HomeGaya hidupPerawatan WanitaManfaat Buah Cranberry untuk Kesehatan Vagina
Perawatan Wanita

Manfaat Buah Cranberry untuk Kesehatan Vagina

dr. Sara Elise Wijono MRes, 25 Jul 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tahukah kamu kalau buah cranberry nyatanya dapat bermanfaat untuk Miss V. Simak ulasannya di sini untuk tahu lebih lanjut khasiat buah cranberry ini.

Manfaat Buah Cranberry untuk Kesehatan Vagina

Menjaga kebersihan dan kesehatan vagina sangat penting bagi wanita. Hal ini bertujuan agar fungsi vagina berjalan normal dan pH-nya tetap seimbang.

Untuk menjaga kesehatan vagina, asupan makanan perlu diperhatikan. Salah satu buah yang baik untuk vagina adalah cranberry

Apa manfaat cranberry untuk miss V? Mengapa menjaga pH vagina penting dilakukan? Yuk, ladies, simak ulasannya di bawah ini.

Pentingnya Menjaga Kesehatan dan pH Seimbang pada Vagina

Jika pH vagina dibiarkan tidak seimbang dalam waktu lama, maka bakteri dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Salah satu kondisi yang cukup berbahaya adalah infeksi saluran kemih.

Selain itu, pH vagina yang tidak seimbang dapat mengganggu keseimbangan flora normal di vagina. Akibatnya, kondisi tersebut dapat memicu keputihan tidak normal.

Artikel lainnya: Fakta Tentang pH Vagina yang Perlu Diketahui Wanita

Apa yang harus dilakukan untuk menjaga keseimbangan pH vagina? Sebenarnya, vagina dapat membersihkan dan menyeimbangkan pH sendiri. Namun, ada beberapa cara lainnya yang dapat mendukung upaya tersebut, salah satunya lewat makanan.

Nah, khasiat jus cranberry untuk miss V dapat membantu kamu dalam menjaga kesehatan vagina.

Nutrisi dan Manfaat Buah Cranberry untuk Kesehatan Vagina

Berikut ini beberapa kandungan dan manfaat cranberry untuk wanita dalam menjaga kesehatan vagina:

1. Sumber Antioksidan

Buah cranberry mengandung antioksidan yang tinggi dan senyawa yang mampu mencegah penyakit pada saluran kemih.

2. Kaya Vitamin A, C, dan E

Cranberry kaya vitamin A, C, dan E, serta zat besi. Berbagai kandungan tersebut mampu meningkatkan daya tahan tubuh secara keseluruhan.

3. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Ekstrak cranberry dinilai dapat mencegah penyakit infeksi saluran kemih.

Kadar asam pada ekstrak cranberry dianggap bisa melindungi saluran kemih berkat kemampuannya dalam mengubah sifat urine menjadi lebih asam. Kondisi ini dapat menghambat perkembangbiakan bakteri E. coli secara alami.

Artikel lainnya: Mengatasi Vagina Gatal dengan Air Garam, Amankah?

Tips Konsumsi Cranberry untuk Kesehatan Vagina

Sama seperti konsumsi buah lainnya, cranberry memang lebih baik dimakan utuh. Namun, tidak masalah bila kamu memilih untuk minum jus cranberry. 

Manfaat jus cranberry untuk miss V bisa didapatkan maksimal bila jus 100 persen berasal dari cranberry asli tanpa gula tambahan. Gula dapat mengganggu kesehatan vagina atau memperparah kondisinya.

Kapan waktu yang tepat untuk minum jus cranberry? Belum ada penelitian khusus mengenai hal ini. Jadi, kamu bebas menentukan kapan waktu terbaik untuk mengonsumsinya.

Tidak ada juga penyakit khusus yang melarang konsumsi buah cranberry. Namun, kamu perlu berhati-hati bila memiliki masalah lambung, mengingat cranberry cenderung asam.

Minumlah jus cranberry dalam batas yang wajar. Hentikan konsumsinya bila mengalami alergi.

Mulai sekarang jangan ragu menambahkan cranberry dalam pola makan harian, ya. Manfaat cranberry untuk miss V sangat bagus!

Mau tahu tips menjaga kesehatan vagina lainnya? Download aplikasi KlikDokter sekarang. Kamu juga bisa tanya dokter online untuk konsultasi lebih lanjut seputar vagina, gratis!

(FR/JKT)

buahVaginapH Vagina Normal

Konsultasi Dokter Terkait