Perawatan Wanita

Metode Akupresur untuk Membantu Meringankan Nyeri Haid

Tamara Anastasia, 19 Mei 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Redakan nyeri haid dengan metode akupresur, yaitu metode pengobatan tradisional China yang fokus pada beberapa titik di area tubuh.

Metode Akupresur untuk Membantu Meringankan Nyeri Haid

Nyeri haid merupakan salah satu kondisi yang umum dialami oleh wanita. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, kram perut bulanan ini juga bisa mengganggu aktivitas penderitanya. Nah, ada banyak metode kesehatan yang dapat menolong kaum hawa mengatasi keluhan tersebut. 

Salah satunya adalah akupresur. Anda pernah mendengar metode ini sebelumnya ? Jika belum, simak terus artikel di bawah ini.

Akupresur untuk Atasi Nyeri Haid

Seperti dijelaskan oleh dr. Dyah Novita Anggraini, akupresur merupakan metode tradisional Tiongkok yang mirip dengan akupunktur, hanya saja menggunakan jari.

Titik-titik tertentu akan ditekan menggunakan ujung jari selama beberapa saat. Hal tersebut berguna untuk mengembalikan aliran energi ke keseimbangan. 

Berdasarkan sejarahnya, metode akupresur ini membuat sebuah jalur energi yang tidak terlihat di dalam tubuh menjadi lebih lancar. Ada sekitar 14 jalur energi—disebut juga meridian—yang  menghubungkan organ tubuh dengan bagian lainnya.

Artikel lainnya: Waspadai Penyakit Dibalik Nyeri Haid Tidak Normal (Dismenorea Sekunder)

Lantas, apakah manfaat akupresur benar-benar efektif dalam menekan kram menstruasi? Melansir Mind Body Green, terapi ini memang bisa membantu mengatasi nyeri saat haid.

Terapi ini akan merangsang aliran darah, sistem hormonal, dan sistem limfatik yang ada di dalam tubuh. Tak hanya itu, terapi akupresur juga bisa membuat otot perut jadi lebih rileks sehingga kram perut tidak terlalu terasa.

Namun sayangnya, menurut dr. Dyah Novita, manfaat akupresur dalam mengatasi nyeri haid belum sepenuhnya didukung oleh penelitian ilmiah.

“Dalam penelitian medis, belum ada bukti valid yang membenarkan metode akupresur ini. Jika memang sedang nyeri, ada baiknya untuk mengompres perut dengan botol hangat dan memperbanyak minum air putih,” ujar dokter yang kerap disapa Vita itu.

“Kalau diperlukan, Anda bisa menambahkan obat pengurang rasa sakit yang memiliki kandungan paracetamol. Apabila nyerinya berjalan selama berhari-hari dengan intensitas yang kuat, sebaiknya segera periksakan ke dokter,” dia menambahkan.

Artikel lainnya: Daftar Olahraga untuk Mengatasi Nyeri Haid

Letak Titik Akupresur yang Bisa Redakan Nyeri Haid

Meski belum terbukti secara medis, tidak ada salahnya jika Anda mencoba teknik ini sendiri di rumah. Adapun beberapa titik akupresur yang dianggap bisa redakan nyeri haid, seperti: 

  • Antara Ibu Jari dan Telunjuk 

Temukan lekukan lembut di antara jempol dan jari telunjuk Anda. Tekan titik-titik ini dengan kuat selama sekitar 60-90 detik. Sambil menekan, tariklah napas dalam-dalam melalui hidung lalu keluarkan melalui mulut.

  • Limpa 

Limpa merupakan bagian dari sistem getah bening yang terletak di rongga perut kiri atas. Titik ini penting untuk meredakan nyeri haid.

Anda bisa memijat bagian tersebut secara perlahan selama beberapa menit. Nantinya, nyeri haid bisa secara perlahan hilang. Kombinasikan juga dengan kompres hangat untuk hasil yang lebih maksimal. 

  • Sekitar Lipatan Lutut 

Temukan titik lain yang ada di lipatan lutut bagian dalam. Telusuri tulang tibia sekitar 5-7 inci sampai Anda menemukan bagian daging yang sangat lembut. 

Gosok dan tahan selama 60-90 detik di kedua sisi kaki. Pijat seluruh area lembut di bagian dalam tulang kering sampai Anda merasa lebih baik. Lanjutkan dengan menarik napas dan buang melalui mulut selama beberapa detik.

Itulah beberapa titik akupresur yang bisa dicoba untuk mengatasi nyeri haid. Ingat, metode ini tidak selalu bekerja dengan baik karena belum terbukti secara medis.

Jadi, kembali lagi pada keputusan Anda. Masih ada cara mengatasi nyeri haid lain yang lebih dianjurkan, seperti menerapkan kompres hangat pada perut dan minum air putih.

Apabila diperlukan, minumlah obat pereda nyeri. Tak ada salahnya juga berkonsultasi dengan dokter jika nyeri haid tidak tertahankan. Manfaatkan layanan Live Chat 24 Jam dari Klikdokter untuk berkonsultasi seputar masalah kesehatan. 

[HNS/JKT]

Akupresur

Konsultasi Dokter Terkait