Sukses

Mengenal Dokter Fertilitas dan Lingkup Keahliannya

Dokter fertilitas tak hanya membantu Anda untuk cepat hamil. Anda kondisi kesehatan lain yang bisa ditangani oleh dokter fertilitas. Apa saja?

Bagi Anda yang kesulitan untuk hamil dan ingin mewujudkan kehamilan, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter ahli fertilitas. Dokter ahli fertilitas punya kemampuan untuk mengatasi gangguan kesuburan mendasar dan mengobati masalah reproduksi. 

Apa yang dimaksud dengan dokter atau ahli fertilitas? Simak ulasannya berikut ini. 

 

1 dari 4 halaman

Keluhan yang Ditangani Dokter Fertilitas

Dokter yang ahli dalam bidang fertilitas terbagi menjadi dua: dokter spesialis kesuburan adalah ginekolog (spesialis kandungan) untuk wanita, dan ahli urologi untuk pria. Kedua dokter dengan bidang tersebut umumnya dapat menangani masalah kesuburan dan gangguan di organ reproduksi pria maupun wanita. Berikut informasi selengkapnya. 

1. Dokter Spesialis Kandungan

Dijelaskan oleh dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, dokter spesialis kandungan dapat memeriksa dan menangani masalah kesuburan wanita yang disebabkan oleh kondisi medis atau penyakit tertentu, seperti:

  • Gangguan Menstruasi

Gejala gangguan menstruasi dapat berupa siklus haid tidak teratur, belum juga haid di usia remaja, nyeri hebat saat haid, dan lainnya. 

  • Gangguan pada Sistem Reproduksi

Dokter kandungan dapat mengatasi kelainan yang terjadi di organ reproduksi wanita. Kelainan atau gangguan di organ reproduksi, seperti sindrom ovarium polikistik, kista di ovarium, radang panggul, atau infeksi menular seksual.

Artikel Lainnya: Ingin Cepat Hamil, Kenali Spesialis Kesuburan yang Tepat!

  • Gangguan Hormon

Gangguan hormon bisa menyebabkan masalah masalah seksual yang meliputi nyeri saat berhubungan intim, vagina terasa kering, dan gairah seksual wanita jadi menurun.

Tak hanya itu, gangguan hormon yang dialami wanita bisa berdampak kepada siklus menstruasi dan memengaruhi kondisi menopause. Gangguan hormon ini dapat disebabkan oleh cedera atau penyakit di bagian kelenjar. 

  • Kanker di Organ Reproduksi

Kanker rahim, kanker serviks, dan kanker ovarium, adalah kondisi serius yang dapat menyerang organ reproduksi wanita. Dokter kandungan spesialis fertilitas dapat membantu pasien kanker wanita untuk menjaga tingkat kesuburan.

Terkadang, dokter fertilitas akan bekerja sama dengan dokter spesialis onkologi guna melakukan pencegahan serta pemeliharaan sebelum pengobatan kanker yang berisiko mengancam kesuburan wanita dimulai. 

  • Membantu Program Hamil 

Dokter spesialis kandungan dapat membantu mewujudkan kehamilan. Nantinya, dokter dapat melakukan berbagai tes untuk melihat seberapa sehat organ reproduksi dan merawat kesuburan wanita dengan meresepkan obat-obatan tertentu. 

Dokter kandungan juga dapat membantu merencanakan kehamilan dengan  program inseminasi intrauterin atau IVF (in vitro fertilization). 

Artikel Lainnya: Diet Fertilitas bagi Wanita yang Ingin Hamil

2. Dokter Spesialis Urologi/Andrologi

Dokter kesuburan atau fertilitas pria dan wanita berbeda. Apabila pria ingin meningkatkan kesuburan atau mengatasi masalah kesuburan, dokter spesialis urologi atau andrologi adalah tujuannya. 

“Andrologi menangani gangguan hormon pria, ejakulasi dini, kemudian penyakit menular seksual, misalnya ada pembesaran vena di testis, dan penyakit reproduksi lainnya pada pria,” kata dr. Iqbal

Dokter Iqbal menjelaskan, spesialis andrologi juga menangani masalah reproduksi pria, seperti:

  • Disfungsi ereksi
  • Ketidaksuburan
  • Gangguan hormon
  • Masalah kualitas sperma
  • Ejakulasi dini
  • Cedera penis

Artikel Lainnya: Stres Memicu Ketidaksuburan 

2 dari 4 halaman

Kapan Waktu yang Tepat untuk Periksa ke Dokter Fertilitas

Segera ke dokter ahli fertilitas jika Anda mengalami beberapa kondisi ini.

  • Sulit hamil selama lebih dari enam bulan.
  • Pernah mengalami keguguran sebanyak dua kali atau lebih.
  • Ingin mewujudkan kehamilan dengan kondisi siklus tidak teratur atau infeksi menular seksual.
  • Pria atau wanita yang didiagnosis kanker namun ingin hamil dan memelihara kondisi kesuburannya.
  • Pria dan wanita yang ingin melakukan kontrasepsi permanen seperti tubektomi atau vasektomi.

Artikel Lainnya: Meningkatkan Kesuburan Pria dengan Nutrisi dan Aktivitas Fisik

3 dari 4 halaman

Bagaimana Memilih Dokter Ahli Fertilitas yang Tepat?

Tidak mudah untuk menangani kondisi fertilitas. Untuk itu, Anda harus menemukan dokter tepat untuk dapat mengatasi keluhan masalah kesuburan, berikut tipsnya.

  1. Pastikan untuk mencari informasi lengkap mengenai dokter fertilitas yang akan menangani Anda. Anda bisa menemukan referensi dokter fertilitas lewat situs pencarian, review dari aplikasi kesehatan, atau bahkan mengikuti saran dari kerabat. 
  2. Cari tahu apakah dokter yang akan dikunjungi berpengalaman untuk menangani masalah fertilitas. Lihat prosedur dan program yang dibuat oleh dokter, pastikan Anda cocok dengan rencana perawatan tersebut. 
  3. Masalah fertilitas sebagian besar meliputi organ intim atau kelamin. Oleh karena itu, Anda bisa memilih dokter berjenis kelamin pria atau wanita sesuai kenyamanan masing-masing. Kenyamanan sangat penting agar Anda dapat terbuka menceritakan masalah fertilitas yang dihadapi dan dokter pun bisa melakukan penanganan terbaik.
  4. Selanjutnya, pastikan rumah sakit atau klinik fertilitas memiliki peralatan medis yang lengkap, jaraknya tidak terlalu jauh dengan rumah, dan biayanya masuk ke dalam anggaran Anda.

Jadi sekarang sudah tahu, kan, keluhan apa saja yang ditangani oleh dokter fertilitas. Apabila ingin tahu informasi lanjut mengenai masalah kesuburan lainnya, baca terus artikel kesehatan di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT) 

1 Komentar