Sukses

Yang Harus Dilakukan Bila Anda Baru Sembuh COVID-19

Girang karena sudah dinyatakan sembuh dari COVID-19? Tunggu! Jangan terlampau senang. Ada perawatan setelah sembuh covid-19 yang sebaiknya dijalani.

Selamat! Anda sudah dinyatakan negatif virus corona setelah berminggu-minggu berada di rumah sakit atau menjalani karantina mandiri di rumah. Rasanya pasti lega, setelah hasil PCR menyatakan diri Anda telah sembuh dari virus corona.

Eh, tapi jangan senang dulu. Meski Anda telah sembuh dari COVID-19, bukan berarti Anda kebal. Ingat, ada perawatan setelah sembuh COVID-19 yang harus juga dijalani.

 

1 dari 3 halaman

Perawatan untuk Orang yang Negatif COVID-19 

PCR adalah metode terakurat untuk mengetahui apakah tubuh Anda terinfeksi virus corona atau tidak.

Jika Anda dinyatakan positif virus corona, perawatan seperti isolasi mandiri atau dirawat di rumah sakit akan dianjurkan. Jika Anda negatif, tentu diminta untuk tetap waspada dan tidak meremehkan keberadaan virus yang satu ini. 

Tapi, bagaimana dengan orang-orang yang baru saja dinyatakan negatif setelah berjuang melawan COVID-19? Dokter Reza Fahlevi menyarankan metode perawatan setelah sembuh COVID-19 berikut:

1. Tetap Taati Protokol Kesehatan yang Ada 

Sembuh dari virus corona bukan berarti Anda kebal dari virus corona. Jadi jangan remehkan keberadaan virus ini.

Tetap taati protokol kesehatan, seperti mencuci tangan, memakai masker, menjauhi kerumunan, menjaga jarak dengan orang lain, dan mengurangi mobilitas di luar rumah.

Jika kelima peraturan ini ditaati, kemungkinan untuk tertular virus corona lagi akan sangat kecil. Tapi ingat, bukan hanya Anda saja yang perlu menaati aturan ini, tapi juga keluarga atau orang yang tinggal satu atap dengan Anda juga wajib mengikuti 5M.

Artikel lainnya: Orang Terdekat Sembuh dari Virus Corona, Amankah Mendekatinya?

2. Olahraga secara Rutin

Pandemi bukan jadi penghalang untuk tidak olahraga. Anda tetap disarankan untuk olahraga secara rutin minimal 3 kali seminggu untuk meningkatkan sistem imun.

Hanya saja, olahraga yang dilakukan tentu harus dipastikan keamanannya. Maksudnya Anda diminta untuk tidak berolahraga berat setelah sembuh dari virus corona.

Hindari olahraga di tempat ramai, serta atur sistem pernapasan agar tidak mudah lelah dan ngos-ngosan. Berikan waktu pemulihan setelah sembuh dari COVID-19 untuk tubuh Anda. 

3. Tracing di Dalam Rumah 

“Bila Anda pernah terinfeksi COVID-19, ada baiknya melakukan tracing seisi rumah. Bisa jadi ada anggota keluarga yang mungkin OTG alias tidak bergejala, tapi tetap positif virus corona,” ujar dr. Reza.

“Kalau memang benar ada anggota keluarga yang OTG, jelas ini bisa kembali menularkan ke kita. Inilah yang namanya infeksi berulang,” dia menambahkan.

4. Intropeksi Diri 

Jika Anda sudah dinyatakan negatif dari virus corona, coba kembali intropeksi diri. Tanyakan pada diri sendiri, apa yang menjadi penyebab Anda bisa positif virus corona.

Apakah hal ini disebabkan oleh nongkrong atau makan bersama teman secara bersamaan tanpa pakai masker, atau misalnya Anda jarang cuci tangan. Atau mungkin Anda masih sering keluar rumah. Intinya harus berubah dan introspeksi diri.

Artikel lainnya: Biar Cepat Sembuh, Ini Deretan Vitamin untuk Pasien COVID-19

5. Tambahkan Proteksi Diri

“Prinsip perawatan setelah negatif dari virus corona itu sebenarnya sama. Jadi tidak ada yang berubah. Hanya saja harus lebih waspada lagi dan memperketat proteksi diri agar tidak terjadi infeksi berulang, misalnya keluar pakai masker dan face shield,” kata dr. Reza.

“Segera mandi dan cuci pakaian setelah pergi dari luar. Jangan lupa juga keramas, dan  jangan keluar rumah lagi,” sarannya lagi. 

2 dari 3 halaman

Meski Negatif Tetap Lindungi Diri 

“Intinya, COVID-19 itu bisa berulang dan ini sudah terbukti. Banyak kerabat saya yang sudah dinyatakan sembuh tapi bisa kembali terinfeksi,” dr. Reza menegaskan.

Jadi, jangan karena sudah negatif, Anda merasa punya antibodi yang bisa menangkal virus corona.

“Kalau tidak jaga diri, kalau tetap sembarangan pergi ke luar rumah tanpa menaati protokol, virus corona bisa kembali menginfeksi Anda,” kata dr. Reza Fahlevi. 

Selain lima perawatan setelah sembuh COVID-19, Anda yang baru dinyatakan negatif tetap diminta untuk isolasi mandiri selama 14 hari. Jika sudah tidak ada gejala sama sekali, barulah boleh Anda kembali berinteraksi dengan orang lain, dengan menggunakan masker dan menaati protokol.

Jangan sungkan untuk menegur orang yang tidak menaati protokol kesehatan. Virus corona bisa menyebar dengan cepat jika Anda dan orang sekitar tidak disiplin. Dapatkan informasi lainnya seputar virus corona di sini.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar