Sukses

Benarkah Penyakit Lupus Sebabkan Kebotakan Rambut?

Belum banyak diketahui, dampak lupus bisa menyebabkan rambut rontok hingga kebotakan. Bagaimana rambut rontok karena lupus? Simak di sini.

Rambut rontok adalah salah satu permasalahan yang jamak dialami. Pemicunya bisa banyak, seperti kekurangan gizi, pemakaian sampo yang tidak cocok, infeksi jamur, hingga kemoterapi.

Nah, yang tak banyak diketahui, rambut rontok juga bisa disebabkan oleh penyakit lupus.

Bukan tak mungkin, jika dibiarkan, dampak lupus bisa menyebabkan kebotakan dini pada penderita. Bagaimana rambut rontok karena lupus? Yuk, simak di sini.

1 dari 3 halaman

Lupus Sebabkan Kerontokan

Penyakit lupus atau Sistemik Lupus Eritematosus (SLE) adalah kondisi peradangan kronik karena sistem imun menyerang jaringan dan sel tubuh sendiri.

Lupus bisa menyerang berbagai sistem organ, termasuk persendian, kulit, ginjal, sel darah, otak, jantung, dan paru-paru.

Salah satu jenis penyakit autoimun ini dikenal sebagai penyakit seribu wajah karena sulit dideteksi oleh dokter.

Menurut dr. Alvin Nursalim, Sp. PD., gejala lupus sangatlah bervariasi sehingga sulit untuk mendeteksi penyakit autoimun yang satu ini.

Tak hanya itu, gejala yang ditimbulkan juga hilang timbul dan menyerupai tanda penyakit lainnya.

Lantas, bagaimana bisa rambut rontok karena lupus? Dokter Alvin mengatakan, kerontokan ini tidak terjadi secara langsung, melainkan bertahap.

Adanya proses peradangan pada tubuh bisa menyebabkan rambut di kulit kepala jadi menipis. Bahkan dalam beberapa kasus, kerontokan juga bisa terjadi pada alis, bulu mata, maupun jenggot.

Artikel Lainnya: 7 Masalah Kesehatan Ini Berkaitan dengan Penyakit Lupus

“Bila peradangan menyebar dan berkembang di kulit kepala, rambut bisa jadi korbannya, meski tidak ada bekas luka. Kerontokannya memang tidak terjadi secara permanen. Tapi penipisannya bisa terjadi secara luas dan lebih mudah terjadi pada bagian garis kepala,” kata dr. Alvin.

Selain akibat dari peradangan, ada lagi beberapa penyebab rambut rontok pada penderita lupus, yaitu:

  • Adanya Lesi Bekas Luka 

Dilansir Mayo Clinic, rambut rontok juga bisa disebabkan oleh penyakit lupus jenis discoid.

Dijelaskan dr. Alvin, lupus jenis diskoid memang secara khusus menyerang jaringan kulit.

Kondisi tersebut bisa menyebabkan ruam-ruam pada area kulit kepala, hingga akhirnya menyebabkan kerontokan.

“Kerontokan rambut pada penderita lupus memang tidak permanen. Jika kerontokan karena lupus jenis discoid, peluang rambut tumbuh kembali seperti semula tidak sebesar jenis lupus lainnya,” dia menuturkan.

“Lesi yang membekas pada rambut akan merusak folikel sehingga akan menyebabkan kerontokan terus-menerus,” kata dr. Alvin lagi.

  • Pengaruh Obat-obatan

Obat-obatan yang dikonsumsi penderita lupus juga dapat menyebabkan kerontokan rambut Anda. Kabar baiknya, efek samping tersebut akan berhenti ketika proses pengobatan selesai.

Anda tidak perlu cemas karena rambut akan kembali tumbuh setelah proses pengobatan berakhir.

Artikel Lainnya: Penyebab Penyakit Lupus Belum Diketahui, Ini 5 Pemicunya

2 dari 3 halaman

Bagaimana Menangani Kebotakan Akibat Lupus?

Agar kondisi rambut rontok tidak terlalu parah, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menangani kebotakan akibat penyakit seribu wajah.

  • Hindari paparan sinar matahari. Matahari dapat memicu flare lupus dan lesi diskoid. Lindungi kulit dan kepala Anda saat berada di luar ruangan. Kenakan topi dan gunakan tabir surya.
  • Tanyakan pada dokter apakah ada obat yang digunakan bisa diganti, agar efeknya tidak menyebabkan kebotakan rambut.

Jangan ganti sendiri obat yang Anda konsumsi. Konsultasikan dulu pada dokter yang menangani Anda.

  • Makan makanan yang sehat. Pola makan yang kaya buah dan sayuran dapat memperlambat kerontokan rambut.

Biasanya, dokter akan meminta untuk memperbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, D, zat besi, dan biotin.

  • Minum vitamin untuk membantu memperkuat akar rambut. Biasanya vitamin yang dianjurkan adalah yang mengandung biotin, vitamin C, vitamin D, dan zat besi.
  • Cobalah untuk kelola stres dengan baik. Miliki juga waktu tidur yang cukup setiap hari. Anda juga bisa melakukan yoga atau peregangan yang baik untuk menenangkan tubuh dan pikiran.
  • Hindari berlebihan menata rambut. Misalnya mencatok rambut, menggunakan hair dryer, dan cat rambut.

Meski tidak semua, rambut rontok karena lupus bisa bertahan lebih lama dan permanen jika tidak diatasi dengan benar. Anda juga tak perlu sungkan mengonsultasi keluhan yang dialami pada dokter.

Jika masih ada pertanyaan seputar lupus atau penanganan rambut rontok, konsultasikan pada dokter via LiveChat 24 Jam.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar