Sukses

Ragam Jenis Ikan yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil

Konsumsi ikan tak kalah penting untuk kesehatan ibu hamil. Apa saja jenis ikan yang baik untuk ibu hamil? Ketahui 6 pilihannya di sini.

Saat hamil, banyak sekali nutrisi yang diperlukan ibu untuk menunjang tumbuh kembang janin. Makan ikan saat hamil menjadi salah satu cara memenuhi kebutuhan gizi yang tepat.

Tapi, tidak semua jenis ikan bisa dikonsumsi ibu hamil. Karena, beberapa ikan tertentu mengandung merkuri yang berbahaya bagi ibu hamil dan janin.

Dokter Devia Irine Putri mengatakan, “Ikan yang bermerkuri tinggi sebaiknya dihindari ibu hamil, seperti ikan hiu, swordfish, king mackerel.”

Lalu, ikan apa saja yang aman dikonsumsi ibu hamil? Berikut ini beberapa jenis ikan untuk ibu hamil yang bisa dipilih:

 

1 dari 4 halaman

1. Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan pilihan pertama yang baik untuk ibu hamil. Melansir Very Well Health, ikan salmon rendah merkuri dan tidak memiliki rasa amis sehingga ibu hamil tetap nyaman memakannya.

Dokter obgyn asal New York City, Daniel Roshan, MD, FACOG, FACS, mengatakan salmon kaya DHA atau asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk perkembangan janin serta kehamilan.

“Manfaat ini juga termasuk pada perkembangan saraf janin, mengurangi risiko kelahiran prematur, serta menurunkan kemungkinan hipertensi akibat kehamilan,” jelas dr. Roshan.

Artikel Lainnya: Bolehkan Ibu Hamil Makan Ikan Asin?

2. Ikan Teri

Ikan teri mengandung banyak vitamin dan mineral. Teri dikenal sebagai salah satu sumber asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan otak dan jantung.

Selain itu, ikan teri juga memiliki kandungan selenium. Jika dimakan teratur, teri dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker.

2 dari 4 halaman

3. Tuna

Ikan yang baik untuk ibu hamil selanjutnya ialah tuna. Mengutip Healthline, kandungan protein yang tinggi di dalam tuna berperan penting dalam tumbuh kembang bayi. Kandungan EPA dan DHA tuna juga penting untuk perkembangan mata dan otak bayi.

Kemudian, zat besi yang terkandung di dalam tuna juga berperan dalam perkembangan otak dan sistem saraf bayi yang sehat. Vitamin B12 pada tuna turut mengoptimalkan fungsi sistem saraf.

Vitamin B12 pun mampu menurunkan risiko keguguran, kelahiran prematur, dan komplikasi kehamilan lainnya. Tuna juga memiliki vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang ibu hamil.

4. Ikan Sarden

Sama seperti kebanyakan ikan lainnya, sarden juga kaya asam lemak omega-3. Ikan ini juga menjadi salah satu sumber kalsium.

Bagi ibu hamil yang mengalami intolerasi laktosa atau alergi susu sapi, sarden bisa menjadi alternatif makanan untuk memenuhi kebutuhan kalsium. Kalsium sangat penting selama kehamilan karena perannya dalam kesehatan tulang.

Artikel Lainnya: Manfaat Makan Ikan Pari Untuk Ibu Hamil

3 dari 4 halaman

5. Ikan Mujair

Manfaat ikan mujair untuk ibu hamil adalah membantu memenuhi asupan asam lemak omega-3 yang baik bagi tumbuh kembang janin.

Melansir WebMD, omega-3 baik untuk membentuk sel di dalam tubuh, serta memiliki peran penting untuk jantung, pembuluh darah, paru-paru, dan sistem kekebalan tubuh. Ikan mujair merupakan jenis ikan air tawar yang rendah merkuri.

6. Ikan Lele

Lele juga masuk dalam rekomendasi ikan yang bagus untuk ibu hamil. Ikan lele rendah kalori, tanpa lemak, dan menjadi sumber protein.

Ikan lele juga tinggi asam lemak omega-3. Tak heran bila ikan lezat ini baik dikonsumsi ibu hamil.

Dokter Devia menyarankan, “Ibu hamil disarankan makan ikan atau seafood sejenisnya 2-3 porsi dalam seminggu (226-340 gr per minggu).”

Anjuran tersebut sama seperti aturan dari Food and Drug Administration, Amerika Serikat, tentang konsumsi ikan untuk ibu hamil.

Itulah beberapa jenis ikan yang baik untuk ibu hamil. Konsumsi ikan laut yang mengandung merkuri harus dihindari agar tidak terjadi komplikasi di kemudian hari.

Bila ingin tanya lebih lanjut seputar konsumsi ikan yang dibolehkan untuk ibu hamil, Anda bisa konsultasi lewat LiveChat dokter kandungan. Beli susu dan suplemen kehamilan lebih praktis di Belanja Sehat.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar