HomeInfo SehatPernapasanPatut Dicoba, Ini Tips Tidur Nyenyak bagi Penderita Asma
Pernapasan

Patut Dicoba, Ini Tips Tidur Nyenyak bagi Penderita Asma

Zahra Aminati, 11 Jun 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Penderita asma umumnya sulit tidur nyenyak akibat gejala yang sering kambuh. Jangan khawatir, penderita asma bisa lakukan tips ini agar tidur lebih nyenyak.

Patut Dicoba, Ini Tips Tidur Nyenyak bagi Penderita Asma

Sebagian penderita asma ada yang mengalami kesulitan tidur di malam hari. Hal itu bisa disebabkan karena penyakit asma kambuh dan penderita jadi sulit bernapas.

Bahkan, beberapa orang ada yang jadi sering terbangun saat tidur malam hari. Kondisi itu disebut dengan asma nokturnal.

Menurut dr. Theresia Rina Yunita, gangguan tidur pada penderita asma bisa dipicu oleh berbagai faktor.

“Penyebabnya adalah sumbatan pada jalan napas, lendir yang berlebihan, batuk di malam hari, mengi, sesak napas, ataupun mendengkur,” kata dr. Theresia.

Selain itu, gejala asma dapat muncul jika lendir paru menyumbat saluran pernapasan. Kondisi inilah yang bisa memicu batuk khas asma.

Kondisi sulit tidur dan penyakit asma saling memengaruhi satu sama lain. Asma dapat membuat tidur jadi terganggu dan gangguan tidur dapat memperparah gejala asma.

Oleh karena itu, penderita asma dapat mengikuti tips berikut ini agar tidur malam Anda menjadi lebih nyenyak.

1. Pastikan Asma Anda terkontrol dengan baik

Dokter Theresia mengatakan bahwa penderita asma harus mengontrol penyakitnya dengan rutin periksa ke dokter.

“Dengan berkonsultasi pada dokter, Anda akan mengetahui pengobatan apa yang harus dilakukan dan obat apa yang harus dikonsumsi,” kata dr. Theresia. Ketika penderita sudah dapat mengontrol asmanya, diharapkan keluhan atau gejala tidak akan muncul, apalagi sampai mengganggu tidur.

2. Bersihkan Kamar Secara Teratur

Kebersihan kamar tidur, terutama kasur dan bantal, merupakan hal penting bagi penderita asma.

Pastikan kamar tidur Anda selalu bersih agar terhindar dari pemicu asma seperti debu dan serangga.

“Hindari pencetus asma kambuh, misalnya karena udara dingin, debu di kamar, atau bulu binatang,” jelas dr. Theresia.

Anda juga bisa menggunakan pembersih udara yang memiliki filter high efficiency particulate air (HEPA) untuk menangkap tungau serta kotoran di kamar tidur.

Lalu, cuci seprai, sarung bantal, gorden, dan karpet yang ada di kamar Anda secara rutin. Cara ini tidak hanya membuat tidur jadi lebih nyenyak, tapi juga dapat mencegah asma kambuh secara keseluruhan.

3. Menjaga Berat Badan Ideal

Berat badan ideal adalah hal yang perlu diperhatikan oleh penderita asma. Sebab, obesitas atau kelebihan berat badan adalah faktor penyebab gangguan tidur pada penderita asma.

Untuk mencegah asma atau gangguan tidur kambuh, Anda bisa mulai melakukan diet sehat. Cara diet sehat adalah memperbanyak konsumsi sayur dan buah, serta lakukan olahraga sebanyak tiga kali seminggu.

Artikel Lainnya: Manfaat Tidur Nyenyak Untuk Membersihkan dan Menyehatkan Otak

4. Gunakan Humidifier

Humidifier atau pelembap udara merupakan salah satu alat penting bagi penderita asma.

Udara dingin umumnya akan lebih kering dan bisa menyebabkan asma kambuh. Dengan menggunakan humidifier, udara jadi lebih lembap dan tungau debu pemicu asma pun jadi sulit untuk berkembang biak.

5. Meninggikan Posisi Kepala saat Tidur

Cara agar penderita asma dapat tidur nyenyak adalah mengatur posisi tubuh yang sesuai. Apabila memiliki asma, sinusitis, atau sedang pilek, posisi berbaring dapat memperburuk penyumbatan saluran pernapasan Anda.

Selain itu, jika memiliki riwayat asam lambung (GERD), posisi berbaring juga dapat memperparah risiko asma kambuh.

Karena posisi tidur berbaring dapat mempercepat asam lambung naik ke tenggorokan. Kondisi ini dapat melukai dinding saluran pernapasan serta tenggorokan.

Akibatnya, pernapasan jadi terganggu dan akan timbul gejala batuk-batuk. Agar bisa tidur nyenyak, posisikan kepala lebih tinggi daripada kaki.  bisa tidur dengan menaruh beberapa tumpuk bantal di belakang kepala.

6. Hindari Paparan Rokok dan Asap

Dokter Theresia pun menyarankan penderita asma untuk menghindari rokok maupun paparan asapnya.

“Yang membuat memburuknya kondisi asma dan dapat menjadi penyebab gangguan tidur adalah asap rokok. Jika Anda memiliki asma, hindari untuk mendekati keluarga Anda yang merokok,” jelas dr. Theresia.

Artikel Lainnya: Lakukan 7 Cara Ini agar Anda Bisa Tidur Nyenyak

7. Jaga Imunitas Tubuh

Dokter Theresia mengatakan, “Imunitas atau sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat menyebabkan flu dan gangguan tidur bagi penderita asma.”

Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan diri sendiri dengan mengonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi seimbang.

Makan makanan bergizi bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dan Anda terhindar dari berbagai penyakit.

Dengan menerapkan cara di atas, Anda turut menciptakan lingkungan tidur yang sehat dan bebas dari pemicu asma. Anda pun jadi lebih mudah mencegah asma kambuh dan dapat tidur lebih baik lagi di malam hari.

Untuk tahu informasi kesehatan mengenai asma lainnya, baca terus artikel kesehatan di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

pernapasanAsma

Konsultasi Dokter Terkait