Sukses

Manfaat Ikan Teri untuk Ibu Hamil

Ikan teri memberikan banyak manfaat untuk kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. Apa saja? Cek di sini.

Ikan teri sering kali ditemukan dalam berbagai masakan. Rasanya yang gurih membuat ikan ini menjadi favorit sebagian masyarakat Indonesia. Di samping itu, ikan teri juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang memberikan manfaat untuk kesehatan

Ikan yang sebagian besar hidup di laut ini pun aman dikonsumsi semua kalangan dari berbagai usia, termasuk ibu hamil. Sebab, ikan teri tergolong ikan yang rendah akan merkuri, yaitu rata-rata hanya 0,016 PPM.

Aman dikonsumsi, ikan teri ternyata juga memberikan manfaat untuk kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. Cek ulasannya berikut ini. 

1 dari 3 halaman

Manfaat Ikan Teri untuk Ibu Hamil

Melansir WebMD, ikan teri mengandung nutrisi, seperti asam lemak omega-3, niacin, vitamin B-12, kalsium, selenium, kalium, dan vitamin A. 

Sementara, pada 3 ons ikan teri mengandung 111 kalori, 17 gram, 4 gram lemak, 0 gram karbohidrat, 0 gram serat, dan 0 gram gula.

Kandungan tersebut menjadi alasan mengapa ikan teri baik untuk ibu hamil. Beberapa manfaat ikan teri ketika dikonsumsi selama kehamilan, di antaranya:

  • Bantu Memenuhi Asupan Kalsium

Besar asupan kalsium yang direkomendasikan untuk ibu hamil adalah 1.000 miligram per hari. Dengan mengonsumsi 3 ons ikan teri, ibu hamil sudah mendapat asupan kalsium sebesar 200 miligram. 

Kalsium yang terkandung di dalam ikan teri sangat penting untuk fungsi otot, pembuluh darah, serta saraf. Di samping itu, ikan ini juga bermanfaat untuk perkembangan tulang dan gigi bayi.

Artikel Lainnya: Ragam Jenis Ikan yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil

  • Menjaga Kesehatan Tulang dan Mengurangi Peradangan

Ikan teri mengandung vitamin D yang mampu membantu penyerapan kalsium. Oleh sebab itu, ikan teri sangat bermanfaat untuk mendukung kesehatan tulang ibu hamil, sekaligus mengurangi peradangan. 

Ibu bisa mendapatkan asupan vitamin D sebesar 10 persen dari nilai kebutuhan harian dengan mengonsumsi 3 ons ikan teri.

  • Mendukung Perkembangan Otak dan Mata

Ikan teri merupakan salah satu sumber asam lemak omega-3, terutama DHA dan asam eicosapentaenoic (EPA), yang penting untuk perkembangan otak bayi.  Ikan teri baik dikonsumsi saat trimester ketiga, karena pada fase ini otak bayi akan berkembang sangat pesat. 

Pada 3 ons ikan teri, terdapat 1,7 gram total omega-3, termasuk DHA dan EPA. Ini cukup untuk membantu memenuhi asupan DHA yang disarankan pada ibu hamil, yaitu 200 miligram.

  • Bantu Memenuhi Asupan Zat Besi

Wanita hamil membutuhkan asupan zat besi 50 persen lebih banyak dibandingkan wanita tidak hamil, yaitu 27 miligram per hari. Ini karena selama kehamilan, volume darah meningkat secara signifikan dan zat besi ekstra dibutuhkan untuk produksi sel darah merah. 

Ikan teri dapat mendukung kebutuhan zat besi untuk ibu hamil. Apalagi, ikan ini mengandung zat besi heme yang lebih mudah diserap tubuh. 

Artikel Lainnya: Manfaat Makan Ikan Lele untuk Ibu Hamil

2 dari 3 halaman

Tetap Perhatikan Konsumsinya

Meskipun makan ikan teri selama kehamilan aman dan memiliki manfaat, Anda harus tetap berhati-hati dalam mengonsumsinya.

Sebaiknya hindari konsumsi ikan teri yang diawetkan atau dalam kemasan kaleng, karena cenderung tinggi sodium. 

Sebanyak 3 ons ikan teri kemasan mengandung hingga 3.000 miligram sodium. Sementara menurut Institute of Medicine, ibu hamil hanya memerlukan asupan sodium sebesar 1.500 miligram.

Oleh sebab itu, olahlah ikan teri segar yang pada porsi sama hanya mengandung 88 miligram sodium untuk dikonsumsi ibu hamil.

Konsumsi sodium yang tinggi saat hamil dapat menyebabkan darah tinggi, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung dan preeklampsia.

Melansir Healthy Eating, ibu hamil dapat mengonsumsi hingga 12 ons ikan teri setiap minggu untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. 

Sebelum mengonsumsi ikan teri, pastikan telah dimasak dengan baik. Seperti dikatakan dr. Reza Pahlevi, “Ikan teri boleh dikonsumsi ibu hamil jika matang, tidak mengandung banyak garam, dan bersih.”

Di samping itu, gunakanlah ikan teri segar yang baru saja ditangkap dan olahlah di hari yang sama. Jika masih ada sisa, sebaiknya simpan di lemari es.

Demikian ulasan mengenai manfaat mengonsumsi ikan teri untuk ibu hamil. Selalu pastikan ikan teri tidak dikonsumsi secara berlebihan. Barengi pula dengan konsumsi makanan bernutrisi lainnya yang baik untuk Ibu dan janin. 

Manfaatkan fitur Live Chat 24 jam di aplikasi Klikdokter untuk menambah informasi seputar kebutuhan nutrisi selama kehamilan. 

(PUT/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar