Sukses

Wajib Tahu, Ukuran Tubuh Ideal Belum Tentu Tubuh Sehat

Semua orang berlomba-lomba untuk punya berat badan ideal Namun, apa dengan punya berat badan sudah pasti sehat? Simak jawaban dokter lewat pembahasan berikut.

Siapa, sih, yang tidak mau punya berat badan ideal? Semua orang pasti ingin memilikinya. Mulai dari mengatur pola makan, olahraga, menjadi vegetarian, tidak ngemil, semuanya dilakukan agar punya berat badan ideal.

Sayangnya, banyak yang menganggap kalau dengan memiliki berat badan ideal itu sudah dikatakan sehat.

Namun, apakah berat badan yang ideal itu sudah bisa dipastikan secara keseluruhan tubuhnya sehat? Untuk tahu jawaban lengkapnya, mari simak apa kata dokter lewat ulasan berikut ini.

1 dari 3 halaman

Berat Badan Ideal Menandakan Tubuh yang Sehat?

Orang ingin mencapai berat badan (BB) ideal dengan harapan bisa terhindar dari berbagai penyakit. Ini karena berat badan berlebih identik dengan risiko terkena penyakit kronis seperti diabetes atau penyakit jantung.

Namun, dr. Devia Irine Putri mengatakan, punya BB ideal belum tentu tubuhnya pasti sehat. Pasalnya, bisa saja orang yang kurus punya kadar lemak berlebih.

"Belum tentu sehat kalau berat badannya ideal. Kalau misalnya kadar lemak tubuhnya dia tinggi, ya, sama saja jadi berbahaya. Jadi, tampilan badannya ideal, tapi lemak tubuhnya tinggi," ungkap dr. Devia Irine.

Hal ini juga berlaku bagi mereka yang punya berat berlebih. Bisa jadi mereka ternyata sehat. Akan tetapi, tubuh gemuk sejauh ini memang berisiko tinggi bagi kesehatan.

Orang gemuk juga harus dilihat Indeks Massa Tubuhnya (IMT). Apabila IMT-nya masih normal, berarti itu baik, namun kalau berlebih, itu berbahaya.

Seseorang yang fisiknya sehat biasanya memiliki fungsi tubuh yang maksimal. Selain itu, orang sehat bukan diukur dengan punya atau tidaknya riwayat penyakit.

Ini semua harus diukur dengan gaya hidup seperti pola makan sehat, keteraturan olahraga, dan waktu istirahat yang ia punya sehari-hari.

Artikel Lainnya: Rutin Buang Air Besar Bisa Turunkan Berat Badan, Fakta atau Hoax?

2 dari 3 halaman

Apa Faktor Penentu Tubuh Sehat?

Sebenarnya, banyak sekali tolok ukur atau indikator disebut sehat. Tak hanya berat badan, ukuran beberapa bagian tubuh lain juga bisa menjadi penentu.

"Selain dari berat badan, dilihat lingkar pinggang. Lingkar pinggang idealnya untuk laki-laki kurang dari 90 cm, sedangkan wanita kurang dari 80cm," kata dr. Devia Irine.

"Lingkar pinggang yang ukurannya lebih dari normal bisa masuk dalam kategori sindroma metabolik yang bisa berujung pada penyakit diabetes melitus, jantung, dan stroke," sambungnya.

Tekanan darah yang normal juga menjadi tolok ukur dari sehat atau tidaknya tubuh seseorang. Misalnya saja, tekanan darah normal berkisar 120/80, jika di atas angka tersebut Anda kemungkinan mengidap hipertensi.

"Tercukupinya kebutuhan nutrisi dan cairan juga penting. Kalau tubuh dehidrasi atau kurang nutrisi pasti membuat metabolisme tubuh tidak normal," tegas dr. Devia Irine.

Indikator tubuh sehat pun bisa dilihat dari kesehatan mental. Sebab, kalau kesehatan mental terganggu, kesehatan fisik akan ikut terpengaruhi.

Artikel Lainnya: Agar Terkontrol, Ini Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Kesehatan mental yang baik tidak hanya dikategorikan dengan tidak mengalami depresi, kecemasan, atau gangguan lainnya. Namun, juga dilihat dari beberapa hal berikut ini.

  • Cara Anda menikmati hidup.
  • Respons Anda saat bangkit kembali dari kesulitan dan melakukan adaptasi.
  • Keseimbangan berbagai elemen kehidupan Anda, seperti keluarga dan keuangan.

Jadi, berat badan ideal belum tentu menandakan bahwa Anda sepenuhnya sehat, ya. Buat Anda yang masih belum yakin, sebaiknya cek kondisi kesehatan Anda ke dokter.

Untuk tahu informasi lainnya tentang berat badan dan bagaimana menjalani hidup sehat yang ideal, baca terus artikel di aplikasi Klikdokter.

 Sedangkan untuk konsultasi online ke dokter, gunakan fitur LiveChat 24 Jam!

(OVI/AYU)

1 Komentar