HomeInfo SehatKulit12 Manfaat Es Batu untuk Kecantikan Kulit
Kulit

12 Manfaat Es Batu untuk Kecantikan Kulit

dr. Sara Elise Wijono MRes., 08 Des 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Apa saja manfaat es batu untuk kecantikan kulit wajah? Yuk, simak di sini selengkapnya!

12 Manfaat Es Batu untuk Kecantikan Kulit

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kulit sehat dan cantik. Kamu bisa menggunakan skincare hingga melakukan ritual alami untuk mempercantik kulit. 

Nah, salah satu ritual alami yang disebut efektif mempercantik kulit adalah dengan menggunakan es batu ke kulit. 

Dengan membekukan air di freezer, es batu siap dijadikan bahan alami perawatan kulit wajah. Es batu memang banyak digunakan dalam berbagai metode penyembuhan penyakit, termasuk dalam perawatan kulit wajah. 

Di bawah ini manfaat es batu untuk kecantikan kulit yang perlu kamu tahu.

Manfaat Es Batu untuk Kecantikan Kulit

Meski es batu tidak memiliki kandungan nutrisi apa pun, tapi bahan ini bisa melembapkan dan mendinginkan kulit sehingga dapat mempercantik kulit wajah. Tidak percaya? Berikut beberapa manfaat es batu untuk kecantikan wajah: 

1. Meredakan Jerawat

Bukan sebagai obat, tapi efek es batu untuk wajah dapat meredakan jerawat yang meradang. Mengompres wajah pakai es batu, bisa meredakan kemerahan dan bengkak pada jerawat.

2. Mengecilkan Pori-Pori

Jika kamu membutuhkan uap panas untuk membuka pori-pori wajah, maka sebaliknya es batu bisa mengecilkan dan menutup pori-pori. Es batu juga bisa mengurangi penumpukan kotoran pada kulit wajah. 

Untuk memperoleh manfaat satu ini, cukup oleskan es batu setiap hari pada area kulit selama 2-5 menit di tiap sesinya. 

Artikel lainnya: Ampuhkah Hilangkan Jerawat dengan Es Batu?

3. Mengatasi Kulit Terbakar Matahari 

Manfaat es batu untuk kecantikan berikutnya adalah mengatasi sunburn pada kulit tubuh maupun wajah. Es batu bersifat dingin sehingga dapat meredakan rasa nyeri dan panas akibat kulit terbakar. 

Es batu juga bisa dicampur dengan aloe vera atau bahan lainnya yang juga efektif meredakan sunburn, seperti oatmeal

4. Meredakan Mata Bengkak 

Ada banyak penyebab mata terlihat bengkak, seperti kurang tidur, menangis, alergi, dan sebagainya. Untuk perawatan yang murah, kamu bisa menggunakan es batu. 

Kompres mata dengan es batu yang sudah dibalut kain atau handuk. Lakukan selama 10-20 menit di malam hari sebelum tidur. 

5. Meningkatkan Sirkulasi Darah 

Karena bersifat dingin, ketika es batu dioleskan ke wajah, maka sirkulasi darah pun bisa lebih lancar. Tanda-tanda aging atau penuaan pun bisa dikurangi dan dicegah. 

Artikel lainnya: Mengoleskan Es Batu ke Cacar Air Lebih Baik Daripada Menggaruk!

6. Mengatasi Gigitan Serangga 

Gigitan serangga pada kulit cukup mengganggu karena menimbulkan rasa gatal. Padahal, jika digaruk malah dapat menyebabkan luka.

American Academy of Dermatology (AAD) menyarankan penggunaan es batu untuk mengurangi gatal dan bentol akibat gigitan serangga.

7. Mengurangi Gatal Kulit 

Tidak hanya karena gigitan serangga, gatal juga dapat disebabkan oleh eksim, psoriasis, biduran, scabies, dan berbagai kondisi kulit lainnya.

Untuk pertolongan pertama pada kulit gatal, AAD menyarankan kompres dingin selama 10-15 menit hingga gatal hilang pada area kulit yang terganggu. Selain dengan es, kompres bisa pakai kain yang dibasahi air dingin.

8. Membantu Penyembuhan Luka 

Luka pada kulit bisa saja terjadi di area tubuh manapun. Manfaat es batu untuk kecantikan kulit dapat membantu penyembuhan luka. 

Kompres dingin dengan es batu dapat meredakan bengkak dan nyeri akibat kulit yang terluka.

Artikel lainnya: Benarkah Es Batu Bisa Sembuhkan Asam Urat?

9. Membantu Prosedur Filler 

Penggunaan filler untuk alasan kecantikan cukup populer akhir-akhir ini. Agar kamu merasa lebih nyaman saat proses penyuntikan filler, es batu dapat ditempelkan pada area suntikan untuk membuat bagian tersebut baal. 

Pengaplikasiannya sebelum prosedur dimulai. Setelah filler, es batu dapat membantu mengatasi efek samping sementara, seperti kemerahan, bengkak, atau nyeri.

10. Mencerahkan Wajah 

Manfaat es batu bagi kecantikan selanjutnya adalah mencerahkan wajah. Pemakaian es pada wajah dipercaya membantu mengurangi kerutan halus dan mengecilkan pori-pori. Wajah kamu pun terlihat lebih cerah dan bercahaya.

11. Mengatasi Kulit Berminyak

Penggunaan es batu untuk kecantikan wajah dipercaya dapat membantu mengatasi kulit yang berminyak. Walaupun khasiatnya belum dibuktikan secara ilmiah, es batu bisa jadi pilihan bagi kamu pemilik wajah berminyak yang mencari cara alami untuk mengatasi keluhan.

12. Mengurangi Mata Panda 

Mata panda sangat mengganggu penampilan. Kondisi ini memiliki banyak kemungkinan penyebab. Beberapa di antaranya adalah pembuluh darah vena berukuran besar di area bawah mata dan adanya kerutan di bawah mata. 

Penggunaan es batu dipercaya dapat membantu mengurangi mata panda.

Artikel lainnya: Sering Konsumsi Es Batu Balok, Ini Bahayanya

Tips Menggunakan Es Batu pada Kulit

Atasi Jerawat dengan Es Batu

Es batu untuk kecantikan wajah tidak hanya dibuat dari air yang dibekukan. Kamu juga bisa mengkreasikannya dengan membekukan air bersama berbagai bahan yang baik untuk kulit. Misalnya saja kopi dengan kandungan kafein yang memperlancar aliran darah atau teh hijau dengan kandungan catechin yang memiliki sifat antiviral dan antibakteri.

Meski aman digunakan ke kulit, penggunaan es batu tetap ada batasannya. Sebab, es batu bisa memicu alergi dingin dan membuat kulit jadi tidak sehat. 

Lalu, apa saja yang sebaiknya dihindari saat menggunakan es batu pada kulit? 

  • Jangan gunakan es batu terlalu sering, karena bisa menyebabkan alergi dingin pada kulit. Sebaiknya tetap utamakan produk perawatan kulit. Terlalu sering menggunakan es batu juga bisa membuat kapiler di bawah kulit pecah. Akhirnya, kulit bisa jadi lebih sensitif
  • Jangan gunakan es batu bila kamu memiliki alergi dingin. Hal ini bisa memicu kemerahan dan membuat kulit terasa lebih perih 
  • Es batu memang bisa mengurangi minyak pada wajah. Namun, jika dilakukan terlalu sering, maka es batu juga bisa menyebabkan kulit kering 
  • Jangan mencuci wajah hanya menggunakan es batu. Bahan ini bukan sabun cuci muka yang bisa membersihkan lapisan kulit secara menyeluruh 

Setelah tahu manfaat es batu untuk kecantikan kulit wajah, apakah kamu tertarik menggunakannya? Bijaklah menggunakan es batu untuk kulit agar manfaatnya lebih terasa. 

Konsultasikan dengan dokter kulit terlebih dahulu untuk mengetahui takaran aman pengaplikasian es batu untuk kulit wajah. Lebih praktis, pakai layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter, solusi #JagaSehatmu

(ADT/JKT)

Perawatan Kulit

Konsultasi Dokter Terkait