Kulit

Mengobati Biduran dengan Lidah Buaya, Efektifkah?

dr. Devia Irine Putri, 23 Mei 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Meski tidak berbahaya, biduran sebabkan rasa gatal yang luar biasa. Lantas, bisakah pakai lidah buaya untuk mengatasi biduran? Ini jawabannya!

Mengobati Biduran dengan Lidah Buaya, Efektifkah?

Biduran atau dalam medis disebut urtikaria, adalah reaksi tubuh berupa bentol-bentol di kulit akibat pajanan sesuatu. Pemicunya bisa bervariasi, antara lain udara dingin, makanan, ataupun obat-obatan tertentu. 

Meski dapat mereda dalam beberapa hari, kondisi ini sangat mengganggu karena menimbulkan rasa gatal yang parah. Belum lagi munculnya bentol merah, bisa mengganggu penampilan kulit. 

Untungnya, kondisi ini bisa diatasi dengan obat antihistamin. Namun, beberapa orang memilih menggunakan bahan alami untuk mengobati biduran, seperti lidah buaya. Lantas, apakah efektif?

Apakah Lidah Buaya Bisa Mengatasi Biduran? 

Lidah buaya atau dikenal dengan aloe vera, banyak dijumpai di wilayah beriklim tropis dan berudara kering, termasuk Indonesia. Getah lidah buaya yang bening, kental, dan lengket sejak lama digunakan sebagai obat oles untuk luka bakar.

Di samping itu, masyarakat juga memanfaatkan getah lidah buaya sebagai obat alami untuk biduran. Alasannya, karena lidah buaya mengandung senyawa antiradang yang mampu meredakan kemerahan. 

Tidak hanya itu, lidah buaya juga memberikan efek dingin pada kulit yang bisa membantu meredakan rasa gatal akibat biduran. Mengoleskan gel lidah buaya bisa membuat pengidap biduran yang sedang kambuh jadi lebih nyaman dalam beraktivitas.

Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Biduran

Cara mengaplikasikan lidah buaya untuk mengatasi biduran cukup mudah. Kamu bisa menggunakan getah lidah buaya langsung atau menggunakan gel aloe vera yang banyak dijual di pasaran.

Ambil gel secukupnya, lalu oleskan pada kulit yang mengalami biduran. Kemudian, tunggu selama beberapa menit, dan biarkan kulit menyerap kandungan dari gel lidah buaya. Ulangi mengoleskan lidah buaya beberapa jam sekali. 

Secara umum, lidah buaya dalam bentuk getah atau gel yang dijual di pasaran aman untuk digunakan seluruh jenis kulit. Namun, jika kamu memiliki alergi terhadap lidah buaya atau kulit sensitif sebaiknya urungkan niat kamu untuk menggunakannya.

Meski jarang, aloe vera bisa menyebabkan iritasi, ruam kulit, disertai rasa gatal.. Untuk menghindarinya, kamu bisa melakukan tes kecil sebelum mengaplikasikan lidah buaya di kulit. 

Caranya, oleskan sedikit gel lidah buaya pada punggung tangan, lalu diamkan selama seharian. Lalu lihat adakah reaksi pada kulit dalam rentang waktu tersebut. Kamu harus menghentikan penggunaan lidah buaya jika muncul ruam dan gatal pada kulit yang dioleskan gel.

Segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat jika kamu mengalami kondisi berikut:

  • Sesak napas
  • Bengkak pada mata, mulut, atau bagian tubuh lainnya
  • Penurunan kesadaran

Pemeriksaan ke dokter perlu juga kamu lakukan, jika penggunaan lidah buaya untuk biduran tidak meringankan gejalanya. 

Konsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin bisa kamu lakukan lebih mudah menggunakan fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter. Dapatkan berbagai informasi kesehatan untuk bantu #JagaSehatmu di aplikasi KlikDOkter.

(APR/NM)

Biduran

Konsultasi Dokter Terkait