Kehamilan

Tanda Anda Perlu Ganti Dokter Kandungan yang Lebih Cocok

Krisna Octavianus Dwiputra, 21 Des 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Dokter kandungan yang tepat dan mengerti keinginan Anda sangatlah penting untuk kelancaran kehamilan. Apa saja tanda-tanda perlu ganti dokter kandungan yang lain?

Tanda Anda Perlu Ganti Dokter Kandungan yang Lebih Cocok

Setiap ibu hamil pasti ingin mendapatkan dokter kandungan terbaik. Sebab, peran dokter kandungan menjadi salah satu hal krusial agar kehamilan berjalan baik.

Tapi, kadang dokter kandungan yang dipilih ternyata kurang memuaskan. Hal ini pun cukup umum terjadi pada beberapa wanita hamil.

Pemilihan dokter kandungan memang agak tricky. Bisa jadi satu dokter bagus untuk orang lain, tapi belum tentu cocok dengan kemauan Anda.

Agar tidak salah mengambil keputusan, kenali tanda-tanda yang membuat Anda mungkin perlu mengganti dokter kandungan dan cara menemukan penggantinya yang tepat!

Tanda-Tanda Perlu Ganti Dokter Kandungan

Ada beberapa hal yang dapat menandakan Anda perlu mengganti dokter kandungan yang lain, yakni:

  1. Sulit Diajak Berkomunikasi

"Kalau dokter tidak bisa diajak komunikasi atau tidak menjawab pertanyaan dan tidak menjelaskan kondisi ibu dan janin dengan baik, ganti dokter kandungan bisa dipertimbangkan," ungkap dr. Devia Irine Putri.

  1. Ibu Hamil Merasa Tidak Nyaman

Kenyamanan ibu adalah hal yang terpenting. Menurut dr. Devia, kalau ibu hamil sudah tidak nyaman dengan dokter tersebut karena berbagai macam faktor, boleh saja cari dokter yang lain.

  1. Sikap Dokter Dirasa Tidak Baik

"Jika sikap dokter terkesan buru-buru, sering mengalihkan topik, sering memaksa melakukan pemeriksaan yang tidak wajib misalnya tes genetik padahal tidak ada faktor risiko, atau menyuruh operasi caesar tanpa indikasi, maka bisa dipertimbangkan untuk ganti dokter," jelas dr. Devia.

Artikel lainnya: Melahirkan dengan Bantuan Bidan dan Dokter Kandungan, Ini Bedanya

  1. Terlalu Sibuk

Kalau dokter kandungan sudah membuat Anda menunggu berjam-jam karena terlalu sibuk, coba cari alternatif dokter lain yang tepat waktu dan tidak terlalu sibuk. Jadi, pemeriksaan bisa segera dilakukan dengan lebih lancar.

  1. Tidak Sopan

Sebagai calon ibu baru, wajar bila Anda memiliki banyak pertanyaan kepada dokter. Biasanya Anda pun akan punya pendapat sendiri bagaimana proses kehamilan dan kelahiran berjalan.

Jika dokter kandungan menolak untuk menjawab pertanyaan atau bersikap tidak hormat dan kasar kepada Anda, maka inilah saatnya untuk mencari dokter baru yang bisa bersikap lebih bijak dan sopan.

Pasalnya, dokter kandungan memang harus memberikan fakta dan nasihat dari sudut pandang medis. Namun, hal tersebut tetap harus disampaikan dengan baik dan objektif.

  1. Melupakan Detail Kehamilan atau Situasi Medis Anda

Ketika dokter kandungan tampak kesulitan mengingat detail kondisi kehamilan Anda, artinya mungkin ia tidak cukup perhatian dengan hal-hal tertentu yang penting.

  1. Mengabaikan Pandangan Anda

Seorang dokter yang baik pasti akan mendengarkan kekhawatiran  pasien dan akan bertindak sesuai kondisi tersebut. Akan tetapi, kalau dokter kandungan berlaku sebaliknya, sebaiknya cari yang lain.

Artikel lainnya: 6 Tips Memilih Dokter Kandungan yang Cocok untuk Calon Bumil

Tips Memilih Dokter Kandungan yang Tepat

Nah, daripada salah memilih dokter kandungan, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan dokter yang terbaik sejak awal, yakni:

Cari Referensi dari Berbagai Sumber

Menurut dr. Devia, mencari referensi tentang dokter kandungan bisa dilakukan lewat internet atau bertanya pada teman. Rekomendasi dari orang-orang sekitar bisa membantu dan perlu dipertimbangkan.

Pilih yang Memudahkan Anda

"Memilih dokter juga termasuk memilih rumah sakit atau tempat praktiknya. Pertimbangkan segala hal mulai dari jaraknya apakah dekat atau tidak dengan rumah sampai biayanya," jelas dr. Devia.

Cermati Keputusan Dokter

"Pertimbangkan keputusan-keputusan yang dibuat dokter saat konsultasi, misalnya tentang tindakan episiotomi, anestesi epidural pada persalinan normal, atau tindakan lainnya," kata dr. Devia.

Pilih yang Membuat Anda Nyaman

Menurut dr. Devia, ibu hamil harus nyaman saat berkonsultasi, tidak merasa terintimidasi, dan merasa puas dengan jawaban-jawaban yang diberikan dokter.

Sebab, hal-hal itu menjadi kunci bagi ibu hamil untuk mengetahui kondisi kehamilan dan mendapatkan jawaban atas kekhawatiran yang ada.

Itulah tips menemukan dokter kandungan yang tepat. Pastikan pilih yang cocok supaya kehamilan bisa berjalan dengan baik.

Ingin konsultasi ke dokter kandungan lebih praktis lewat smartphone? Pakai Live Chat KlikDokter. Anda juga bisa memantau perkembangan kehamilan lewat Kalender Kehamilan.

(FR/JKT)

Kehamilan

Konsultasi Dokter Terkait