HomeInfo SehatCovid-19Tips Mempertahankan Hubungan Pertemanan saat Pandemi COVID-19
Covid-19

Tips Mempertahankan Hubungan Pertemanan saat Pandemi COVID-19

Zahra Aminati, 21 Agu 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ketika pandemi, intensitas bertemu dan berkumpul dengan teman jadi berkurang. Lalu, bagaimana cara mempertahankan hubungan pertemanan saat pandemi?

Tips Mempertahankan Hubungan Pertemanan saat Pandemi COVID-19

Pandemi COVID-19 telah mengubah cara kita berinteraksi dengan teman atau kerabat. Sebelum pandemi, Anda bisa menemui dan berbincang langsung dengan teman-teman secara langsung. Kini, semuanya harus dilakukan secara virtual demi mencegah penularan dan penyebaran virus.

Tak dimungkiri, pandemi juga membuat beberapa hubungan pertemanan merenggang karena kurangnya intensitas bertemu. Lalu, bagaimana cara mempertahankan hubungan pertemanan saat pandemi?

1. Rutin Berkomunikasi Satu Sama Lain

Menurut Psikolog Ikhsan Bella Persada, M.Psi., “Saat pandemi, sangat penting untuk tetap terkoneksi satu sama lain. Tidak harus ketemu, bisa saling berkomunikasi secara virtual atau bermain game online bersama.”

2. Bertanya dan Aktif Mendengarkan Cerita Teman

Meski hanya terhubung secara virtual, Anda bisa menanyakan kabar dan saling bercerita dengan sesama teman. Untuk menjaga hubungan pertemanan, Anda bisa menyimak dan mendengarkan secara aktif saat teman sedang bercerita.

Ajukan pertanyaan jika teman sedang antusias menceritakan kisahnya. Sikap tersebut menunjukkan bahwa Anda peduli atau perhatian terhadapnya.

Artikel Lainnya: Karakter Teman yang Baik untuk Anak Berdasarkan Psikolog

3. Saling Mengirimkan Makanan atau Vitamin

Psikolog Ikhsan menyarankan untuk saling berkirim makanan atau vitamin kepada teman. “Tujuannya agar bonding tetap terjaga dan sebagai cara menunjukkan perhatian kepada teman,” ujarnya.

Anda bisa mengirimkan makanan dari restoran favorit teman Anda. Jangan lupa berikan kartu ucapan dengan kalimat yang bisa menyemangati teman di masa pandemi.

4. Jadwalkan Waktu untuk Berkumpul

“Adakan kegiatan penting di jadwal-jadwal tertentu, misalnya saat ulang tahun teman atau acara penting lainnya,” kata Psikolog Ikhsan.

Menjadwalkan pertemuan secara virtual membuktikan bahwa Anda dan teman-teman yang lain masih saling peduli.

5. Cerita Tentang Kenangan Bersama

Saat bertemu secara virtual, Anda bisa bercerita atau membagikan foto kenangan masa lalu bersama teman lewat layar laptop.

Mengingat kembali kenangan bahagia bersama teman merupakan hal yang menyenangkan dan bisa membuat hubungan makin akrab.

6. Berikan Perhatian

Anda bisa memberikan perhatian kepada teman-teman. Perhatian yang diberikan bisa berupa menanyakan kabar dirinya, keluarganya, atau bahkan kesibukannya saat ini.

Anda juga bisa mengungkapkan perasaan rindu ketika bercengkerama dan berkumpul bersama mereka. Perhatian kecil seperti itu dapat membuat seseorang merasa berharga dan bahagia memiliki teman seperti Anda.

Artikel Lainnya: Dikhianati Teman Dekat, Ini Tips Menghadapinya Menurut Psikolog

7. Dukung Tujuan dan Impian Teman

Sebelum pandemi, banyak orang yang sudah memiliki rencana untuk masa depan. Sayangnya, beberapa rencana harus tertunda karena situasi pandemi.

Apabila teman kehilangan semangat, dukung mereka untuk meraih tujuan dan impian yang sudah direncanakannya. Bila mampu, tawarkan bantuan kepada mereka untuk meraih tujuan tersebut.

Psikolog Ikhsan mengatakan, “Jika tidak memungkingkan untuk bertemu, tips atau cara menjaga pertemanan di atas bisa dilakukan dengan menelepon atau video call. Karena kalau via chat atau teks, khawatir ada salah tangkap dari membaca pesan dan malah dapat menimbulkan masalah lain.”

Itu dia beberapa tips atau cara sederhana untuk menjaga pertemanan di masa pandemi. Untuk tahu tips menjaga pertemanan atau hubungan sosial lainnya, Anda bisa membaca artikel psikologi di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

pandemicovid

Konsultasi Dokter Terkait