Sukses

Segudang Manfaat Bawang Dayak untuk Kesehatan

Pernah coba makan bawang dayak? Bumbu dapur ini kaya akan khasiat kesehatan, lho! Apa saja manfaat bawang dayak? Cek selengkapnya.

Bumbu dapur memang diperuntukkan untuk memasak makanan agar rasanya lebih lezat. Namun, akan lebih menyenangkan lagi jika bahan tersebut bisa memberikan manfaat sehat buat tubuh.

Nah, salah satu bumbu dapur berkhasiat sehat yang sejak beberapa waktu silam tak henti-hentinya jadi perbincangan masyarakat adalah bawang dayak.

Bawang khas Kalimantan yang punya sebutan Latin Eleutherine palmifolia L Merr ini sudah sejak lama dipercaya oleh sebagian orang bisa mengobati segala macam penyakit.

Menanamnya pun tak sulit. Herba ini mampu hidup di iklim dan jenis tanah apa saja. Yang jelas, bawang dayak butuh sinar matahari agar tumbuh subur.

Artikel Lainnya: Manfaat Bawang Merah, Antialergi hingga Menurunkan Risiko Kanker 

Nutrisi paling menonjol dari herbal yang acap kali disebut sebagai bawang berlian ini adalah flavonoid (antioksidan). Bagaimana dengan manfaat bawang dayak? Berikut ini beberapa di antaranya:

1 dari 13 halaman

1. Mencegah Diabetes

Diabetes merupakan penyakit metabolik yang disebabkan oleh peningkatan kadar gula darah. Orang yang memiliki berat badan berlebih termasuk golongan yang berisiko terkena penyakit ini. Begitu pula mereka yang anggota keluarganya memiliki riwayat penyakit diabetes. 

Apabila Anda termasuk dalam orang-orang yang berisiko menderita kencing manis, bawang dayak bisa digunakan untuk pencegahan. 

Bawang ini mengandung eleutherol, eleuthocide A, serta eleutherinoside B yang berperan dalam mengontrol kadar gula darah. 

2 dari 13 halaman

2. Mencegah Infeksi Bakteri

Ekstrak etanol yang terdapat pada bawang dayak berfungsi mencegah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri ini umumnya tinggal di kulit atau hidung, bahkan pada orang yang sehat. 

Pada sebagian besar kasus, infeksi yang disebabkan oleh bakteri tersebut tidaklah mengancam jiwa. 

Namun, ketika tidak diatasi dengan segera akan berkembang dan menyerang bagian tubuh lain, seperti sendi, tulang, jantung, dan paru-paru. Inilah yang kemudian akan berbahaya. 

Artikel Lainnya: Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

3 dari 13 halaman

3. Menangkal Radikal Bebas

Bawang dayak mengandung triterpenoid, sekaligus polifenol. Semuanya itu berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel dan penyakit berbahaya. 

Radikal bebas diproduksi tubuh secara alami. Namun, beberapa hal yang dapat meningkatkan produksinya, antara lain merokok, minum alkohol, banyak makan gorengan, dan terpapar polusi. 

Ketika produksi radikal bebas di tubuh meningkat, maka akan berisiko terkena penyakit kronis seperti demensia, diabetes, dan penyakit autoimun. 

Penggunaan bawang dayak pun dinilai mampu menjadi salah satu cara untuk mencegah masalah kesehatan tersebut. 

4 dari 13 halaman

4. Mengontrol Kadar Kolesterol

Manfaat bawang dayak yang satu ini bisa membuat Anda terhindar dari penyakit jantunghipertensi, dan stroke. Hal ini berkat kandungan eleutherine di dalamnya bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang ada di dalam tubuh Anda.

Kadar kolesterol tinggi sendiri merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung. Sejumlah penelitian pun telah membuktikan bahwa eleutherine merupakan senyawa yang berperan mencegah inflamasi dan pembentukan plak pada jantung, termasuk pada orang dengan kolesterol tinggi. 

5 dari 13 halaman

5. Memelihara Kesehatan Tulang

Manfaat bawang dayak untuk kesehatan lainnya adalah membantu menjaga kesehatan tulang Anda. Bawang dayak mampu memelihara kepadatan tulang, sehingga risiko osteoporosis bisa diturunkan.

Ini berkat kandungan kalsium dan mineral di dalamnya. Untuk mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan tulang, Anda bisa mengonsumsi bawang dayak setidaknya satu kali setiap hari. 

6 dari 13 halaman

6. Mengatasi Jerawat

Khasiat bawang dayak yang satu ini sebenarnya berhubungan dengan kemampuannya dalam mengatasi infeksi bakteri. Kandungan etanol di dalamnya disinyalir bisa menghambat pertumbuhan bakteri pemicu jerawat.

Kendati begitu, Anda tidak disarankan untuk mengaplikasikan bawang dayak ke wajah secara langsung. Berkonsultasilah terlebih dahulu kepada dokter, karena kondisi kulit setiap orang berbeda-beda.

Artikel Lainnya: Jus Bawang Merah, Benarkah Bermanfaat untuk Kulit?

7 dari 13 halaman

7. Mencerahkan Kulit

Selain mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi, kegunaan bawang dayak juga berkhasiat memelihara kesehatan kulit secara keseluruhan.

Bonusnya lagi, bumbu dapur ini juga bisa membuat kulit lebih cerah dan mencegah timbulnya flek atau bintik hitam.

8 dari 13 halaman

8. Mengontrol dan Meredakan Gejala Menopause

Berkurangnya hormon estrogen dalam tubuh wanita menopause dapat mempengaruhi kondisi kesehatan secara menyeluruh. Ekstrak bawang berlian atau bawang sabrang ini pernah diteliti dalam sebuah studi yang dipublikasikan di Journal Of Biological Sciences.

Menurut peneliti, kandungan eleutherine dalam bawang tersebut terhubung kuat dengan reseptor estrogen alfa (ERα). 

Senyawa itu akan meningkatkan hormon estrogen tanpa disertai penebalan dinding rahim. Dengan begitu, risiko untuk terkena kanker serviks menjadi lebih rendah.

9 dari 13 halaman

9. Memperbaiki Fungsi Ginjal

Terdapat penelitian ilmiah yang membuktikan manfaat dari bawang ini, tetapi baru sebatas di hewan percobaan. Hasil penelitian para ilmuwan melaporkan bahwa ekstrak bawang sabrang dapat menurunkan derajat kerusakan ginjal. 

Penggunaan bawang dayak untuk memperbaiki fungsi ginjal bisa dibarengi dengan pola makan yang sehat. 

Misalnya, kurangi garam pada masakan, perbanyak konsumsi sayuran, hindari makanan cepat saji, dan utamakan makanan yang terbuat dari gandum utuh. 

Artikel Lainnya: Manfaat Daun Bawang yang Mungkin Belum Anda Tahu

10 dari 13 halaman

10. Mengatasi Masuk Angin

Kandungan tanin di dalam bawang dayak bermanfaat untuk mengatasi sakit perut, dengan cara mengurangi gas di saluran pencernaan. Orang Dayak pun sering mengonsumsi bahan alami ini untuk menurunkan demam

Tanin sendiri merupakan senyawa aktif yang banyak ditemukan pada tanaman. Fungsinya secara umum adalah sebagai antidiare, antibakteri, dan antioksidan. 

Oleh sebab itu, bawang dayak yang memiliki kandungan tanin bisa digunakan untuk atasi gejala masuk angin. 

11 dari 13 halaman

11. Membantu pencernaan

Bawang sangat kaya akan probiotik dan serat yang sangat baik untuk pencernaan. Makan makanan yang tinggi akan probiotik dapat meningkatkan absorbsi mineral penting seperti kalsium. Prebiotik juga dapat membantu jumlah bakteri baik di usus. 

Sebagai salah satu jenis bawang, bawang dayak pun memiliki kandungan prebiotik yang baik untuk pencernaan Anda. Konsumsi bawang ini apabila Anda mengalami masalah pencernaan, misalnya GERD.

12 dari 13 halaman

12. Membantu Mencegah Kanker

Rata-rata bawang mengandung antioksidan flavonoid. Terdapat beberapa penelitian yang menyatakan bahwa flavonoid ternyata dapat membantu mengurangi perkembangan tumor. 

Terlepas dari banyaknya khasiat bawang khas Kalimantan ini, Anda tetap tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan. 

Seimbangkan dengan makanan sehat lainnya agar kondisi tubuh tetap dalam keadaan baik dan tidak terjadi efek samping.

Jika ingin menikmati khasiat bawang dayak dengan lebih aman lagi, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter melalui LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(PUT/AYU)

Referensi:

  • Healthline. Diakses 2022. 9 Impressive Health Benefits of Onions.

0 Komentar

Belum ada komentar