Sukses

Awas, Infeksi Saluran Kemih Bisa Bikin Pria Mandul!

Jangan abaikan infeksi saluran kemih. Kalau tak diatasi, bisa sebabkan kemandulan pria. Simak hubungan keduanya dan cara atasinya di sini.

Penyakit infeksi saluran kemih (ISK) sebenarnya jarang terjadi pada pria. Yang biasa mengalaminya adalah wanita. Karena, uretranya lebih pendek dan dekat dengan anus, sehingga mudah terinfeksi bakteri.

Namun, ketika hal itu sampai menyerang pria dan tidak segera diatasi, komplikasinya tidak main-main. Ya, ISK bisa sebabkan kemandulan pria!

 

1 dari 4 halaman

Penyebab dan Gejala Infeksi Saluran Kemih pada Pria

Sama seperti ISK pada wanita, penyebab dari penyakit ini adalah bakteri, salah satunya E. coli.

Pada pria berusia 50 tahun ke atas, risikonya akan lebih tinggi. Karena, biasanya beberapa penyakit sudah ada, seperti diabetes, batu ginjal, atau pembesaran kelenjar prostat.

Ketiga penyakit itu turut memperbesar potensi ISK pada pria. Bagi kaum adam yang pernah mendapatkan tindakan operasi saluran kemih dan menggunakan kateter, infeksi ini juga lebih mungkin terjadi.

Beberapa gejala ISK yang dapat dirasakan pria antara lain:

  • Nyeri saat buang air kecil dan ada sensasi terbakar.
  • Sering merasa ingin kencing, tapi urine yang dikeluarkan cenderung sedikit.
  • Nyeri perut bagian bawah, tepat di atas tulang kemaluan.
  • Kadang ada darah pada air kencing.

Nah, apabila infeksi saluran kemih sudah terlanjur menyerang ke ginjal dan prostat, gejalanya tak hanya itu, yakni meliputi:

  • Demam menggigil.
  • Mual dan muntah.
  • Nyeri di punggung dan testis.
  • Kelelahan.
  • Mulai susah buang air kecil.

Artikel Lainnya: Kenali Ciri-Ciri Pria Mandul

2 dari 4 halaman

Infeksi Saluran Kemih Bisa Jadi Penyebab Kemandulan Pria

Komplikasi kemandulan pada pria tentunya bukan tuduhan tanpa alasan. Dokter Alvin Nursalim, Sp.PD, mengatakan, “Kemandulan bisa saja terjadi bila infeksi sudah sampai memengaruhi buah zakar dan berbagai organ yang berhubungan dengan produksi sperma.”

Bakteri memang dapat menyebar ke kelenjar prostat dan struktur reproduksi lainnya. Akibatnya, jumlah dan kualitas sperma menjadi terganggu.

Hal itu makin diperparah bila pria menderita diabetes sebelumnya. Karena itulah, infeksi saluran kemih pada pria dengan faktor risiko tinggi tidak boleh dianggap sepele.

Saat merasakan ketidaknyamanan seperti yang disebutkan di atas, segera berobat ke dokter!

Kendati begitu, sebenarnya kemandulan ini tak cuma berlaku untuk pria. Wanita yang terkena ISK pun berpotensi mengalami hal serupa bila bakterinya terlanjur menyebar ke organ lain, seperti ginjal, hati, dan rahim.

Artikel Lainnya: Duh, Benarkah Kencing Nanah Bisa Sebabkan Mandul?

3 dari 4 halaman

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Sebelum ISK menimbulkan komplikasi kemandulan, dr. Alvin menyarankan untuk segera berobat ke dokter. Infeksi akan diatasi dengan pemberian antibiotik yang tepat agar bakterinya mati.

Patuhi dosis yang sudah diberikan. Jangan menghentikan sendiri pengobatan antibiotik. Sebab, bakteri bisa resisten dan penyakit jadi lebih susah diatasi.

Lalu, bagaimana dengan risiko kemandulannya? Apa sudah tidak bisa diatasi? Dokter Alvin menjelaskan, “Sebenarnya, itu tergantung dari tingkat kerusakan yang terjadi. Jika infeksinya segera teratasi, maka bisa jadi kesuburan pasien normal kembali.”

Selain terapi antibiotik, dokter biasanya juga menyarankan beberapa perubahan pola hidup.

Artikel Lainnya: Mengenal Klamidia, Penyakit yang Bisa Sebabkan Mandul pada Wanita

Contohnya, perbanyak konsumsi air putih dan hindari hubungan seks berisiko agar tidak ada penularan bakteri. Selain itu, langkah-langkah di bawah ini juga bisa membantu proses pemulihan:

  • Jaga kebersihan alat kelamin, apalagi sehabis buang air kecil. Jangan lupa keringkan dengan baik.
  • Hindari dulu kopi, teh, dan minuman beralkohol.
  • Hindari menahan kencing terlalu lama.
  • Gunakan pakaian dalam dan celana yang nyaman (tidak ketat dan panas).
  • Lebih rutin mengganti celana. Bila jarang dicuci, celana bisa jadi sarang bakteri yang kemudian dapat menginfeksi tubuh.
  • Saat buang air besar, bersihkan organ dari arah depan ke belakang, bukan sebaliknya. Jadi, bakteri di anus tidak pindah ke depan.

Itu dia penjelasan bahaya infeksi saluran kemih yang bisa sebabkan kemandulan pria.

Untuk pertanyaan seputar organ genital dan saluran kemih, konsultasikan kepada dokter lewat fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar