Sukses

Manfaat Buah Cranberry untuk Kesehatan Vagina

Wanita perlu tahu cara menjaga kesehatan vagina. Nah, buah cranberry nyatanya dapat bermanfaat untuk “Miss V”. Simak ulasannya di sini.

Menjaga kebersihan dan kesehatan vagina sangat penting bagi wanita. Hal ini bertujuan agar fungsi vagina berjalan normal dan pH-nya tetap seimbang.

Untuk menjaga kesehatan vagina, asupan makanan perlu diperhatikan. Salah satu buah yang baik untuk vagina adalah cranberry. Apa manfaat buah merah asam tersebut? Yuk, ladies, simak ulasannya di sini.

 

1 dari 4 halaman

Pentingnya Menjaga Kesehatan dan pH Seimbang pada Vagina

Mengapa Anda perlu menjaga pH vagina agar tetap seimbang? Pasalnya, jika pH vagina dibiarkan tidak seimbang dalam waktu lama, maka bakteri dapat menyebabkan ketidaknyamanan, salah satu yang cukup berbahaya adalah infeksi saluran kemih.

Selain itu, pH vagina yang tidak seimbang dapat mengganggu keseimbangan flora normal di vagina. Akibatnya, kondisi tersebut dapat memicu keputihan tidak normal.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk menjaga keseimbangan pH vagina? Sebenarnya, vagina dapat membersihkan dan menyeimbangkan pH sendiri. Namun, ada beberapa cara lainnya yang dapat mendukung upaya tersebut, salah satunya lewat makanan.

Nah, buah cranberry dapat Anda jadikan andalan dalam menjaga kesehatan vagina.

Artikel lainnya: Menjaga Kesehatan Vagina dengan Konsumsi 7 Makanan Ini

2 dari 4 halaman

Nutrisi dan Manfaat Buah Cranberry untuk Kesehatan Vagina

Berikut ini beberapa kandungan di dalam buah cranberry yang baik untuk menjaga kesehatan vagina:

1. Sumber Antioksidan

Buah cranberry mengandung antioksidan yang tinggi dan senyawa yang mampu mencegah penyakit pada saluran kemih.

2. Kaya Vitamin A, C, dan E

Dokter Adeline Jaclyn mengatakan, cranberry kaya vitamin A, C, dan E serta zat besi. Berbagai kandungan tersebut mampu meningkatkan daya tahan tubuh secara keseluruhan.

3. Mencegah Terjadinya Infeksi Saluran Kemih

Sebuah penelitian menyebutkan, ekstrak cranberry dapat mencegah terjadinya penyakit infeksi saluran kemih.

Kadar asam pada ekstrak cranberry dianggap bisa melindungi saluran kemih berkat kemampuannya dalam mengubah sifat urine jadi lebih asam. Kondisi ini dapat menghambat perkembangbiakan bakteri E. coli secara alami.

Artikel lainnya: 7 Makanan yang Tepat untuk Wanita Menopause

3 dari 4 halaman

Tips Konsumsi Cranberry untuk Kesehatan Vagina

Sama seperti konsumsi buah lainnya, buah cranberry memang lebih baik dimakan utuh. Tapi, tidak masalah bila Anda memilih untuk minum jus cranberry.

Saran dari dr. Adeline, minumlah jus cranberry yang 100 persen asli dan tidak mengandung gula tambahan. Gula dapat mengganggu kesehatan vagina atau memperparah kondisinya.

Sampai saat ini, tidak ada penyakit khusus yang melarang konsumsi buah cranberry. Namun, karena buah ini memiliki rasa yang asam, maka perlu berhati-hati bila Anda memiliki keluhan kesehatan pada lambung.

Minumlah jus cranberry dalam batas yang wajar. Hentikan konsumsinya bila mengalami alergi.

Itu dia manfaat buah cranberry untuk vagina. Selain mengonsumsi buah tersebut, imbangi pula dengan makanan bergizi seimbang dan pola hidup sehat.

Bila Anda ingin konsultasi lebih lanjut ke dokter seputar kesehatan vagina, pakai Live Chat di KlikDokter.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar