Kehamilan

Segudang Manfaat Labu Kuning untuk Ibu Hamil

Tamara Anastasia, 03 Sep 2021

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Salah satu buah yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah labu kuning. Selain nikmat, makan labu kuning saat hamil juga dapat memberikan banyak manfaat sehat, lho!

Segudang Manfaat Labu Kuning untuk Ibu Hamil

Labu adalah salah satu jenis buah yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil secara rutin dan teratur. Bukan hanya karena rasanya yang nikmat, makan labu kuning saat hamil juga bisa mengundang banyak manfaat, lho!

Faktanya, labu merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin A, B6, dan C. Buah ini juga sarat akan mineral penting, seperti zat besi dan seng.

Di samping itu, labu punya kandungan antioksidan yang tinggi. Jenis buah ini pun kaya protein dan asam lemak omega-3 yang bisa membantu meningkatkan fungsi otak janin.

Labu kuning rendah kalori, lho! Seberat 100 gram labu kuning hanya memiliki sekitar 26 kalori. Sangat rendah, bukan?

Berkat kandungannya tersebut, berikut ini beberapa manfaat labu kuning untuk ibu hamil:

1. Menjaga Kadar Gula Darah

Ibu hamil rentan mengalami kenaikan gula darah yang berpotensi menyebabkan diabetes gestasional. Guna mengantisipasi hal tersebut, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi labu kuning.

Namun, agar bisa merasakan manfaat labu kuning untuk ibu hamil yang satu ini, Anda mesti mengonsumsinya tanpa tambahan apa pun seperti gula, kental manis, atau jenis pemanis jenis lainnya.

2. Mengatasi Kram Perut

Kram perut merupakan gangguan yang mungkin sulit dihindari selama kehamilan. Untungnya, kondisi ini dapat diatasi dengan banyak cara, salah satunya mengonsumsi buah labu kuning.

Kandungan nutrisi yang ada di dalam labu kuning disinyalir dapat membantu merelaksasi otot perut selama kehamilan, sehingga kram dapat dihindari.

3. Mengurangi Risiko Diare

Melansir Momjunction, makan labu kuning saat hamil disebut bisa membantu mengurangi risiko diare

Labu membantu menghilangkan cacing dari usus dan membersihkan limpa. Tidak hanya itu, buah ini juga bisa mengurangi kemungkinan infeksi perut selama kehamilan.

Artikel Lainnya: Sederet Manfaat Labu untuk Kesehatan Tubuh Anda

4. Mencegah Sembelit

Menurut dr. Devia Irine Putri, labu kuning mengandung banyak serat dan air sehingga mampu mengurangi risiko sembelit selama kehamilan.

Agar lebih nikmat, Anda bisa mengonsumsi labu kuning yang telah ditambahkan 1 hingga 2 sendok plain yoghurt di atasnya.

5. Bantu Perkembangan Janin

“Labu kuning juga bisa membantu perkembangan janin berkat kandungan vitamin, protein, karbohidrat, zat besi, kalsium, fosfor, asam folat yang ada di dalamnya,” jelas dr. Devia.

6. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin dan antioksidan dalam labu kuning efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga ibu hamil terhindar dari risiko penyakit.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dan antioksidan dalam labu kuning dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan mata. Kombinasi nutrisi tersebut juga bisa menurunkan risiko kerusakan sel retina pada mata.

Tertarik dengan segudang manfaat labu kuning untuk ibu hamil? Jika ya, pastikan untuk mengonsumsinya secara rutin, dan dalam porsi yang tepat. Jangan lupa juga untuk mengombinasikannya dengan penerapan gaya hidup sehat dan pola makan bergizi seimbang.

Jika Anda punya kekhawatiran untuk makan labu kuning saat hamil, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter melalui Tanya Dokter atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/JKT)

Kehamilanmakanan

Konsultasi Dokter Terkait