Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupPerawatan WanitaMinum Es saat Haid Bikin Darah Membeku, Mitos atau Fakta?
Perawatan Wanita

Minum Es saat Haid Bikin Darah Membeku, Mitos atau Fakta?

Klikdokter, 06 Sep 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Benarkah minum es saat haid dapat menyebabkan darah membeku ketika tengah menstruasi? Simak ulasannya berikut.

Minum Es saat Haid Bikin Darah Membeku, Mitos atau Fakta?

Haid atau menstruasi adalah salah satu tanda bahwa tubuh wanita sudah berkembang dan bisa hamil. Setelah wanita memasuki tahap menstruasi, setiap bulan ovarium akan melepaskan sel telur yang menjadi cikal bakal pembuahan. Proses ini dinamakan ovulasi.

Jika sperma masuk ke dalam rahim pada masa ovulasi dan berhasil membuahi sel telur, kehamilan dapat terjadi. Pada waktu bersamaan, kadar hormon mengalami perubahan guna mempersiapkan rahim untuk proses kehamilan.

Apabila tidak dibuahi, sel telur dan dinding rahim akan meluruh dan keluar dari tubuh. Kondisi ini yang disebut sebagai menstruasi atau haid.

Ada banyak faktor yang bisa bikin proses menstruasi lebih lancar atau di sisi lain justru terganggu. Salah satu mitos yang beredar di masyarakat adalah minum es saat haid dapat menyebabkan darah membeku sehingga menyebabkan menstruasi tidak lancar. Bagaimana faktanya?

Minum Es Menyebabkan Darah Membeku saat Haid?

Minum Air Dingin Bikin Ginjal Rusak, Benarkah?

Ternyata, anggapan minum air es saat haid menyebabkan pembekuan darah dan gangguan siklus menstruasi adalah mitos belaka.

Fakta sebenarnya siklus menstruasi wanita diatur dan dipengaruhi oleh keseimbangan hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh. Keseimbangan kedua hormon ini sangat dipengaruhi oleh kesehatan fisik dan psikologis. 

Minuman dingin tidak memengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh wanita maupun siklus menstruasi. Karenanya, minuman dingin tidak menghambat haid.

Nah, ada anggapan lain yang menyebut bahwa efek samping minum es saat haid bisa memperparah keram menstruasi. Sayangnya, hingga hari ini, belum ada bukti ilmiah mengenai masalah tersebut.

Jadi, Apakah Saat Haid Boleh Minum Es?

Wanita Minum Air Dingin

Jadi, apakah saat haid boleh minum es? Berangkat dari fakta di atas, dapat disimpulkan bahwa segelas minuman dingin yang menyegarkan cukup aman dikonsumsi, meski kamu berada dalam masa menstruasi.

Terlebih, tubuh manusia bisa mengatur suhu internal. Jadi, minum air es tidak dengan mudah mengubah suhu tubuh.

Ketika kamu minum air es, maka suhu minuman akan berubah seiring masuknya minuman ke dalam lambung. Organ lambung akan menyesuaikan suhu makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh.

Proses ini menyebabkan air dingin yang diminum tidak dapat memengaruhi pembekuan darah, karena suhunya sudah disesuaikan ketika masuk ke dalam lambung.

Karenanya, kamu tidak perlu lagi waswas apabila ingin minum es ketika haid. Pada dasarnya minuman dingin aman dikonsumsi walaupun sedang menstruasi.

Meski minuman dingin tidak memengaruhi haid, ada sejumlah minuman yang harus kamu hindari selama masa menstruasi. 

Artikel lainnya: Hindari Minum Teh Saat Haid, Ini Alasannya

Beberapa minuman yang harus dihindari selama haid, antara lain:

1. Alkohol

Minum alkohol secara berlebihan dapat memengaruhi jadwal menstruasi kamu. Bahkan, beberapa penelitian menduga minum alkohol selama haid bisa menyebabkan nyeri haid hebat.

2. Kopi

Kopi mengandung kafein dengan kadar yang cukup tinggi. Kafein dapat melemahkan katup sfingter, yaitu otot berbentuk cincin yang mencegah isi lambung berupa makanan, minuman, maupun asam lambung naik kembali.

Karenanya, minum kopi bisa bikin asam lambung kamu melonjak. Selain menyebabkan keluhan dada panas, peningkatan asam lambung saat menstruasi bisa memperparah nyeri haid.

3. Teh

Teh mengandung zat tanin yang terbukti dapat menghambat proses penyerapan zat besi di dalam tubuh. Konsumsi teh berlebih bisa bikin produksi sel darah merah terganggu.

Jika produksi sel darah merah terganggu saat haid, kamu bisa saja mengalami anemia defisiensi besi.

4. Soda

Saat haid, kamu mesti benar-benar membatasi diri untuk tidak konsumsi minuman yang mengandung soda. Pasalnya, minuman bersoda mengandung kafein dan gula yang cukup tinggi.

Kafein dan gula pada minuman bersoda bisa memperparah gejala haid yang kamu rasakan.

Kini, kamu tidak perlu lagi khawatir minum es saat haid. Minuman dingin tidak memengaruhi siklus menstruasi, apalagi menyebabkan pembekuan darah.

Meski begitu, #JagaSehatmu dengan tetap memperhatikan jenis minuman yang dikonsumsi selama menstruasi agar tidak memberikan efek buruk pada kesehatan diri sendiri.

Apabila kamu mengalami nyeri haid hebat akibat efek samping minuman tertentu, segera konsultasikan kepada dokter spesialis kandungan. Lebih praktis, pakai fitur tanya dokter di KlikDokter, aja!

Simak terus informasi lengkap seputar kesehatan wanita dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

(ADT/JKT)

Haid

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter