Kehamilan

Minyak Esensial yang Bermanfaat untuk Program Kehamilan

Endah Murniaseh, 17 Nov 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Essential oil dipercaya bisa meningkatkan peluang sukses program hamil. Apakah hal itu terbukti? Berikut ini fakta terkait penggunaan essential untuk program hamil.

Minyak Esensial yang Bermanfaat untuk Program Kehamilan

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesuksesan program kehamilan. Beberapa cara yang terbukti efektif, misalnya mengatur pola makan, olahraga teratur, dan menjaga berat badan ideal.

Di samping itu, agar peluang sukses program hamil makin tinggi, beberapa orang percaya pada manfaat essential oil.

Essential oil disebut bisa membuat relaks, mengurangi kecemasan, dan menjaga mood agar tetap stabil. Kondisi-kondisi tersebut dihubungkan dengan lebih rendahnya hormon stres (kortisol) pada tubuh, sehingga peluang hamil bisa meningkat.

Beberapa essential oil yang disebut dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesuksesan program hamil, di antaranya:

 

1. Clary Sage

Clary sage adalah minyak esensial yang aromanya dipercaya dapat menyeimbangkan kadar hormon estrogen di dalam tubuh wanita.

Seperti diketahui, estrogen adalah salah satu hormon yang berperan penting dalam terjadinya kehamilan.

Artikel Lainnya: Sederet Kebiasaan yang Bisa Memengaruhi Kesuburan Pria

2. Jeruk

Essential oil untuk program hamil berikutnya adalah minyak jeruk. Diduga minyak esensial yang satu ini dapat membantu meningkatkan energi, memperbaiki mood, bahkan mengurangi kecemasan.

Energi dan mood yang stabil, serta kecemasan yang relatif rendah membuat kesuburan seseorang lebih baik.

3. Cendana

Pada wanita, minyak esensial cendana konon dapat berperan sebagai afrodisiak—zat yang dapat meningkatkan gairah seksual.

Gairah seksual yang optimal dihubungkan dengan kemungkinan hamil yang lebih tinggi. Oleh sebab itu, essential oil ini dipercaya baik untuk program hamil.

4. Geranium

Memiliki khasiat yang sama dengan minyak clary sage, minyak geranium dapat membantu produksi estrogen. Penelitian yang dipublikasikan di National Library of Medicine menunjukkan, minyak geranium dapat merangsang salivary estrogen.

Manfaat minyak esensial yang satu ini juga dapat mengurangi kecemasan dan meringankan depresi yang dapat menghambat kesuburan. Minyak ini dapat digunakan sebagai krim ataupun diffuser ruangan.

Artikel Lainnya: Cara Alami Meningkatkan Kesuburan Wanita Agar Cepat Hamil

5. Ylang-Ylang

Minyak esensial ylang-ylang dikatakan dapat memicu perasaan bahagia, serta meningkatkan kesehatan mental. Hal tersebut kemudian dihubungkan dengan kemampuan ovulasi yang lebih baik.

6. Peppermint

Minyak esensial peppermint dapat memberikan energi dan meningkatkan mood. Minyak jenis ini juga diyakini dapat membantu meringankan sakit kepala dan migrain, serta penyakit terkait endometriosis atau penyebab utama kemandulan.

7. Lavender

Minyak esensial lavender dapat membuat Anda merasa relaks. Minyak alami ini juga konon bisa menurunkan kadar hormon kortisol (hormon stres) di dalam tubuh.

Minyak essential oil lavender dipercaya dapat berperan sebagai salah satu bahan alami peningkat kesuburan.

Itu dia beberapa essential oil untuk promil yang dapat dicoba. Meski demikian, Anda tetap harus bijak dalam menggunakannya.

Lagi pula, menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, hingga saat ini belum ada bukti kuat yang menyatakan bahwa essential oil dapat meningkatkan kesuburan.

”Belum ada bukti yang cukup untuk mengatakan bahwa essential oil dapat meningkatkan kesuburan,” tegas dr. Astrid.

Karena itu, penggunaan essential oil untuk program hamil sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Hal ini bertujuan agar Anda bisa merasakan manfaatnya, tanpa mengalami efek samping yang merugikan kesehatan.

Anda bisa berkonsultasi langsung kepada dokter dengan memanfaatkan Tanya Dokter atau aplikasi Klikdokter.

(NB/JKT)

KehamilanPromil

Konsultasi Dokter Terkait