Sukses

Kulit Lebih Cerah Saat Hamil, Kenali Pregnancy Glow

Beberapa wanita bisa memiliki kulit yang lebih berseri selama hamil. Hal ini dikenal dengan kondisi pregnancy glow. Ketahui selengkapnya di sini.

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit glowing tanpa perlu usaha terlalu banyak? Semua wanita berusaha mendapatkan kulit sehat dan cerah dari berbagai produk skincare

Namun, ternyata kulit glowing bisa didapatkan cuma-cuma ketika hamil, kok bisa? Fenomena tersebut bernama pregnancy glow

Terkesan sulit dipercaya, namun beberapa wanita bisa memiliki kulit cerah saat hamil karena beberapa faktor. Simak lebih lanjut seputar pregnancy glow dari kacamata medis berikut ini.

1 dari 3 halaman

Mengenal Pregnancy Glow pada Ibu Hamil

Ketika hamil, wanita memang akan mengalami perubahan signifikan pada tubuhnya. Perubahan ini bisa terjadi pada kulit, salah satunya pregnancy glow. Pregnancy glow merupakan kondisi ketika kulit jadi tampak lebih bersinar saat hamil. 

Dokter Dyah Novita Anggraini menjelaskan, “Pregnancy glow terjadi karena adanya peningkatan hormon estrogen dan progesteron pada ibu hamil. Hal ini membuat kulit mengeluarkan minyak lebih banyak dan akan membuat kesan terlihat mengilap.”

Pregnancy glow dipercaya terjadi karena sang ibu terlalu bahagia menanti kelahiran anaknya. Namun, ada pula yang beranggapan bahwa jenis kelamin bayi juga menentukan kulit ibu yang akan menjadi lebih glowing

Artikel Lainnya: Penyebab Gatal Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Melansir Healthline, berikut penyebab pregnancy glow muncul pada ibu hamil:

  • Adanya Fluktuasi Hormon

Saat hamil, wanita akan mengalami peningkatan hormon. Hormon yang meningkat saat hamil bisa membuat kulit tampak merona dan memberikan kesan glowing. Hormon-hormon yang berperan langsung adalah estrogen dan progesteron. 

  • Aliran Darah Meningkat

Selama kehamilan, tubuh akan memproduksi lebih banyak darah. Peningkatan volume darah bertujuan membantu uterus dan organ vital dalam mendukung pertumbuhan janin.  

Volume darah yang meningkat pada ibu hamil dapat membuat pembuluh darah melebar. Efeknya, kulit tampak merah merona. 

  • Meningkatnya Produksi Minyak di Kulit

Fluktuasi hormon juga dapat menyebabkan wanita hamil mengalami peningkatan produksi kelenjar sebum di wajah. Bagi beberapa bumil, kulit yang tampak berminyak akan memberikan kesan bersinar. 

Kapan pregnancy glow terjadi tidak bisa dipastikan. Namun, beberapa ibu hamil diteliti memiliki kulit lebih cerah saat trimester 2. 

Pregnancy glow akan menghilang setelah ibu hamil melahirkan. Jadi, kondisi ini bukanlah perubahan permanen pada kulit. 

2 dari 3 halaman

Apakah Pregnancy Glow Dialami Semua Ibu Hamil?

Setiap wanita memang mengalami fluktuasi hormon secara alami sejak kehamilan. Namun, pregnancy glow belum tentu dialami semua wanita hamil. 

“Tidak semua wanita hamil mengalami pregnancy glow. Malah terkadang perubahan hormon menjadi jerawat di wajah,” terang dr. Dyah Novita. 

Artikel Lainnya: Penyebab Kulit Kepala Gatal Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Mengutip Flo Health, wanita dengan kulit berminyak mungkin malah akan mengalami peningkatan jerawat selama kehamilan karena meningkatnya produksi sebum. 

Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan untuk selalu minum banyak air putih dan makan makanan sehat. Makanan olahan malah akan memperburuk jerawat. 

Ibu hamil yang memiliki kondisi kulit kronis seperti rosacea atau eksim juga dapat mengalami perburukan saat perubahan hormonal terjadi. 

Untuk mengatasinya, konsultasikan kepada dokter kulit bagaimana pengobatan yang tepat. Karena, ibu hamil tidak boleh sembarangan mengonsumsi atau menggunakan obat. 

Bila Anda merasa kulit lebih cerah saat hamil, mungkin itu pregnancy glow. Perubahan hormon saat hamil dapat berdampak langsung pada kulit, baik secara positif maupun negatif.

Bila ingin tanya lebih lanjut seputar perubahan tubuh saat hamil, Anda bisa konsultasi lebih mudah lewat LiveChat dokter kandungan. Beli susu dan suplemen hamil dengan praktis di Belanja Sehat.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar