Sukses

Sempat Sembuh, Kenapa Meningitis Bisa Kambuh Lagi?

Lega rasanya bisa sembuh dari meningitis. Tapi, jangan kelewat senang dulu. Karena dikabarkan, penyakit yang menyerang otak ini ini bisa kambuh lagi.

Meningitis adalah penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, jamur, atau parasit. Penyakit radang selaput otak ini dapat berakibat fatal, karena dapat menyebabkan berkurangnya kemampuan mendengar, kerusakan otak, hingga kematian.

Anda pasti akan merasa lega saat berhasil sembuh dari penyakit tersebut. Namun, Anda diminta untuk tetap waspada dan hati-hati. Pasalnya, meningitis bisa kambuh lagi.

1 dari 4 halaman

Sekilas tentang Meningitis

Virus, bakteri, jamur, atau parasit penyebab meningitis bisa masuk ke tubuh lewat kontak jarak dekat dengan pasien lain atau lingkungan yang tidak bersih. Ditambah dengan daya tahan tubuh yang lemah, semakin tinggi pula risiko penularan penyakit tersebut.

Mikroorganisme penyebab meningitis bisa menyusup ke aliran darah, menyebar ke otak dan sumsum tulang belakang, hingga terjadi peradangan parah.

Apabila meningitis disebabkan virus dan bakteri, penyakit ini dapat ditularkan dari orang ke orang. Jika penyebabnya jamur atau parasit, meningitis tak bisa menular.

Virus dapat berpindah lewat batuk dan bersin, meski tidak berkontak. Sedangkan bakteri, ia hanya dapat berpindah apabila Anda sudah berkontak dekat dengan orang yang sakit terlebih dahulu.

Makin cepat diobati, makin besar pula kesempatan Anda sembuh. Pengobatan yang diberikan dokter tentunya tergantung dari penyebabnya.

Artikel Lainnya: Siapa Saja yang Perlu Vaksin Meningitis?

Meningitis yang disebabkan bakteri diobati oleh antibiotik dan mesti dirawat inap untuk mencegah kerusakan otak maupun komplikasi lainnya. Begitu pula dengan meningitis akibat jamur, obat antijamur akan diberikan dokter.

Sedangkan meningitis yang disebabkan oleh virus, biasanya penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya. Beberapa kondisi meningitis akibat virus juga perlu diobati dengan antivirus.

Lamanya pengobatan meningitis tergantung dari keparahan penyakit dan kondisi tubuh penderita.

2 dari 4 halaman

Penyebab Meningitis Bisa Kambuh Lagi

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, pada kenyataannya meningitis memang bisa kambuh lagi meski sebelumnya sudah dinyatakan sembuh.

“Kondisi tersebut disebut sebagai recurrent meningitis,” ucap dr. Dyah Novita.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan meningitis kambuh lagi adalah sebagai berikut:

1. Pengobatan Tidak Tuntas dan Kelainan Bawaan

Ketika meningitis akibat bakteri kambuh lagi, ada kemungkinan penyebabnya adalah pengobatan yang belum tuntas atau masalah yang tidak diperbaiki dengan optimal.

Meski jarang, meningitis kambuh lagi juga bisa disebabkan kelainan bawaan.

Jika meningitis bakterial berulang, dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan fisik dan rontgen, atau CT scan. Hal ini dilakukan untuk memeriksa cacat pada dasar tengkorak dan tulang belakang.

Tes darah juga bisa dilakukan untuk mengetahui ada/tidaknya kelainan bawaan pada sistem kekebalan tubuh. Setelah itu, obat antibiotik akan diberikan lagi beserta dengan obat-obat pereda gejala lainnya.

Artikel Lainnya: Bahaya di Balik Meningitis yang Diabaikan

2. Infeksi Virus Herpes Simpleks

Meningitis dapat pula kambuh lagi akibat virus herpes simpleks tipe 2 (HSV-2). Jenis recurrent meningitis yang satu ini disebut meningitis Mollaret.

Penderita meningitis Mollaret biasanya akan mengalami demam, sakit kepala, dan leher kaku selama 2-5 hari. Pengobatan bisa berupa pemberian antivirus asiklovir hingga pasien sembuh total.

3. Konsumsi Obat NSAID

Dilansir dari MSD Manual, Profesor Neurologi dan Ahli Saraf di Veteran Administration Hospital, AS, John E. Greenlee, mengungkapkan bahwa penggunaan obat-obat anti-inflamasi non-steroid (NSAID) atau obat lainnya juga bisa meningkatkan risiko recurrent meningitis.

Oleh karena itu, penting untuk tidak sembarangan mengonsumsi obat-obatan tanpa rekomendasi dan resep dari dokter.

4. Kista Otak Pecah

Apabila peradangan yang sebelumnya disebabkan oleh kista otak yang pecah, meningitis bisa kambuh lagi.

Artikel Lainnya: Cara Tepat Mencegah Penyakit Meningitis

3 dari 4 halaman

Cara Mencegah Kekambuhan Meningitis

Bicara soal cara mencegah kambuhnya meningitis, dr. Dyah Novita menekankan bahwa pasien harus melakukan gaya hidup sehat dan bersih.

“Olahraga rutin perlu dibiaskan dan dilakukan minimal 30 menit sehari. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi; serta cuci tangan dan rutin mandi juga tak boleh dilupakan,” saran dr. Dyah Novita.

Tidak cukup dengan itu, Anda juga sebaiknya tidak terlalu berdekatan dengan orang yang sedang sakit, apalagi sampai berbagi minum dan makan dengan orang tersebut. Hal ini bertujuan untuk mencegah infeksi ulang.

Untuk menurunkan risiko infeksi meningitis perlu diberikan vaksin haemophilus influenzae type B (Hib), vaksin meningokokus, dan vaksin pneumokokus. Saat masih bayi, vaksin MMR pun jangan sampai terlewat.

Kini Anda sudah tahu bahwa meningitis bisa kambuh lagi. Oleh sebab itu, pengobatan wajib dilakukan sampai tuntas, serta terapkanlah gaya hidup sehat dan bersih secara konsisten.

Bila masih ada pertanyaan seputar meningitis atau kekambuhan penyakit lainnya, jangan segan untuk berkonsultasi pada dokter melalui LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar