivonika, M.Psi., Psikolog

Berurusan dengan orang yang mencoba bunuh diri memang tidak mudah. Alih-alih mengambil langkah yang salah, ketahui cara tepatnya berikut ini.

Cara Tepat Menghadapi Orang yang Mencoba Bunuh Diri

Kamu mungkin biasanya hanya melihat orang yang ingin melakukan percobaan bunuh diri dari platform berita ataupun media sosial. Lantas, bayangkan bagaimana jika hal itu ada dihadapanmu? Apakah kamu akan diam saja atau malah ikut panik? 

Ketika bingung menghadapi orang yang ingin bunuh diri, berikut ini adalah beberapa langkah tepat yang bisa kamu lakukan. 

1. Jangan Panik

Dijelaskan oleh Gracia Ivonika, M.Psi., Psikolog, hal yang paling penting untuk dilakukan saat melihat orang ingin melakukan percobaan bunuh diri adalah tetap tenang dan jangan panik. 

“Sepanik apapun, usahakan untuk tetap tenang. Jangan memaksa untuk turun, memarahi, atau memberikan respons yang semakin memicu ketegangan atau memberi tekanan,” kata Gracia.

2. Cari Bantuan

Jika melihat ada orang yang ingin melakukan bunuh diri, baik itu orang yang kamu kenal atau tidak, sebaiknya segera hubungi layanan darurat atau pihak berwenang untuk meminta bantuan.

Gunakan ponselmu untuk menghubungi hotline kesehatan mental HIMPSI di 119 exit 8 atau hubungi kantor polisi terdekat.

Artikel Lainnya: 11 Penyebab Seseorang Ingin Bunuh Diri

Beri tahu mereka bahwa kamu bersama seseorang yang sepertinya akan melakukan percobaan bunuh diri. Kemudian, beritahu lokasi percobaan bunuh diri secara jelas dan detail agar pihak terkait mudah menemukan lokasimu.

Kamu juga perlu memberitahu secara jelas keadaan yang terjadi. Misalnya, jika orang tersebut tampaknya mabuk atau menggunakan obat-obatan, kamu harus memberitahu petugas tentang kecurigaan tersebut.

Informasikan pula apabila orang tersebut tampak membawa senjata atau benda tajam yang berbahaya.

3. Cobalah Ajak Bicara

Sambil menunggu bantuan datang, kamu dapat mengajak orang yang akan bunuh diri untuk berinteraksi dengan tenang dan perlahan. Bicarakan hal-hal yang netral dan tidak menyinggung perasaannya.

Melansir Mayo Clinic, saat berhadapan dengan orang yang ingin melakukan bunuh diri, jangan pernah sekali-kali kamu mengatakan hal-hal yang dapat merendahkan atau menghakimi pelaku.

Artikel Lainnya: Punya Keinginan Bunuh Diri Selalu Pertanda Depresi?

Misalnya, jangan katakan "Kalau kamu bunuh diri, semua akan tambah buruk" atau "Kamu harusnya bersyukur masih diberi hidup". Alih-alih berkata seperti itu, kamu dapat mengatakan kata-kata yang lebih menyemangati.

Seperti, "Apa yang kamu rasakan?" atau “Apa yang kamu butuhkan agar merasa lebih tenang?”. Tetap lakukan interaksi dan temani mereka. Jangan tinggalkan pelaku bunuh sendirian.

“Saat sudah mulai tenang dan lebih bisa diajak bicara, ajak ia untuk duduk terlebih dahulu atau perlahan menjauhi area yang berisiko membuat ia melakukan bunuh diri,” ucap Gracia.

4. Pastikan Kondisi Fisik Mereka

Setelah berhasil membujuk orang tersebut berhenti melakukan percobaan bunuh diri, hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah memastikan keamanan fisiknya terlebih dahulu.

Jika ditemukan adanya luka atau kondisi kesehatan yang mengganggu, segera bawa mereka ke puskesmas atau rumah sakit terdekat. Kemudian, hubungi keluarga atau orang terdekatnya.

“Pastikan keamanan yang bersangkutan setelahnya. Jauhi barang-barang yang bisa memicu keinginan atau rencana bunuh diri,” ungkap Gracia.

Artikel Lainnya: Cara Membangkitkan Motivasi Hidup Orang yang Ingin Bunuh Diri

5. Hindari Ikut Campur pada Masalah Mereka

Hindari untuk menanyakan hal-hal pribadi, apalagi jika yang bersangkutan merasa tidak nyaman. Sebaiknya juga jangan memberikan solusi masalahnya jika tidak diminta. Biarkan ia tenang terlebih dahulu.

Sebaliknya, kamu dapat berkomunikasi dengan keluarganya tentang kejadian yang terjadi. Lalu, arahkan mereka untuk tidak membiarkan orang yang bersangkutan sendirian terlebih dahulu. 

Namun, berbeda jika orang yang ingin melakukan percobaan bunuh diri adalah teman dekat. Kamu bisa mencoba menenangkan, kemudian pastikan selalu berada di sampingnya. 

Ketika teman kamu sudah tenang, tidak ada salahnya untuk menawarkan bantuan profesional seperti psikolog.

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan jika menghadapi orang yang ingin melakukan percobaan bunuh diri. Pastikan semua langkah tersebut kamu lakukan dengan tenang dan pikiran yang jernih. 

Manfaatkan layanan fitur Tanya dokter di aplikasi Klikdokter untuk berkonsultasi dengan psikolog.

(PUT/JKT)

Bunuh Diri

Konsultasi Dokter Terkait