Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Olahraga saat Pandemi, Jangan Lupa Jaga Kebersihan Tangan

Olahraga saat Pandemi, Jangan Lupa Jaga Kebersihan Tangan

Jangan lupa jaga kebersihan tangan saat berolahraga di luar rumah. Bawa dan gunakan hand sanitizer untuk cegah penularan virus corona.

Olahraga merupakan sebuah kebutuhan utama pada masa pandemi COVID-19ini. Mengapa? Ini karena salah satu cara untuk terhindar dari infeksi virus corona adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Hal itu hanya bisa didapat jika Anda menjalankan pola hidup sehat, salah satunya dengan rutin berolahraga.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa rutin olahraga dengan intensitas sedang, seperti bersepeda, berjalan, atau joging, dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Alhasil, kemampuan tubuh untuk melawan virus atau bakteri penyebab penyakit jadi semakin kuat.

Bahkan, bukan hanya manfaat untuk fisik saja, berolahraga juga membantu menjaga kesehatan psikis Anda.

Beberapa penelitian menunjukkan, meningkatnya aktivitas aerobik berhubungan erat dengan penurunan gejala depresi.

Begitu juga dengan latihan beban yang dapat membantu mengurangi munculnya gejala-gejala kecemasan.

Artikel Lainnya: Tips Olahraga Outdoor saat Saat Virus Corona

1 dari 3 halaman

Pentingnya Menjaga Kesehatan Tangan Saat Berolahraga

Sayangnya, berolahraga saat pandemi memiliki tantangan tersendiri. Untuk itu, Anda harus tahu tips berolahraga yang tepat saat pandemi.

Anda diminta untuk tetap mematuhi berbagai protokol kesehatan. Misalnya, seperti tetap menjaga jarak, menggunakan masker, dan sering mencuci tangan. Bahkan, jika tidak ada keperluan mendesak, kita diminta untuk tetap di rumah saja.

Apabila tetap ingin berolahraga di luar rumah, seperti joging dan bersepeda, cobalah untuk memulai sepagi mungkin untuk menghindari kerumunan. Selanjutnya, usahakan untuk bersepeda atau joging di daerah yang sepi ketimbang di tempat ramai.

Sebab, virus corona sangat mudah menyebar di keramaian. Jangan lupa untuk membawa masker berlapis dan Anda bisa menggunakannya ketika sedang berada di keramaian.

Artikel Lainnya: 5 Olahraga yang Sesuai untuk Pasien Corona

Memakai masker saat sedang berolahraga tidak direkomendasikan karena dapat menyulitkan Anda dalam bernapas sehingga mengganggu asupan oksigen ke dalam tubuh.

Walaupun dapat menular melalui udara, penularan virus corona juga dapat disebabkan melalui sentuhan tangan.

Ketika seseorang yang terinfeksi COVID-19 batuk, bersin, atau berbicara, droplet yang membawa virus corona bisa keluar dari mulut mereka.

Droplet bisa saja jatuh dan menempel di permukaan benda, seperti sepeda, kursi taman, gagang pintu, dan lainnya.

Oleh karena itu, upayakan untuk tidak menyentuh permukaan benda di luar rumah saat olahraga. Penelitian juga mengatakan bahwa virus corona dapat bertahan hidup kulit manusia, termasuk tangan, selama beberapa jam.

Ketika terdapat droplet di tangan, lalu Anda memegang wajah seperti hidung, mulut, atau mata, virus corona bisa masuk dan dengan mudahnya menginfeksi tubuh. Maka itu, menjaga kebersihan tangan saat olahraga di luar rumah sifatnya sangat penting!

Artikel Lainnya: Cegah Komplikasi COVID-19 dengan Nutrisi dan Olahraga

2 dari 3 halaman

Solusi Tangan Bersih saat Berolahraga

Sebagai cara menjaga kebersihan tangan sebelum, pada saat, dan setelah berolahraga, rajinlah untuk cuci tangan dengan air dan sabun. Tujuan cuci tangan untuk memastikan tidak adanya virus corona yang menempel di tangan.

Apabila tidak ada keran air dan sabun untuk mencuci tangan, pastikan Anda selalu mengantongi hand sanitizer. Agar lebih praktis dan efektif dalam menjaga kebersihan tangan,  Anda bisa menggunakan Saniter Hand Sanitizer Gel.

Saniter Hand Sanitizer Gel mengandung alkohol 70 persen dan Phenoxyethanol sebanyak  0,2 persen. Kedua zat tersebut bekerja sebagai double formula yang dapat membunuh virus dan kuman lebih cepat.

Ditambah, produk ini mengandung moisturizer yang membantu menjaga kelembapan dan mencegah kulit tangan jadi kering.

Tak hanya itu, hand sanitizer ini punya aroma lemon segar yang tahan lama dan aman apabila digunakan langsung untuk makan.

Saniter Hand Sanitizer Gel memiliki ukuran kemasan 50 ml, 230 ml (pump), 3,8 L (jeriken), dan pouch refill 200 ml.

Dengan harga ekonomis, kualitas terjamin, dan wanginya segar, Saniter Hand Sanitizer Gel adalah pilihan hand sanitizer yang tepat untuk dibawa pergi olahraga saat pandemi.

Apabila masih ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut tentang tips menjaga kesehatan dan kebersihan tangan saat pandemi, konsultasi dengan dokter via fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar