Sukses

Sering Lapar saat Hamil? Mungkin Hal Ini Penyebabnya

Tidak sedikit wanita hamil yang sering merasa lapar. Apakah Anda termasuk salah satunya? Berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi penyebab sering lapar saat hamil.

Kehamilan menyebabkan banyak perubahan pada tubuh wanita. Tidak heran, aktivitas serta gaya hidup wanita hamil akan mengalami sedikit perubahan dibandingkan sebelumnya.

Berangkat dari kondisi tersebut, tak sedikit pula wanita hamil yang mengeluh bahwa dirinya menjadi lebih murah lapar. 

Hal ini membuat mereka ingin terus-menerus makan, meski baru saja selesai mengunyah camilan.

Lantas, apakah sering lapar saat hamil merupakan kondisi yang normal? Apa saja hal yang menjadi penyebab lapar terus saat hamil? 

Faktanya, sering lapar saat hamil dapat terjadi akibat kondisi normal ataupun akibat adanya gangguan kesehatan. 

Agar tidak salah kaprah, berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi penyebab sering lapar saat hamil:

Artikel Lainnya: Ibu Hamil, Jangan Sampai Kelelahan dan Kelaparan

1 dari 3 halaman

1. Fluktuasi Hormon

Salah satu alasan mengapa wanita hamil sering merasa lapar, yaitu fluktuasi hormon di trimester pertama. Kondisi ini termasuk normal, dan tak perlu dikhawatirkan berlebihan asalkan bisa dikendalikan.

“Hormon progesteron akan meningkat saat hamil. Hal ini mempengaruhi hormon leptin yang mengatur rasa kenyang, dan ghrelin yang bertugas terhadap rasa lapar,” ujar dr. Devia Irine Putri.

Saat hamil, tubuh tidak akan tanggap atau kurang baik dalam membalas sinyal hormon leptin. 

Di saat yang sama, hormon ghrelin pun meningkat, terutama saat 6 bulan pertama kehamilan. Inilah mengapa bumil bisa selalu merasa lapar.

2. Dehidrasi 

Tubuh wanita hamil membutuhkan lebih banyak cairan untuk mendukung tumbuh kembang janin dalam kandungan. Apabila kebutuhan tersebut tak terpenuhi, wanita hamil bisa mengalami dehidrasi.

Dehidrasi itu sendiri merupakan gangguan kesehatan yang bisa menyebabkan gejala rasa lapar berlebih, yang biasanya diikuti dengan sakit kepala dan sensasi kehausan.

Dehidrasi mesti segera diatasi dengan minum air putih sebanyak 8–12 gelas per hari. Apabila dibiarkan, kondisi tersebut berisiko menyebabkan cairan ketuban pecah sebelum waktunya. 

Dehidrasi juga bisa mencetuskan kelahiran prematur, serta terganggunya produksi ASI untuk masa menyusui nanti. 

3. Stres

Segala perubahan yang terjadi saat hamil bisa mencetuskan stres. Kondisi tersebut bisa dirasakan semakin parah, karena di saat yang sama terdapat pula fluktuasi hormon di dalam tubuh.

Apabila wanita hamil tak mampu mengelola stres dengan baik, hal yang akan terjadi adalah gangguan tidur dan sakit kepala hebat.

Di samping itu, stres saat hamil juga dapat berdampak buruk pada fungsi hormon ghrelin dan leptin. Hal ini bisa membuat ibu hamil cepat merasa lapar.

Artikel Lainnya: Bahaya Sering Telat Makan Saat Hamil

2 dari 3 halaman

4. Kurang Tidur

Kurang tidur menjadi keluhan yang sering dialami oleh wanita hamil, karena bentuk tubuh yang tak lagi seperti dahulu. Selain itu, wanita hamil juga lebih sering buang air kecil di malam hari sehingga mengganggu waktu tidur.

Menurut dr. Devia, kurang tidur dapat menyebabkan hormon ghrelin meningkat. Di saat yang sama, wanita hamil juga akan mengalami penurunan hormon leptin, yang pada akhirnya menyebabkan sensasi lapar terus-menerus.

5. Kurang Konsumsi Makanan Bergizi

Untuk mendukung tumbuh kembang janin dalam kandungan, wanita hamil perlu meningkatkan kebutuhan kalori sebanyak 300 kilo kalori setiap hari pada trimester kedua dan ketiga. 

Kini, Anda sudah tahu apa saja penyebab lapar terus saat hamil, bukan? Jika kondisi tersebut terus berlanjut meski Anda telah melakukan sejumlah upaya, sebaiknya segera konsultasikan lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar