Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Jangan Cemas, Ini Obat Diare Alami Anak untuk Pertolongan Pertama

Jangan Cemas, Ini Obat Diare Alami Anak untuk Pertolongan Pertama

Sejumlah bahan alami ternyata memang dapat digunakan sebagai obat diare. Apa saja obat diare anak alami yang mudah ditemukan itu? Cek di sini, Bun!

Demam, batuk pilek, dan diare mungkin menjadi gangguan kesehatan yang sering kali menyerang anak-anak.

Bicara soal diare, orang tua umumnya bingung harus memberikan apa untuk anaknya karena takut akan memperburuk pencernaan buah hatinya.

Kendati begitu, Anda tak usah khawatir. Di bawah ini, akan dijelaskan soal obat diare anak alami. 

1 dari 3 halaman

Penyebab Diare pada Anak

Sebelum itu, ada baiknya Anda kenali dulu sederet penyebab diare pada anak supaya kondisi tersebut dapat dicegah dan tidak terlalu sering terjadi. Adapun sejumlah penyebab munculnya gejala tersebut, antara lain:

  • Anak Sering Memasukkan Benda ke Mulut

Semakin banyak benda yang sering dia masukkan ke mulut, makin besar pula risiko dia untuk terinfeksi virus atau bakteri dari benda tersebut. Orang tua wajib menjaga kebersihan mainan dan benda-benda yang sering ia genggam. 

  • Jajan Sembarangan

Jajan memang identik dengan anak-anak. Begitu lihat gerobak jajanannya datang, langsung deh uang saku di kantong celana dikeluarkan.

Namun hati-hati, makin sering ia jajan, apalagi membeli makanan dari tempat yang kebersihannya tidak terjaga, makin besar pula risikonya untuk diare, bahkan kena demam tifoid

  • Lupa Cuci Tangan 

Membiasakan diri untuk selalu cuci tangan sehabis bermain atau habis pakai toilet pada anak memang masih sulit. Kendati begitu, itulah yang kadang bikin kuman masuk ke dalam tubuhnya, terutama saat makan. 

  • Intoleransi Laktosa

Tak semua anak bisa mencerna laktosa. Ini adalah gula alami dalam susu, jumlahnya terbilang banyak.

Pada anak yang kekurangan enzim lipase di tubuhnya, maka dia akan susah untuk mencerna laktosa dari susu. Alhasil, si anak akan mengalami kembung, mual muntah, dan diare. 

  • Status Gizi yang Kurang Baik 

Anak yang kekurangan gizi biasanya tubuhnya mudah sekali terserang infeksi. Daya tahan tubuhnya pun buruk, sehingga mudah terserang kuman. Akibatnya, dia jadi sering diare dan status gizinya pun semakin memburuk. 

Artikel Lainnya: Jangan Bingung, Ini Langkah Pertama Mengatasi Anak Diare

2 dari 3 halaman

Berikan Ini sebagai Cara Mengobati Diare Anak secara Alami

Kabar baiknya, Anda boleh memberikan obat diare alami sebagai pertolongan pertama. Namun tak boleh sembarangan, hanya ada beberapa yang benar-benar direkomendasikan oleh dokter.

Selain itu, orang tua memang sebaiknya tidak memberikan obat yang sifatnya langsung menghentikan diare itu sendiri.

Ya, dr. Devia Irine Putri mengatakan, “Kalau diare pada anak, umumnya kami tidak langsung menghentikannya dan tidak memberikan obat yang sifatnya menghentikan. Karena kebanyakan diare pada anak adalah infeksi virus.”

“Infeksi tersebut membuat dinding usus itu rusak. Jadi, diberikanlah obat-obatan yang memang memperbaiki vili dinding usus mereka. Salah satunya dengan probiotik (yoghurt) dan zinc. Antibiotik hanya diberikan kalau memang terbukti ada infeksi bakteri,” ucapnya lagi.

Sebelum ke dokter, Anda pun bisa memberikan obat alami seperti berikut:

1. Pisang

Pisang mengandung potasium yang dapat menggantikan cairan elektrolit yang terbuang. Lalu, kandungan pectin atau serat soluble-nya dapat membantu menyerap cairan di dalam usus dan menjaga pergerakan usus.

Inulin di dalam pisang juga merupakan zat prebiotik yang dapat meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus si kecil. 

2. Daun Jambu Biji

Pemberian daun jambu biji juga diperbolehkan oleh dr. Devia. Anda bisa menumbuk beberapa lembar daun tersebut hingga halus, lalu tambahkan ke daun yang sudah ditumbuk dan saring ampasnya.

Minumkan air daun jambu biji tersebut sedikit demi sedikit hingga gejalanya membaik. 

Artikel Lainnya: Anak Diare, Bolehkah Minum Susu?

3. Yoghurt

Bila penyebabnya bukanlah intoleransi laktosa, Anda bisa memberikannya yoghurt. Sebisa mungkin yoghurt yang diberikan adalah yogurt plain tanpa tambahan pemanis buatan karena pemanis tersebut dapat memperparah diare pada anak.

Jika anak tak mau karena terlalu asam, Anda dapat memberikan sedikit gula pasir. 

4. Air Kelapa 

Saat diare, tubuh anak rentan dehidrasi. Karena itulah dia membutuhkan asupan cairan yang lebih banyak dari biasanya. Selain air putih dan oralit, Anda bisa memberikan air kelapa.

Air kelapa sendiri mengandung potasium 4 kali lebih banyak daripada pisang. Jadi, kalau anak Anda tidak mau makan pisang, air kelapa bisa jadi solusinya. 

5. Kentang Tumbuk

WHO dan UNICEF merekomendasikan zinc untuk mengatasi diare pada anak. Pada balita diare akut, suplemen zinc dapat diberikan selama 10-14 hari.

Sedangkan, untuk bayi di bawah 6 bulan, suplemen zinc diberikan 10 mg per hari dan balita 20 mg per hari. Nah, salah satu makanan alami yang kaya akan zinc adalah kentang. 

Anda dapat membuatkannya kentang tumbuk (mashed potato). Memberikannya dengan telur atau daging sapi yang dicincang halus juga bisa menambah asupan zinc. Beri makan secara perlahan dan hindari memberikannya sayur dan buah lain dulu.

Itu dia obat diare anak alami yang bisa dengan mudah Anda temukan dan buat sendiri di rumah sebagai pertolongan pertama.

Bila masih ada pertanyaan seputar cara mengobati diare anak secara alami, konsultasikan pada dokter lewat fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar