Sukses

Obat Alami untuk Meredakan Sakit Tipes

Kalau sudah kena tipes, Anda butuh pemulihan yang lama. Untuk membantunya, cobalah deretan obat tipes alami berikut ini.

Penyakit tipes adalah salah satu kondisi yang sering dialami masyarakat. Penyakit ini mudah menyerang Anda bila makan sembarangan dan tidak menjaga kebersihan diri.

Namun, jangan khawatir, ada beberapa obat alami yang bisa meredakan sakit tipes. Apa saja obat tipes alami itu? Dan apakah aman dikonsumsi bagi tubuh? Simak apa kata dokter lewat ulasan ini. 

1 dari 4 halaman

Penyebab dan Gejala Penyakit Tipes

Tipes atau demam tifoid adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, termasuk anak-anak dan orang dewasa. 

Bakteri penyebab tipes bisa menular lewat makanan, air kotor, atau feses manusia. Ketika bakteri Salmonella masuk ke dalam tubuh, ia menginfeksi sistem pencernaan dan menyebabkan gejala khas seperti demam muncul.

Dalam kebanyakan kasus, gejala tipes muncul dalam satu hingga dua minggu setelah tubuh terpapar bakteri. Berikut gejala yang dapat terjadi:

  • Demam mencapai 40,5 derajat Celsius
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot
  • Berkeringat
  • Batuk kering
  • Tidak nafsu makan 
  • Berat badan turun drastis
  • Sakit perut
  • Diare atau buang air besar cair
  • Badan lemah

Artikel Lainnya: 4 Bahaya Tetap Bekerja Saat Tipes

2 dari 4 halaman

Obat Tipes Alami yang Ada di Rumah

Berikut adalah beberapa bahan alami di rumah yang diyakini bisa menjadi obat 

Sakit tipes:

1. Cengkeh

Cengkeh merupakan rempah yang punya banyak manfaat kesehatan. Untuk membantu mengobati gejala tipes, Anda bisa menggunakan cengkeh yang sudah diolah menjadi minyak. 

Kandungan minyak cengkeh dipercaya punya sifat antibakteri yang bisa membantu tubuh melawan mikroba, termasuk bakteri Salmonella

2. Bawang Putih

Bawang putih adalah bahan masakan dikenal mengandung sifat antimikroba. Karena zat tersebut, bawang putih diyakini dapat menjadi obat alami yang membunuh bakteri penyebab tipes.

Menanggapi ini, dr. Dyah Novita Anggraini menegaskan, "Cengkeh dan bawang putih, mungkin bisa. Tapi ingat, dosis tepatnya tidak ada. Cengkeh dan bawang putih itu obat rumahan saja untuk membantu, tapi bukan standar pengobatan." 

3. Oralit

Orang sakit tipes punya gejala diare yang bikin badan lemas karena kekurangan cairan. Untuk mencegah dehidrasi akibat buang air besar cair terus menerus, Anda bisa minum cairan oralit. 

Cairan oralit terbuat dari bahan sederhana seperti gula dan garam untuk membantu mengatasi cairan tubuh yang hilang. 

Untuk lebih amannya, Anda bisa membeli bubuk oralit yang tersedia di apotek. Anda juga bisa minum jus buah segar tanpa gula untuk meredakan dehidrasi saat sakit tipes. 

Artikel Lainnya: Saat Tifus, Hindari 7 Makanan dan Minuman Ini

3 dari 4 halaman

Hanya Obat Dokter yang Ampuh Atasi Tipes

Seperti yang telah disinggung dr. Dyah Novita di atas, semua pengobatan alami sakit tipes hanya bersifat pendukung penyembuhan. Bahan alami bukan pengobatan utama untuk penyakit apapun. 

Untuk menangani tipes, Anda sebaiknya berobat ke dokter. Nantinya, dokter akan memberikan obat antibiotik dengan dosis yang sesuai kondisi masing-masing. 

"Obat tipes alami itu tidak sesederhana yang dipikirkan. Misalnya, seperti cengkeh atau bawang putih. Obat antibakteri saja butuh pengobatan satu minggu," ungkap dr. Dyah Novita Anggraini. 

"Lagipula, tipes itu cirinya menginfeksi usus. Walaupun dikasih obat, seperti antibiotik, bakteri tidak akan mati, ada beberapa yang masih menempel di usus, tapi sifatnya istirahat. Tapi, suatu waktu pada saat orang kecapekan dan makan tidak teratur, itu akan kambuh lagi," sambungnya.

Nah, kini Anda sudah tahu, kan, bahwa tipes harus diobati dokter. Obat-obatan alami tersebut bisa saja Anda konsumsi, namun idealnya cara pakai, dosis, serta takarannya, tetap dikonsultasikan ke dokter. 

Apabila masih ada pertanyaan lebih lanjut tentang obat tipes medis atau alami, Anda bisa konsultasi langsung dengan dokter lewat fitur Live Chat di aplikasi Klikdokter

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar