Sukses

Manfaat Es Batu untuk Kecantikan Kulit

Apa saja manfaat es batu untuk kecantikan kulit wajah? Yuk, simak di sini selengkapnya!

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kulit sehat dan cantik. Mulai dari penggunaan skincare hingga melakukan ritual alami, hal-hal tersebut bisa dilakukan untuk mempercantik kulit. 

Nah, salah satu ritual alami yang disebut efektif dalam mempercantik kulit adalah menggunakan es batu ke kulit. Benarkah? 

1 dari 3 halaman

Manfaat Es Batu untuk Kecantikan Kulit

Tidak butuh uang banyak, cukup bekukan air di freezer dan es batu pun siap dijadikan bahan alami perawatan kulit wajah. Ya, faktanya es batu memang banyak digunakan dalam berbagai metode penyembuhan penyakit, termasuk dalam perawatan kulit wajah. Hal ini pun dibenarkan oleh dr. Muhammad Iqbal Ramadhan

Meski tidak ada kandungan nutrisi apa pun dalam es batu, tapi bahan ini bisa melembapkan dan mendinginkan kulit. Nantinya, akan berpengaruh pada kecantikan kulit wajah. Tidak percaya? Berikut beberapa manfaat es batu untuk kecantikan wajah: 

  1. Meredakan Jerawat

Bukan sebagai obat, tapi es batu dapat meredakan jerawat yang meradang karena efek dinginnya. Dengan mengompres wajah dengan es batu, maka kemerahan dan bengkak pada jerawat bisa mereda. 

  1. Mengecilkan Pori-Pori

Jika Anda membutuhkan uap panas untuk membuka pori-pori wajah, maka sebaliknya es batu bisa mengecilkan dan menutup pori-pori. Es batu juga bisa mengurangi penumpukan kotoran pada kulit wajah. 

Anda cukup mengoleskan es batu setiap hari pada area kulit selama 2-5 menit tiap sesinya. 

Artikel Lainnya: Cara Mudah Mengatasi Kulit Terbakar Sinar Matahari

  1. Mengatasi Sunburn 

Manfaat lain es batu untuk kecantikan adalah mengatasi sunburn pada kulit tubuh maupun wajah. Es batu bersifat dingin dan dapat meredakan rasa nyeri dan panas akibat kulit terbakar. 

Es batu juga bisa dicampur dengan aloe vera atau bahan lainnya yang juga efektif meredakan sunburn, seperti oatmeal

  1. Meredakan Mata Bengkak 

Ada banyak penyebab mata terlihat bengkak, seperti kurang tidur, menangis, alergi, dan sebagainya. Untuk perawatan yang murah, Anda bisa menggunakan es batu. 

Cukup kompres mata dengan es batu yang sudah dibalut kain atau handuk selama 10-20 menit di malam hari sebelum tidur. 

  1. Meningkatkan Sirkulasi Darah 

“Karena bersifat dingin, ketika es batu dioleskan ke wajah, bisa meningkatkan sirkulasi darah lebih lancar. Tanda-tanda aging atau penuaan pun bisa dikurangi dan dicegah,” ujar dr. Iqbal. 

Artikel lainnya: Ampuhkah Hilangkan Jerawat dengan Es Batu?

2 dari 3 halaman

Tips Menggunakan Es Batu pada Kulit

Meski aman digunakan ke kulit, penggunaan es batu tetap ada batasannya. Sebab, es batu bisa memicu alergi dingin dan membuat kulit jadi tidak sehat. 

Lalu, hal apa saja yang sebaiknya dihindari saat menggunakan es batu pada kulit? 

  1. Jangan gunakan es batu terlalu sering, karena bisa menyebabkan alergi dingin pada kulit. Sebaiknya tetap utamakan produk perawatan kulit. 

Terlalu sering menggunakan es batu juga bisa membuat kapiler di bawah kulit pecah. Akhirnya, kulit bisa jadi lebih sensitif.

  1. Jangan gunakan es batu bila Anda memiliki alergi dingin. Hal ini bisa memicu kemerahan pada kulit dan membuatnya jadi lebih perih. 
  2. Es batu memang bisa mengurangi minyak pada wajah. Tapi, jika dilakukan terlalu sering maka es batu juga bisa menyebabkan kulit kering. 

  1. Jangan mencuci wajah hanya menggunakan es batu. Bahan ini bukan sabun cuci muka yang bisa membersihkan lapisan kulit sampai menyeluruh. 

Itulah beberapa manfaat es batu untuk kecantikan kulit wajah. Bijaklah dalam menggunakan es batu untuk kulit agar manfaatnya lebih terasa. Bila ingin konsultasi ke dokter seputar perawatan kulit, pakai Live Chat dari KlikDokter. Selamat mencoba!

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar