Sukses

Cara Menurunkan Gula Darah Pagi Hari Tanpa Minum Obat

Penderita diabetes harus menjaga kadar gula darah di pagi hari agar tetap normal. Lantas, adalah cara menjaga kadar gula darah pagi hari tanpa minum obat?

Orang dengan diabetes sering khawatir dengan kadar gula darah tinggi di pagi hari. Kondisi itu kerap disebut dengan fenomena fajar (dawn phenomenon). 

Sebab saat bersiap bangun di pagi hari, tubuh akan melepaskan gelombang hormon yang bekerja melawan insulin dan menyebabkan kadar gula darah jadi meningkat. 

Fenomena ini dapat memengaruhi siapa saja, termasuk pada orang sehat yang tidak mengidap diabetes.

Namun, penderita diabetes atau orang yang ingin menjaga kadar gula darah normal tak perlu khawatir. 

Dokter Arina Heidyana mengatakan ada cara menurunkan kadar gula darah di pagi hari, bahkan tanpa harus minum obat. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

1 dari 4 halaman

1. Batasi Karbohidrat dan Perbanyak Makan Serat

Salah satu cara menurunkan kadar gula darah pagi hari adalah dengan membatasi asupan karbohidrat saat makan malam. 

Menurut American Diabetes Association, orang dengan diabetes harus mengonsumsi 45-60 gram karbohidrat setiap kali makan dan 15-20 gram karbohidrat untuk camilan.

Artikel Lainnya: Berapa Banyak Protein yang Dibutuhkan Orang Diabetes?

Mengonsumsi camilan tinggi serat dan rendah lemak sebelum tidur juga dianjurkan karena mampu menghilangkan rasa lapar dan mencegah naiknya gula darah di pagi hari. 

Saat makan malam, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan berikut ini:

  • Buah dan sayur-sayuran.
  • Yoghurt bebas lemak atau rendah lemak.
  • Popcorn bebas lemak.
  • Granola rendah lemak.
  • Telur rebus.
  • Apel kecil dan keju rendah lemak.
2 dari 4 halaman

2. Berolahraga di Sore Hari

Agar kadar gula darah di pagi hari tidak melonjak, Anda bisa melakukan olahraga di saat sore hari. Olahraga dapat meningkatkan sensitivitas insulin agar efektif mengolah gula darah menjadi energi. 

Menurut penelitian dari jurnal Hindawi, melakukan olahraga aerobik intensitas sedang, misalnya berjalan santai, sebelum sarapan dapat mengurangi kenaikan gula darah di pagi hari. 

3. Batasi Lemak di Malam Hari

Asupan lemak sehat memang penting bagi tubuh. Namun, konsumsi lemak sehat harus dibatasi karena dapat berdampak negatif bagi kadar gula darah. 

Mengonsumsi makanan berlemak saat malam hari dapat menunda kenaikan gula darah normal hingga keesokan paginya. Sebab lemak akan lebih lambat dicerna tubuh. 

Oleh karena itu, saat makan malam, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan berlemak dalam jumlah lebih sedikit dan perbanyak asupan protein, ya.

Artikel Lainnya: Diabetes Tipe 2 dan Hubungannya dengan Penyakit Parkinson

3 dari 4 halaman

4. Menambahkan Cuka ke Dalam Diet

Dilansir dari Very Well, cuka ditemukan dapat mengurangi lonjakan kadar gula darah saat bangun tidur dan mengurangi kadar gula darah setelah makan. 

Sebuah juga studi menunjukkan, cuka dapat menekan proses ketika sukrosa diubah menjadi glukosa dan fruktrosa. 

Bahan aktif cuka, yakni asam asetat, dapat mengurangi pencernaan pati dan menunda pengosongan lambung (gastroparesis).

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa menambahkan cuka ke dalam makanan dan minuman saat sarapan. 

5. Cegah Hipoglikemia di Malam Hari

Hipoglikemia adalah kondisi saat kadar gula dalam darah rendah. Gula darah rendah pada malam hari dapat memicu kadar gula darah di pagi hari jadi meningkat. Kondisi tersebut dikenal sebagai efek Somogyi. 

Saat hipoglikemia malam hari terjadi, tubuh melepaskan hormon untuk melawan rendahnya kadar gula darah. Dampaknya, kadar gula darah di pagi hari justru menjadi melonjak. 

Untuk mencegah hipoglikemia, Anda harus mengonsumsi makanan sehat dalam jumlah cukup sebelum tidur. 

Itu dia beberapa cara menurunkan kadar gula darah pagi hari tanpa minum obat. Ingin tahu informasi seputar diabetes lainnya? Anda dapat membaca artikel di aplikasi Klikdokter

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar