Reproduksi

Pengobatan Rumahan untuk Bantu Mengatasi Mioma Uteri

Tamara Anastasia, 04 Sep 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Mioma uteri adalah kondisi tumbuhnya tumor di dalam rahim. Selain dari dokter, berikut ini 5 pengobatan mioma uteri yang bisa dilakukan di rumah.

Pengobatan Rumahan untuk Bantu Mengatasi Mioma Uteri

Mioma uteri adalah tumor yang muncul pada rahim. Umumnya kondisi ini tidak ganas dan tidak berpotensi menjadi kanker. Setelah masa menopause, mioma uteri cenderung akan mengecil dan hilang dengan sendirinya. 

Dokter Dyah Novita Anggraini menjelaskan, faktor penyebab mioma uteri sendiri merupakan ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh wanita.

Selain pengobatan dokter, ada beberapa penanganan mioma uteri yang bisa dilakukan di rumah untuk bantu mengatasinya:

1. Hindari Beberapa Jenis Makanan

Melansir Healthline, diet harian menjadi faktor penting dalam mengobati mioma uteri. 

Nutrisi yang tepat dapat membantu mempertahankan berat badan yang sehat dan mengurangi risiko mengembangkan penyakit di dalam tubuh. Makanan tertentu juga dapat membantu meringankan gejala mioma uteri. 

Menurut sebuah studi klinis, makan terlalu banyak daging merah dan minum alkohol bisa meningkatkan risiko mioma uteri. Begitu juga dengan kelebihan karbohidrat dan makanan olahan. 

Adapun beberapa pantangan makanan mioma uteri lainnya antara lain sereal dengan tambahan gula, nasi putih, pasta, tepung, keripik kentang, dan minuman manis.

 

2. Konsumsi Produk Susu dan Serat

Susu dan produk olahannya dapat membantu mengurangi gejala mioma uteri. Produk susu mengandung kalsium, magnesium, dan fosfor dalam jumlah tinggi. Nutrisi ini dapat membantu mencegah pertumbuhan mioma uteri dari dalam. 

Selain itu, makanan berserat juga disebut efektif mengatasi mioma uteri. Makanan berserat akan mencegah kelebihan berat badan, menjaga keseimbangan hormon, dan menahan nafsu makan. 

3. Jaga Berat Badan Ideal 

Dokter Dyah Novita menjelaskan, “Menjaga berat badan juga jadi salah satu perawatan rumahan yang dikatakan efektif untuk atasi mioma uteri.” 

“Lemak berlebih dalam tubuh mengandung hormon estrogen yang nantinya bisa memicu pembesaran massa mioma. Jika berat badan bisa dijaga dengan baik, maka massa mioma tidak tumbuh dan bisa mengecil,” jelasnya. 

Artikel lainnya: Darah Menstruasi Jadi Sedikit Pasca Operasi Miom, Haruskah Khawatir?

4. Minum Vitamin

Beberapa jenis vitamin juga dapat membantu mengurangi pertumbuhan dan ukuran massa mioma. Penelitian menyatakan jumlah vitamin D dan A yang rendah bisa meningkatkan risiko mioma uteri. 

Massa mioma di dalam rahim dapat memperburuk nyeri haid, kembung, dan kram. Sejumlah vitamin dapat membantu meringankan gejala-gejala ini, seperti vitamin B1, B6, dan E, asam lemak omega-3, serta magnesium.

5. Jaga Tekanan Darah Tetap Normal 

Sebuah penelitian di Belanda menemukan, mungkin ada hubungan antara tekanan darah tinggi dengan massa mioma uteri. 

Kelola tekanan darah untuk membantu mengurangi risiko mioma uteri dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. 

Batasi konsumsi makanan dengan tambahan garam atau sumber natrium lainnya. Periksa juga tekanan darah secara berkala. 

Itu dia beberapa pengobatan rumahan mioma uteri yang bisa dilakukan. Jika muncul keluhan nyeri dan perdarahan, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapat penanganan tepat. 

Jika ukurannya membesar, maka tindakan pengangkatan tumor mungkin akan disarankan. 

Bila ingin bertanya lebih lanjut seputar tumor, konsultasi lebih mudah lewat Live Chat dokter.

(FR/JKT)

gangguan rahimTumorMioma Uteri

Konsultasi Dokter Terkait