Sukses

Ini Ragam Bentuk Payudara Wanita yang Perlu Diketahui

Bentuk payudara wanita unik dan khas yang belum tentu Anda sadari. Apa saja ya? Kita simak yuk di artikel ini!

Ladies, sadar atau tidak kalau bentuk payudara Anda itu unik? Tidak ada dua orang yang memiliki bentuk payudara yang persis sama. Bahkan, saudara kandung atau kembar sekali pun tak memiliki bentukan yang sama.

Payudara memang memiliki bentuk dan ukuran yang khas. Apa saja, ya? Kita simak, yuk!

1 dari 3 halaman

Aneka Bentuk Payudara Wanita

Mungkin tak banyak yang menyadari kalau ada bentuk-bentuk payudara, bukan hanya sekadar besar atau kecil. Yuk, kita kenali lebih lanjut di bawah ini:

  1. Bulat

Bentuk ini dianggap sebagai adalah bentuk “standar” payudara, yakni bulat dan penuh dengan puting di ujungnya. 

Karena bentuknya yang paling umum, bentuk bulat ini digunakan sebagai acuan kebanyakan produsen bra.

  1. Lonceng

Payudara berbentuk lonceng biasanya terjadi pada orang dengan payudara besar. Mirip seperti lonceng, payudara ini cenderung sempit di bagian atas dan penuh di bagian bawah.

  1. Tetesan Air Mata (Teardrop)

Payudara dengan bentuk tetesan air mata ini terlihat mirip dengan payudara berbentuk lonceng. Namun, payudara bentuk ini lebih bulat dan hanya sedikit lebih penuh di bagian bawah daripada di atas.

  1. Kerucut

Payudara bentuk ini lebih mirip kerucut daripada bulat. Bentuk ini lebih banyak ditemukan pada payudara yang lebih kecil daripada besar.

  1. Turun Memanjang

Payudara dengan jaringan yang lebih longgar atau tipis cenderung memiliki bentuk yang turun atau memanjang ke bawah. Puting juga biasanya juga ikut mengarah ke bawah.

  1. Berjarak Dekat

Pada bentuk ini, payudara hanya memiliki sedikit atau tidak ada ruang di antara keduanya. Payudara cenderung berada di tengah dada. Bentuk ini menyisakan area yang lebih besar antara ketiak dan payudara.

  1. West-East

Payudara bentuk West-East penuh di bagian atas dan bawah. Namun, titik putingnya berlawanan arah, jauh dari garis tengah tubuh. Karena saling berlawanan arah itulah sering disebut barat dan timur.

  1. Side-Set

Bentuk payudara ini mirip dengan east west, yakni ada jarak yang cukup lebar di antara kedua payudara. Hanya saja, pada side-set bentuk payudara agak lebih penuh.

Selain jenis-jenis payudara tersebut, ada juga payudara asimetris alias tidak sama besar kiri dan kanan. Tak perlu khawatir, ini kondisi yang normal dan umum.

“Masih bisa dianggap normal kalau payudara asimetris karena kanan dan kiri pun sebetulnya enggak betul-betul simetris. Kecuali, perbedaannya sangat ketara, mungkin saja ada apa-apa dan perlu dicek lebih lanjut oleh dokter,” ujar dr. Nabila Viera Yovita.

Artikel Lainnya: Pompa ASI Bikin Bentuk Payudara Berubah?

2 dari 3 halaman

Faktor yang Pengaruhi Bentuk Payudara

Anda tak perlu heran dengan banyaknya variasi bentuk payudara. Pasalnya, seperti yang dijelaskan dr. Nabila, payudara itu unik dan faktor paling besar yang berperan akan bentuk payudara adalah genetika.

“Faktor genetik yang pada akhirnya akan memengaruhi jaringan, ukuran, densitas payudara wanita,” kata dr. Nabila. Selain keturunan, bentuk payudara juga dipengaruhi oleh beberapa hal berikut ini.

  • Berat Badan

Semakin banyak lemak, payudara bisa semakin besar.

  • Olahraga

Payudara bisa lebih kencang kalau otot dada rutin dilatih.

  • Usia

Semakin tua usia, payudara akan menurun dan memanjang ke bawah.

  • Kehamilan dan Menyusui

Hormon saat hamil dan menyusui dapat memengaruhi besar dan mengubah penyebaran lemak dan jaringan di payudara.

Artikel Lainnya: Cara Memilih Bra Sesuai Ukuran dan Bentuk Payudara

Kalau aneka bentuk payudara tersebut bisa dianggap normal, lantas yang seperti apa bentuknya yang tidak wajar dan perlu perhatian khusus?

Menurut dr. Sepriani T. Limbong, ada beberapa perubahan bentuk dan penampilan pada payudara yang wajib Anda waspadai. 

“Pertama, kalau ada pembengkakan disertai kemerahan dan rasa nyeri terutama pada ibu menyusui. Kemungkinan ada mastitis atau radang payudara. Selanjutnya, ada pembengkakan di salah satu payudara, atau teraba benjolan di payudara (yang sebelumnya tidak ada),” kata dia.

Perubahan kulit payudara, misalnya terlihat seperti kulit jeruk (peau d'orange), dan keluar cairan selain ASI dari puting payudara (seperti nanah atau darah) juga harus diwaspadai.

Ditambahkan dr. Nabila, perhatikan juga apakah ada rasa nyeri dan sensitivitas berlebih yang tidak biasa pada payudara.

“Kalau hal-hal ini terjadi, Anda harus periksakan ke dokter karena bisa jadi ada suatu tumor atau keganasan di payudara,” dr. Nabila menjelaskan.

Masih ada pertanyaan seputar bentuk payudara dan hal-hal lain terkait kesehatan? Tanyakan langsung pada dokter di aplikasi Klikdokter.

(AYU/ARM)

1 Komentar