Sukses

Manfaat Memelihara Ikan Bagi Kesehatan Mental Anda

Dianggap jadi hewan peliharaan yang simpel dan bisa untuk segala kondisi, ungkap manfaat memelihara ikan di sini, yuk!

Orang yang tidak memelihara hewan belum tentu dia tidak menyukai hewan. Bisa saja tidak memelihara karena keterbatasan biaya, waktu, dan pengetahuan soal merawat hewan yang mereka miliki.

Namun, ada satu hewan yang sebenarnya cara perawatannya cukup mudah, yaitu ikan. Bahkan, manfaat memelihara ikan disebut-sebut bisa berdampak baik buat kesehatan mental Anda! Benarkah?

Memelihara Ikan Baik untuk Kesehatan Mental, Ya atau Tidak?

Sebelum menjawab soal kebenaran dari manfaat memelihara ikan, ada baiknya Anda ketahui dulu konsep memelihara ikan itu sendiri.

Memelihara berarti Anda merawat dan menjaganya. Bukan sekadar dimasukkan ke dalam aquarium kecil lalu didiamkan saja atau sekadar diberi makan.

Jangan lupa juga untuk memasang pompa oksigen dan lampu di aquarium kecil, membersihkan akuarium tersebut seminggu sekali, hingga memberi kelengkapan lain di dalam akuarium kecil, misalnya bebatuan, tanaman air, dan lain sebagainya.

Meski tak susah seperti hewan lain, tetapi Anda harus tetap memelihara hewan tersebut dengan cara yang baik, tidak boleh asal. Jika asal saja, maka ikan cepat mati, akuarium selalu keruh, dan manfaat memelihara ikan pun tidak dapat Anda rasakan!

Sementara itu, kegunaan memelihara ikan yang paling populer adalah untuk menenangkan diri dari segala macam kondisi dan juga membentuk kepribadian agar menjadi penyayang serta bertanggung jawab.

Ikhsan Bella Persada, M. Psi., Psikolog mengatakan, “Melihat gerakan ikan atau suara gemericik air itu bisa menenangkan diri kita. Tak cuma itu, ketika setiap hari Anda memberikan makanan, membersihkan akuarium, meletakkan aksesori, intinya sering beraktivitas dengan akuarium tersebut, pasti tumbuh rasa menjaga dan bertanggung jawab.”

Artikel Lainnya: Segudang Manfaat Sehat Memelihara Hewan di Rumah

Beda halnya jika Anda hanya melihat hewan-hewan air di akuarium publik. Anda tak merasakan proses merawatnya sehingga tidak memberi efek yang besar terhadap kepribadian.

Dengan demikian, benar adanya bahwa manfaat memelihara ikan sendiri dapat membuat kesehatan mental Anda berada di kondisi yang lebih baik daripada sebelumnya.

1 dari 3 halaman

Cocok untuk Orang yang Sulit Konsentrasi

Meski memelihara hewan secara umum dapat membuat Anda lebih senang dan tenang, tak semua hewan bisa membantu meningkatkan konsentrasi seseorang.

Kabar baiknya, kegunaan memelihara ikan yang bisa didapatkan oleh Anda adalah konsentrasi meningkat sehingga pekerjaan yang dilakukan pun jadi lebih cepat selesai!

Beberapa orang ada yang meletakkan tanaman-tanaman kecil seperti sukulen di meja kerjanya. Sebagai alternatif, sukulen pun bisa diganti dengan akuarium kecil yang diisi oleh ikan hias.

Sebelum beraktivitas, selain membuat kopi ataupun teh, Anda bisa memandangi dan berinteraksi dulu dengan ikan di akuarium.

Apabila kebiasaan tersebut dilakukan secara konsisten, lama-kelamaan tingkat konsentrasi Anda meningkat serta tak mudah terdistraksi oleh sesuatu kurang penting yang bisa memperlama pekerjaan.

Artikel Lainnya: 7 Terapi Psikologis yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental Anda

2 dari 3 halaman

Bisakah Memelihara Ikan Dijadikan Terapi Pengobatan?

Pada dasarnya, memelihara ikan bukanlah sebuat terapi pengobatan gangguan mental atau penyakit-penyakit tertentu.

Psikolog Ikhsan mengatakan untuk mengobati suatu kondisi medis atau psikis spesifik, manfaat memelihara ikan hanya bisa dirasakan apabila dijadikan terapi pendukung dari terapi utama (tidak bisa berdiri sendiri).

Misalnya, ada satu orang yang memiliki penyakit jantung ataupun hipertensi. Kondisinya hanya bisa sembuh jika dia rutin mengonsumsi obat-obatan yang diberikan dokter serta menjaga pola hidup secara keseluruhan.

“Barulah setelah itu tuntas, untuk semakin meminimalkan risiko kekambuhannya, Anda bisa memelihara ikan,” kata Ikhsan.

Begitu pula dengan terapi untuk anak-anak berkebutuhan khusus, terapi ikan alias memelihara ikan bukanlah terapi utama. Kegunaan memelihara ikan buat mereka seperti pendamping pengobatan dari dokter.

Dokter Reza Fahlevi, Sp.A. mengatakan, “Jika kita menganalogikan dengan hewan-hewan lain yang sudah ada penelitiannya, seperti anjing, ikan, ini mungkin dapat dianggap sebagai teman buat mereka.”

Ketika anak-anak memiliki “teman” yang selalu ada buat dia, mereka pun akan lebih senang dan bersemangat dalam menjalani pengobatan utama.

Tertarik dengan hewan air tersebut karena sudah tahu manfaat memelihara ikan buat kesehatan mental Anda? Boleh saja dicoba! Asalkan, Anda merawatnya dengan baik.

Apabila masih ada pertanyaan seputar cara menjaga atau meningkatkan kesehatan mental dan fisik, langsung konsultasikan hal tersebut pada dokter kami lewat fitur LiveChat 24 Jam di aplikasi KlikDokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar