Sukses

Balita Cuek saat Namanya Dipanggil, Apa Ada Gangguan?

Si kecil suka tidak memberi respons kalau namanya dipanggil. Apakah ada gangguan kesehatan atau gangguan perkembangan serius?

Mungkin orang tua merasa gemas ketika memanggil nama si kecil tapi tidak dihiraukan sama sekali olehnya. Sekali dua kali mungkin tidak masalah, tapi kalau sudah sampai setiap dipanggil tidak menoleh, ortu harusnya khawatir.

Hal ini dialami oleh Rani (bukan nama sebenarnya). Ibu berusia 28 tahun itu merasa heran ketika anaknya yang berusia 3 tahun lebih tidak menoleh saat dipanggil oleh dirinya atau orang lain.

"Saya heran, sudah berusia 3 tahun lebih tapi kalau dipanggil tidak pernah menoleh. Asyik saja sendiri sama mainannya atau fokus sama hal lain. Saya pernah disarankan untuk cek kondisi anak ke ahlinya, takutnya terjadi apa-apa. Sampai saat ini memang belum, tapi nanti saya akan cek sambil saya latih terus," keluhnya. 

Lantas, kondisi apa yang menyebabkan anak tidak memberi respons saat namanya dipanggil? Untuk menjawab kegelisahan tersebut, simak pembahasan berikut ini, ya.

1 dari 3 halaman

Mengapa Balita Tidak Memberikan Respon Ketika Dipanggil?

Dirangkum dari beberapa sumber, anak yang tidak menjawab ketika namanya dipanggil bisa jadi tanda si kecil mengidap gangguan perkembangan.

Penelitian dari MIND Institute yang diterbitkan oleh Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine mengatakan, bayi usia satu tahun yang tidak merespons saat namanya dipanggil kemungkinan didiagnosis autisme atau gangguan perkembangan.

Pasalnya, perihal memanggil namanya saja sudah termasuk indikator tes sederhana untuk mendeteksi gangguan perkembangan anak. 

Sally Ozonoff, profesor psikiatri di MIND Institute dan penulis studi tersebut mengatakan, apabila diagnosis tersebut benar, nantinya autisme bisa dicegah agar tidak semakin parah.

Artikel Lainnya: Pentingnya Skrining Pendengaran pada Bayi Baru Lahir

Di sisi lain, Ikhsan Bella Persada, M.Psi., punya pendapat berbeda. Menurutnya, anak yang tidak memberikan respons saat namanya dipanggil tidak bisa langsung didiagnosis mengalami masalah serius.

"Sebenarnya kita tidak bisa langsung pastikan anak ini mengidap gangguan atau tidak. Misalnya, seperti anak usia 1-2 tahun, kalau kita panggil tidak langsung respons, bisa jadi dia belum mengenali suara tersebut, makanya tidak menoleh," jelas Ikhsan.

Ketika anak usianya sudah lebih besar, umumnya kondisi tersebut bisa didiagnosis dengan mudah. Ikhsan juga menerangkan, masalah tidak menyahut saat dipanggil tidak melulu autisme. 

"Kalau sudah agak besar tapi kita panggil diam saja atau dia tidak membalas, bisa juga dia mengalami speech delay. Selain itu, perhatikan juga masalah fisiknya, apakah ada masalah atau tidak di pendengarannya, ini bisa dicek ke dokter," ujarnya. 

Artikel Lainnya: Gangguan Motorik Halus pada Anak yang Perlu Bunda Kenali

2 dari 3 halaman

Tips Menangani Anak yang Cuek Saat Dipanggil

Kondisi ini sebenarnya bisa diatasi pelan-pelan alias tidak boleh buru-buru. Anak bisa dilatih agar bisa merespons saat namanya dipanggil. Menurut psikolog Ikhsan, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  • Coba pancing anak dengan satu panggilan saja. Tujuannya biar tahu kalau panggilan itu memang ditujukan kepadanya.
  • Kemudian, orang tua harus jadi contoh yang baik. Coba ortu tunjukkan ketika anak memanggil kita, kita juga langsung respons dengan baik.
  • Biasakan untuk tidak memanggil anak dengan teriak.
  • Sebisa mungkin hampiri anak ketika memanggil mereka, jadi jangan memanggil dari jauh begitu saja, biar anak tahu kepada siapa dia sedang berbicara.
  • Periksa ke dokter, khawatir ada masalah pendengaran atau periksa juga apakah ada masalah dalam keterlambatan bicara.

Kondisi anak yang tidak mau dipanggil atau tidak mau menoleh memang cukup membuat orang tua cemas. Oleh karena itu, Anda bisa periksa ke dokter untuk tahu kondisi anak lebih lanjut. 

Sedangkan untuk mengetahui berbagai informasi kesehatan anak lainnya atau tips parenting yang cocok untuk si kecil, baca terus artikel di aplikasi Klikdokter

(OVI/AYU)

1 Komentar