Sukses

Manfaat Jus Seledri untuk Tumbuhkan Rambut?

Anda punya masalah rambut rontok sampai terancam kebotakan? Kabarnya, jus seledri bisa jadi solusinya! Simak manfaat seledri untuk menumbuhkan rambut.

Siapa bilang menumbuhkan rambut harus membutuhkan perawatan salon yang mahal? Nyatanya, dengan menggunakan bahan alami tertentu, hal tersebut tak mustahil dilakukan.

Salah satu bahan alami yang dimaksud adalah seledri. Seledri atau Apium graveolens sering ditemukan dalam sup dan salad, serta mengandung banyak sekali nutrisi.

Dalam seledri, tersimpan vitamin A, B, C, serta natrium dan kalsium. Kandungan tersebut dinilai mampu merangsang pertumbuhan rambut. 

Yuk, kita cari tahu keefektifan seledri untuk menumbuhkan rambut dalam artikel berikut. 

Efektivitas Jus Seledri untuk Menumbuhkan Rambut

Dalam penelitian berjudul A Review of the Antioxidant Activity of Celery (2017), disebutkan bahwa seledri punya senyawa asam kafeat, asam ferulat, apigenin, luteolin, tanin, dan saponin yang merupakan antioksidan kuat. 

Antioksidan tersebut diketahui bagus untuk efek penyembuhan, termasuk untuk masalah di kulit kepala.

Nah, berikut adalah beberapa alasan jus seledri baik untuk pertumbuhan rambut:

1. Kaya Nutrisi

Seperti yang disinggung di atas, jus seledri sangat kaya nutrisi, utamanya vitamin A dan air. Keduanya adalah “modal” utama untuk kulit kepala yang terhidrasi dan rambut yang sehat.

Vitamin A dan air membantu tubuh untuk menghasilkan pertumbuhan rambut halus dan tekstur rambut yang baik.

Jus seledri juga memberi kekuatan pada akar rambut dengan bantuan nutrisi penting, seperti mineral, vitamin, dan mikronutrien lainnya. Tak hanya itu, seledri punya senyawa fenolik yang baik untuk pertumbuhan rambut dan kesehatan secara keseluruhan.

Artikel lainnya: Seledri Bisa Mengatasi Nyeri Sendi, Mitos atau Fakta?

2. Baik untuk Sistem Imunitas

Sistem kekebalan tubuh harus cukup kuat untuk melawan mikroba dan infeksi berbahaya, termasuk di area kulit kepala. Jika kekebalan tubuh Anda menurun, tentu akan lebih mudah bagi mikroba untuk tumbuh di kulit kepala. 

Kabar baiknya, kandungan vitamin C dalam seledri baik untuk daya tahan tubuh dan melawan infeksi. Dengan konsumsi seledri secara rutin, maka masalah rambut rontok pun dapat terhindari dan teratasi. 

3. Mengatasi Peradangan di Kulit Kepala

Salah satu manfaat seledri untuk rambut adalah dapat mengatasi inflamasi atau peradangan di kulit kepala. Khususnya jika dioleskan langsung atau dikonsumsi sebagai suplemen.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jus seledri juga berkhasiat untuk mengurangi dermatitis seboroik atau ketombe

Cara Bikin Jus Seledri untuk Rambut

Tertarik mendapatkan manfaat seledri untuk rambut tersebut? Tak perlu repot-repot membeli jus seledri di toko atau swalayan. Anda bisa membuat jus seledri sendiri di rumah, kok!

Berikut cara mengolah dan menggunakan seledri untuk menumbuhkan rambut:

  • Ambil beberapa batang seledri yang masih segar.
  • Cuci seledri dengan air sampai bersih. Atau, bisa diawali dengan merendamnya pada air bersih selama beberapa menit.
  • Potong cabang seledri menjadi potongan-potongan kecil.
  • Masukkan potongan seledri ke dalam blender, dan tambahkan air sesuai kebutuhan.
  • Blender seledri selama beberapa menit hingga halus.
  • Tuang ke dalam gelas menggunakan penyaring.

Kalau Anda mau tambahan rasa, bisa dicampur dengan perasan jeruk nipis atau buah-buahan lain. Anda juga dapat mengonsumsi seledri di dalam salad. 

Artikel lainnya: Manfaat Jus Seledri untuk Mengatasi Kolesterol Tinggi

Anda mungkin bertanya-tanya, adakah efek samping seledri untuk rambut? Sejauh ini, belum ditemukan efek samping yang bermakna pada penggunaan seledri untuk rambut. Namun, orang yang sensitif atau memiliki alergi perlu berhati-hati. 

Perlu diketahui juga bahwa seledri mengandung tinggi manitol. Zat ini dapat bekerja sebagai agen osmotik sehingga bisa meningkatkan kandungan air di dalam sistem pencernaan. Alhasil, diare pun dapat terjadi. 

Kandungan lain di dalamnya, yaitu sodium, dapat memicu peningkatan tekanan darah. Oleh karena itu, sebaiknya jus seledri hanya dikonsumsi 1-2 kali per hari, tidak dianjurkan berlebihan. 

Tak cuma dalam bentuk jus, Anda juga bisa mengoleskan seledri langsung ke kulit kepala. Tumbuklah beberapa batang seledri hingga halus, lalu oleskan ke kulit kepala. Tunggu beberapa saat, lalu bilas hingga bersih. 

Namun, masih dibutuhkan penelitian mengenai perbandingan efektivitas antara konsumsi jus seledri dan penggunaan langsung pada kulit kepala terhadap tumbuhnya rambut. 

Butuh konsultasi mengenai penggunaan seledri untuk menumbuhkan rambut? Manfaatkan fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar