Perawatan Wanita

Penyebab Menstruasi Datang Lebih Cepat

dr. Devia Irine Putri, 08 Apr 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Beberapa wanita pernah mengalami menstruasi yang lebih awal atau lebih cepat dari jadwal. Lantas apa yang menjadi penyebab haid datang lebih cepat? Cari tahu di sini.

Penyebab Menstruasi Datang Lebih Cepat

Setiap wanita memiliki siklus menstruasi atau haid yang berbeda-beda.  Secara umum, siklus menstruasi pada wanita dewasa normalnya berlangsung sekitar 21-35 hari. 

Durasi atau lama waktu menstruasi juga umumnya sekitar 2 sampai 7 hari. Namun, ada kalanya siklus menstruasi wanita bisa berubah. Mungkin saja haid datang lebih cepat atau lebih lambat dibandingkan sebelumnya. 

Sebenarnya, Anda tidak perlu khawatir apabila menstruasi yang terjadi memang berada di dalam siklus haid. Hal yang patut menjadi perhatian adalah apabila muncul perdarahan abnormal melalui vagina yang terjadi di luar siklus menstruasi Anda.

Adapun beberapa kondisi yang menjadi penyebab haid datang lebih cepat, misalnya 2 minggu lebih awal. Berikut ulasannya. 

1. Masa Pubertas

Pubertas pada perempuan ditandai dengan terjadinya menstruasi, biasanya di mulai pada usia 8 hingga 13 tahun. Pubertas ini dipicu oleh hormon yang ada di dalam tubuh, yaitu hormon reproduksi. 

Hormon-hormon reproduksi ini nantinya yang tidak hanya membuat perubahan fisik pada anak perempuan, melainkan juga turut memengaruhi siklus menstruasi.

Pada tahun-tahun pertama menstruasi, sangat mungkin terjadi ketidakseimbangan hormon reproduksi. Dampaknya, periode menstruasi wanita dapat menjadi lebih cepat atau lebih lama. 

2. Perimenopause

Perimenopause adalah transisi yang terjadi sebelum wanita memasuki masa menopause. Umumnya kondisi ini terjadi pada usia pertengahan 40-an. 

Saat perimenopause, hormon reproduksi yang ada di dalam tubuh mengalami ketidakseimbangan. Akibatnya, Anda dapat mengalami siklus haid yang tak teratur, seperti haid datang lebih cepat. 

Artikel Lainnya: Viral Wanita Minum Darah Haid, Ini Dampaknya bagi Tubuh 

Selain mengalami keluhan haid datang lebih cepat, kondisi perimeopause juga menunjukkan gejala lain seperti vagina terasa kering, hot flashes, kesulitan tidur, hingga perubahan mood

3. Olahraga Terlalu Intens

Olahraga yang terlalu intens juga dapat menjadi penyebab haid datang lebih cepat. Biasanya, kondisi ini dapat dialami oleh atlet yang sedang fokus mengatur berat badan. 

Anda perlu tahu, saat olahraga terlalu intens, tubuh akan membakar lebih banyak kalori. Kalori adalah bahan bakar tubuh untuk menghasilkan energi. Ketika olahraga intens, cadangan kalori pun akan dibakar dalam jumlah lebih banyak. 

Tanpa energi yang cukup, tubuh tidak akan menghasilkan jumlah hormon reproduksi yang dibutuhkan untuk ovulasi secara normal. Ketika ovulasi terganggu, siklus haid Anda bisa datang lebih cepat. 

4. Perubahan Berat Badan yang Drastis

Menstruasi yang tidak teratur seringkali dikaitkan dengan perubahan berat badan yang drastis. Ini akibat pola makan yang buruk dan gaya hidup yang tidak sehat. Biasanya, haid menjadi tidak teratur apabila seseorang menjalani diet ekstrem.

Artikel Lainnya: Telat Haid Sebulan, Pertanda Apa?

Diet yang berlebihan atau ekstrem nantinya akan menyebabkan berat badan turun drastis. Begitu pula sebaliknya, efek setelah berhenti diet ekstrem adalah berat badan kembali naik secara drastis. 

5. Mengonsumsi Obat Pengencer Darah

Mengonsumsi obat pengencer darah juga menjadi salah penyebab haid datang lebih cepat. Pada saat haid, antikoagulan alami akan dilepaskan oleh tubuh. Antikoagulan bekerja mengencerkan lapisan rahim agar darah bisa mengalir keluar dari vagina.

Mengonsumsi obat pengencer darah dapat menyebabkan menstruasi jadi datang lebih cepat. Tak hanya itu, darah haid yang keluar pun bisa berjumlah lebih banyak.

6. Endometriosis

Endometriosis terjadi ketika jaringan mirip endometrium (lapisan terdalam rahim) tumbuh di luar rahim. Kondisi ini mengakibatkan perdarahan vagina dan terjadi di luar jadwal menstruasi.

Beberapa wanita yang mengalami endometriosis di luar jadwal haid dapat mengira bahwa menstruasi mereka datang lebih cepat. 

Artikel Lainnya: Usia Kepala Dua, tapi Belum Haid dan Payudara Tak Membesar, Mengapa?

Endometriosis juga dapat menyebabkan kram menstruasi hebat, nyeri punggung bawah, dan rasa sakit selama atau setelah hubungan seks. 

7. Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

PCOS adalah kondisi yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon. PCOS dapat dialami oleh 1 dari 10 wanita usia subur. Karena hormon di dalam tubuh tidak seimbang, haid yang dialami wanita bisa muncul lebih cepat. 

Selain menyebabkan haid datang lebih cepat, penderita PCOS juga bisa mengalami keterlambatan haid atau bahkan tidak haid dalam beberapa bulan. 

8. Gangguan Tiroid

Hormon tiroid merupakan salah satu hormon yang penting dalam tubuh. Hormon ini bertugas mengatur metabolisme tubuh, termasuk mengatur kerja hormon lain yang ada di dalam tubuh. 

Menstruasi yang tidak teratur, yaitu ketika haid datang lebih cepat atau lebih lambat berhubungan juga dengan hormon tiroid ini, Bisa jadi, Anda kelebihan hormon tiroid (hipertiroid) atau justru kekurangan hormon tiroid (hipotiroid).

9. Fibroid Uterus

Ilustrasi Fibroid Uterus

Fibroid uterus adalah pertumbuhan tumor pada rahim atau uterus. Umumnya, tumor ini bersifat jinak. Meski tidak bersifat ganas, kondisi ini dapat menyebabkan masalah pada menstruasi. 

Artikel Lainnya: Obat Pelancar Haid, Efektifkah Atasi Masalah Telat Menstruasi? 

Penderita tumor ini akan mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur, seperti menstruasi haid datang lebih cepat. Jumlah darah menstruasi pada penderita tumor ini juga cenderung lebih banyak.  

10. Efek Kontrasepsi Hormonal

Kontrasepsi hormonal memang dapat mempengaruhi ovulasi dan menstruasi pada wanita. Jika Anda menggunakan kontrasepsi hormonal, misalnya pil atau suntik KB, Anda bisa mengalami perubahan siklus haid. 

Dalam kasus ini, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terkait pemilihan alat kontrasepsi yang tepat bagi Anda. Tanyakan pula apakah pengaruhnya nanti terhadap siklus menstruasi akan berbahaya atau tidak. 

11. Sedang Stres

Stres juga bisa menjadi salah satu penyebab menstruasi datang lebih cepat. Hal ini karena stres turut mengganggu keseimbang hormonal dalam tubuh. Oleh sebab itu, siklus haid Anda pun ikut menjadi tidak beraturan, seperti haid datang lebih cepat. 

Nah, kini Anda sudah tahu beberapa penyebab kenapa haid datang lebih cepat. Namun, untuk lebih pasti Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis obstetri dan ginekologi (spOG) terkait penyebab haid cepat datang yang dialami. 

Gunakan layanan konsultasi langsung dengan dokter kandungan pilihan dengan menggunakan fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

(PUT/NM)

MenstruasiReproduksi Wanita

Konsultasi Dokter Terkait