Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Tanda Ibu Hamil Butuh bantuan Doula Saat Hamil Pertama Kali

Tanda Ibu Hamil Butuh bantuan Doula Saat Hamil Pertama Kali

Doula bisa jadi teman baik ibu yang baru saja hamil untuk pertama kalinya. Seperti apa tanda ibu yang membutuhkan bantuannya?

Rasa Bahagia sudah pasti hadir saat dinyatakan hamil oleh dokter. Namun, menjaga kesehatan dan perkembangan buah hati di dalam rahim tentu bisa menjadi tantangan tersendiri, terlebih jika ini adalah kali pertama Anda hamil. 

Pada kondisi tersebut, memakai jasa doula mungkin patut Anda pertimbangkan. Doula adalah tenaga profesional yang bisa memberikan dukungan emosional, fisik, dan edukasi selama proses kehamilan, persalinan, hingga kelahiran bayi. 

Dalam bahasa Yunani, doula diartikan sebagai ‘pelayan wanita’. Kini, doula lebih dikenal sebagai pendamping profesional bagi ibu hamil. 

Meski tidak bisa memberikan tindakan medis seperti dokter atau bidan, bukan berarti doula tidak punya edukasi mengenai kehamilan. 

Bahkan, doula sudah memiliki sertifikasi sebagai bukti bahwa dirinya siap menjadi pendamping ibu hamil. 

Artikel Lainnya: Kenali Peran Doula, Pendamping Ibu Selama Kehamilan

Meski tidak wajib menggunakan jasa doula, ada beberapa tanda ibu hamil perlu memakai doula pendamping persalinan di kehamilan pertama, yakni: 

1 dari 3 halaman

1. Bingung dengan Kehamilan

Menurut dr. Arina Heidyana, wanita yang baru pertama kali hamil memang sebaiknya membutuhkan bantuan doula. Hal ini karena ibu yang hamil untuk pertama kali masih sangat awam dengan berbagai perubahan-perubahan.

Tak sedikit juga ibu yang bingung dengan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama kehamilan. 

2. Takut Akan Perubahan-perubahan 

“Selama hamil, tubuh ibu akan mengalami banyak perubahan, mulai dari fisik hingga mental. Ini semua karena hormon yang berubah setelah masuk  masa kehamilan. Perubahan ini bisa membuat ibu hamil bingung, cemas, hingga stres,” kata dr. Arina.

“Ketika ibu mengalami ini, doula bisa jadi solusinya. Dengan punya pendamping seperti doula, diharapkan ibu bisa menjalani kehamilannya dengan baik,” ujarnya. 

3. Mudah Panik 

Ibu yang mudah panik bisa menggunakan jasa doula sebagai pendamping atau teman selama masa kehamilan. Menurut dr. Arina, panik yang berlebihan bisa buat kesehatan ibu hamil jadi terganggu.

Dengan dukungan dan bantuan doula, rasa panik selama masa kehamilan bisa diminimalkan.

Artikel Lainnya: Apa Manfaat Pakai Jasa Doula bagi Ibu Hamil?

2 dari 3 halaman

4. Mudah Merasa Cemas

Selain gampang panik, menurut psikolog Ikhsan Bella Persada, M. Psi, ibu hamil yang mudah merasa cemas sebaiknya didampingi oleh doula hingga persalinan nanti. 

Riasanya, rasa cemas ini juga didukung karena ibu yang belum 100 persen siap dalam menghadapi kehamilannya. 

5. Long Distance Relationship dengan Suami

“Bila suami tidak bisa mendampingi selama kehamilan, entah bekerja di luar kota dalam jangka waktu panjang atau alasan lainnya, dapat disarankan menggunakan jasa doula,” tutur Ikhsan. 

“Doula bisa jadi support system selama masa kehamilan yang bisa mendukung ibu hamil secara fisik maupun emosional,” jelas psikolog tersebut.

6. Suami yang Juga Mudah Panik

Meski bekerja untuk mendampingi ibu, bukan berarti doula tidak bisa membantu mendukung emosional calon ayah.

Doula juga bisa memberikan support kepada calon ayah agar lebih bersiap dengan proses kehamilan yang sedang berjalan. 

Mereka juga bisa mengedukasi bagaimana bertanggung jawab dalam memberikan dukungan kepada istri.

Itulah beberapa tanda ibu sebaiknya menggunakan jasa doula di kehamilan pertama. Yang terpenting, sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi ibu hamil.

Pantau usia kandungan Anda dengan Kalender Kehamilan dari aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar