HomeGaya hidupSeksSunat Jengger Ayam Bisa Tambah Kepuasan Seks, Benarkah?
Seks

Sunat Jengger Ayam Bisa Tambah Kepuasan Seks, Benarkah?

Tamara Anastasia, 12 Apr 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Sunat jengger ayam diklaim bisa tambah kepuasan seksual bagi hubungan intim suami istri. Benarkah hal tersebut? Simak penjelasan lengkap dari dokter di sini.

Sunat Jengger Ayam Bisa Tambah Kepuasan Seks, Benarkah?

Dalam beberapa kebudayaan dan keyakinan agama, sunat adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap pria.

Sunat bertujuan menjaga kebersihan dan kesehatan penis itu sendiri. Biasanya, sunat dilakukan dengan memotong kulit kepala penis bagian luar sampai habis.

Tak hanya itu, kini ada model sunat baru, yakni sunat jengger ayam. Model sunat jengger ayam disebut-sebut bisa meningkatkan gairah seksual dan menambah kepuasan saat bercinta.

Benarkah demikian? Simak pendapat dokter lewat ulasan berikut ini.

Apa itu Sunat Jengger Ayam?

Dokter Devia Irine Putri menjelaskan, model sunat ini dilakukan dengan membuang kulit kepala penis bagian luar dan menyisakan jaringan agar bekasnya terlihat atau berbentuk seperti jengger ayam.

“Jika seharusnya sunat medis akan membentuk bekas luka jahitan yang melingkar, kalau sunat jengger ayam jadi tidak terlihat rapi,” ujar dr. Devia.

Untuk bekas sunat jengger ayam, hasilnya akan terlihat seperti jahitan yang melingkar. Namun, jahitan tersebut memiliki sisa kulit yang lebih tebal di bagian ujung bawah sehingga terlihat ada yang lebih menonjol.

Ada kemungkinan, sisa kulit di kepala penis inilah yang dihubungkan dengan kepuasan seksual yang bertambah ketika pria berada di atas kasur.

Artikel Lainnya: 4 Manfaat Sunat bagi Bayi Laki-laki

Benarkah Sunat Jengger Ayam Bisa Meningkatkan Kepuasan Bercinta?

Menanggapi pertanyaan tersebut, dr. Devia Irine Putri membantah dengan tegas. Sebab, kepuasan berhubungan seksual tidak bisa dinilai dari bentuk penis atau bentuk sunatan tertentu, salah satunya model jengger ayam.

Ia menambahkan, jengger ayam sendiri bukanlah teknik sunat yang dianjurkan oleh medis.

Oleh karena itu, efek samping atau bahaya melakukan sunat model jengger ayam tetap ada. Bahkan, kemungkinan terjadi iritasi di penis juga menjadi lebih besar.

“Perlu diingat metode atau hasil dari teknik ini tidak sesuai dengan anjuran medis, ya. Jadi, mungkin sekali lukanya akan infeksi karena penutupan lukanya tidak sempurna. Karena itu, sebaiknya lakukan sunat dengan teknik medis yang tepat di dokter agar terhindar dari masalah infeksi dan sebagainya,” ujar dr. Devia Irine Putri.

Anda juga perlu tahu, kepuasan seksual bisa didapat ketika pasangan memiliki skill atau rangsangan yang tepat untuk lawan mainnya. 

Artikel Lainnya: Bernanah hingga Lama Kering, Ini Cara Hindari Infeksi setelah Sunat

Lantas, hal apa saja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kepuasan seks?

  • Lakukan foreplay lebih lama dengan menyentuh area-area sensitif pasangan, seperti leher, kuping, paha bagian dalam, bibir, dan sebagainya. Lanjutkan juga dengan mencium dan menggigit lembut bibir pasangan.
  • Anda bisa mencoba atau mengeksplorasi gaya baru saat bercinta. Posisi seks baru bisa menambah kenikmatan dan kepuasan dari kedua belah pihak. Selain itu, temukan juga spot-spot baru di dalam rumah untuk berhubungan seks.
  • Nikmati waktu berdua setelah berhubungan seks, barulah mulai membersihkan diri. Agar lebih intim, Anda bisa mandi bersama sambil membersihkan diri.

Siapkan juga teh hangat atau camilan setelahnya, agar tubuh terasa lebih rileks sehabis bercinta.

Itu dia penjelasan mengenai mitos sunat jengger ayam yang katanya bisa meningkatkan kepuasan bercinta. Klaim tersebut nyatanya tidak benar dan malah berisiko meningkatkan infeksi!

Untuk tahu fakta dan informasi kesehatan lainnya, Anda bisa membaca artikel di aplikasi Klikdokter. Anda juga berkonsultasi dengan dokter langsung menggunakan fitur LiveChat.

(OVI/AYU)

Sunat

Konsultasi Dokter Terkait