Sukses

Kaya Asam Folat, Ini Manfaat Jeruk Bali untuk Ibu Hamil

Jeruk bali yang menyegarkan memang bagus untuk kesehatan, tak terkcuali untuk ibu hamil. Ketahui manfaat jeruk bali untuk ibu hamil di sini.

Jeruk bali merupakan salah satu jenis jeruk yang cukup terkenal di Indonesia. Punya nama lain pomelo, jeruk ini umumnya berukuran besar. 

Bulir buahnya berwarna hijau atau kuning, dilapisi oleh kulit yang tebal dan berwarna hijau muda. Jeruk bali bisa tumbuh seukuran melon atau bahkan lebih besar.

Rasa jeruk bali cukup unik, yaitu manis dan asam. Buah ini mengandung beberapa vitamin, mineral, dan antioksidan yang bagus untuk kesehatan, tak terkecuali kehamilan.

Saat hamil, asupan buah merupakan salah satu hal penting. Nah, jeruk bali dapat menjadi opsi tepat untuk mendukung kesehatan ibu hamil.

1 dari 3 halaman

Kenali Nutrisi Jeruk Bali

Jeruk bali mengandung berbagai vitamin dan mineral, serta merupakan sumber vitamin C yang baik.

Melansir Healthline, 1 buah jeruk bali yang sudah dikupas (sekitar 21 ons atau 610 gram) mengandung:

  • Kalori: 231
  • Protein: 5 gram
  • Karbohidrat: 59 gram
  • Serat: 6 gram
  • Riboflavin: 12,6 persen dari Nilai Harian
  • Tiamin: 17,3 persen dari Nilai Harian
  • Vitamin C: 412 persen dari Nilai Harian
  • Tembaga: 32 persen dari Nilai Harian
  • Kalium: 28 persen dari Nilai Harian

Artikel Lainnya: Ragam Buah untuk Kesuburan Kandungan Agar Cepat Hamil

Satu buah jeruk bali mengandung vitamin C dan antioksidan yang bagus untuk memenuhi kebutuhan harian. Kandungan tersebut dapat meningkatkan kekebalan dan membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Kandungan vitamin dan mineral lain, termasuk kalium, di dalam jeruk bali membantu mengatur keseimbangan cairan dan tekanan darah.

2 dari 3 halaman

Manfaat Jeruk Bali untuk Ibu Hamil

Nah, berikut ini beberapa khasiat mengonsumsi jeruk bali untuk kehamilan yang bisa Anda dapatkan:

1. Tinggi Asam Folat

"Semua buah jeruk termasuk jeruk bali merupakan sumber asam folat yang baik. Asupan tinggi asam folat selama kehamilan sangat dianjurkan untuk mencegah risiko cacat lahir pada janin," ungkap dr. Theresia Rina Yunita.

2. Kaya Vitamin C

"Pomelo adalah sumber vitamin C yang bagus. Mengonsumsi buah jeruk bali segar atau sari buahnya merupakan cara yang bagus untuk memenuhi kebutuhan vitamin C selama kehamilan," sambung dr. Theresia. 

Vitamin C memang terkenal akan manfaat hebatnya dalam melindungi tubuh dari infeksi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh ibu hamil. 

Artikel lainnya: Berapa Banyak Kebutuhan Cairan Ibu Hamil? 

3. Mengurangi Sembelit

Selain itu, dr. Theresia mengungkapkan jeruk bali juga merupakan sumber serat yang baik. 

"Konsumsi jeruk bali dan buah jeruk lainnya secara teratur dapat memberi Anda serat yang sehat dan mengurangi keluhan sembelit yang umum dialami wanita hamil," terangnya.

4. Kesehatan Otot dan Saraf

Jeruk bali merupakan sumber kalium yang baik. Kandungan ini dapat menjaga kesehatan otot dan saraf. "Buah ini juga membantu menjaga tekanan darah bumil tetap normal," kata dr. Theresia.

Artikel Lainnya: Buah Terbaik untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

5. Tulang Kuat

Konsumsi jeruk bali selama kehamilan dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium tubuh yang terus meningkat selama kehamilan. Kalsium membantu memperkuat tulang dan kesehatan secara keseluruhan.

Pada dasarnya, semua buah jeruk mengandung nutrisi yang hampir sama. Baik jeruk bali maupun jeruk lainnya, Anda akan memperoleh nutrisi dan manfaat serupa.

Lebih baik, variasikan buah jeruk yang dikonsumsi selama kehamilan. Jadi, semua kandungan sehatnya bisa Anda dapatkan lebih maksimal.

Itulah beberapa manfaat jeruk bali untuk ibu hamil. Bila Anda ingin variasi buah lain yang segar dan menyehatkan untuk menu makanan harian, jeruk bali patut dicoba.

Cari tahu tips kehamilan sehat lainnya di KlikDokter. Anda juga bisa konsultasi lebih mudah ke dokter spesialis kandungan lewat Live Chat. Untuk mengontrol perkembangan kehamilan, gunakan Kalender Kehamilan.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar