Sukses

Jenis-jenis Obat Semprot Hidung Beserta Kegunaannya

Anda termasuk pengguna obat semprot hidung? Kalau iya, sudah tahu belum kalau ada macam macam obat semprot hidung. Apa saja? Berikut daftarnya.

Hidung tersumbat bisa sangat menyiksa. Kondisi ini terjadi ketika jaringan dalam hidung, pembuluh darah, dan area sekitarnya membengkak akibat peradangan serta produksi lendir berlebih.

Untuk mengatasi keluhan, Anda bisa menggunakan obat semprot hidung untuk membantu ketidaknyamanan, seperti akibat alergi, influenza, dan sinusitis

Dokter Sara Elise Wijono, M. Res mengatakan bahwa “Di dalam nasal spray (semprotan hidung) ada yang berisi obat atau cairan fisiologis seperti NaCL untuk mencuci hidung.”

Alat ini dapat bekerja lebih efektif dan cepat efeknya karena obat langsung disemprotkan ke hidung. 

Karena bisa bertahan cukup lama, obat semprot hidung biasanya cukup digunakan 2 kali sehari.

1 dari 2 halaman

Jenis-jenis Obat Semprot Hidung

Saat ini ada macam-macam obat semprot hidung yang tersedia di pasaran. Bila Anda termasuk sering menggunakannya, kenali jenis-jenis dan kegunaannya berikut. 

Artikel Lainnya: Cara Efektif Mengatasi Hidung Tersumbat

1. Semprotan Hidung Steroid

Semprotan hidung steroid banyak digunakan untuk mengatasi alergi. Obat tersebut bekerja dengan mengurangi peradangan di dalam saluran hidung. 

Semprotan yang dijual bebas ini dapat mengatasi hidung tersumbat, bersin-bersin, mata berair dan pilek.

Agar hasilnya optimal, penting untuk menggunakannya setiap hari secara teratur selama beberapa minggu. 

Perlu diketahui, semprotan steroid ini memiliki banyak efek samping, termasuk katarak. Itu sebabnya, penting untuk berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter.

2. Semprotan Hidung Antihistamin 

Semprotan hidung antihistamin mirip dengan obat antihistamin oral yang dapat memblokir histamin.

Histamin adalah zat kimia yang diproduksi tubuh sebagai respons saat terjadi alergi atau infeksi yang menyebabkan peradangan.

Semprotan jenis ini sangat baik untuk mengobati alergi hidung berair. Rasa pahit adalah reaksi umum dari penggunaan semprotan hidung antihistamin.

3. Semprotan Kombinasi Steroid juga Antihistamin

Sesuai namanya, semprotan hidung kombinasi ini mengandung steroid serta antihistamin (azelastine dan juga fluticasone). 

Semprotan jenis ini biasanya tidak dijual bebas dan hanya bisa diperoleh jika Anda memiliki resep dokter.

Artikel Lainnya: Mengatasi Hidung Mampet Saat Flu Tidak Sulit, Lakukan 5 Cara Ini!

4. Semprotan Hidung Antikolinergik

Selanjutnya, semprotan hidung antikoligernik cocok untuk mengatasi sumbatan akibat pilek pada pasien non-alergi dan rhinitis alergi. Biasanya, Anda akan mengeluhkan mulut kering serta rasa yang tidak enak.

5. Semprotan Hidung Natrium Kromolin

Semprotan hidung natrium kromolin dapat mengatasi masalah hidung tersumbat, bersin-bersin, dan pilek pada pasien dengan alergi. Beberapa orang akan melihat efeknya dalam 30 menit. 

Bisa diperoleh tanpa resep dokter, efek samping Semprotan hidung natrium kromolin antara lain rasa terbakar di hidung dan rasa tidak enak.

6. Semprotan Hidung Dekongestan

Semprotan hidung jenis dekongestan bekerja dengan menyemprot pembuluh darah yang ada di hidung untuk mengurangi pembengkakan serta sumbatan.

Obat semprot hidung jenis ini tersedia di berbagai apotek. Alat ini juga sangat baik digunakan dalam jangka waktu yang singkat, termasuk saat pilek atau alergi parah.

Semprotan ini sebaiknya tidak digunakan lebih dari 3 hari karena bisa bersifat adiktif dan menyebabkan hidung tersumbat lagi.

7. Semprotan Hidung Saline atau Gel

Semprotan hidung saline atau gel mengandung garam dan sangat baik untuk menjaga hidung tetap lembap. 

Namun, jenis obat semprot hidung ini tidak bisa mengatasi hidung yang tersumbat. Jenis ini bisa digunakan untuk pasien yang mengalami epistaksis (mimisan).

Artikel Lainnya: Mengapa Saat Pilek Hidung Sering Tersumbat?

8. Irigasi Hidung

Air steril yang dicampur larutan garam digunakan untuk membersihkan rongga hidung untuk membilas kotoran, lendir, dan alergen. Cairan tersebut juga dapat membantu melembapkan mukosa hidung.

Cara ini cukup efektif dalam mengurangi sumbatan hidung dan iritasi akibat alergi, sinusitis, dan flu.

Itulah berbagai jenis obat semprot hidung beserta kegunaannya. Meski beberapa jenis dijual secara bebas, tak ada salahnya Anda bertanya kepada dokter mana jenis yang cocok dan sesuai kebutuhan Anda.

Bila muncul efek samping setelah pemakaian obat semprot hidung, seperti, rasa menyengat, perih, atau sakit kepala parah, sebaiknya hentikan pemakaian. Segera periksakan ke dokter. 

Dapatkan konsultasi online langsung dengan dokter hanya melalui fitur LiveChat dari aplikasi Klikdokter. 

(HNS/AYU)

1 Komentar