Kulit

Menghilangkan Komedo di Wajah dengan Pasta Gigi, Apakah Efektif?

Tamara Anastasia, 05 Sep 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Selain digunakan untuk merawat kesehatan gigi dan mulut, pasta gigi juga sering digunakan untuk menghilangkan komedo. Namun, apakah cara ini benar-benar efektif?

Menghilangkan Komedo di Wajah dengan Pasta Gigi, Apakah Efektif?

Munculnya komedo di wajah bisa menjadi sangat mengganggu bagi sebagian orang. Tampilannya yang seperti bintik hitam membuat wajah berminyak dan juga meningkatkan risiko timbulnya jerawat.

Tidak heran, orang-orang tersebut berlomba untuk mencari cara menghilangkan komedo. Salah satu tips yang diduga dapat memberikan hasil efektif adalah menggunakan pasta gigi.

Pasta gigi dinilai ampuh membersihkan komedo karena memiliki kandungan baking soda di dalamnya. Cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi juga diklaim aman dilakukan.

Efek Samping Menghilangkan Komedo dengan Pasta Gigi

Kandungan baking soda di dalam pasta gigi dianggap bisa mengeringkan, membunuh, dan mengangkat komedo membandel. Senyawa ini juga disebut dapat mengatasi jerawat. 

Sayangnya, cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi tidak dianjurkan dari sisi medis. Pasalnya, pasta gigi mengandung bahan-bahan kimia aktif yang justru bisa menimbulkan iritasi di wajah.

Artikel Lainnya: Serba-Serbi Acne Patch untuk Mengobati Jerawat

Berikut adalah bahan-bahan dari pasta gigi yang dapat membuat kulit iritasi:

1. Triklosan

Triklosan adalah salah satu senyawa antibakteri yang banyak digunakan dalam produk sehari-hari, termasuk pasta gigi. Senyawa ini memang terbukti dapat mengatasi bakteri, tapi penggunaannya pada kulit masih memicu kontroversi.

Beberapa penelitian tentang triklosan menunjukkan bahwa senyawa aktif ini dapat memicu iritasi kulit.

2. Hidrogen Peroksida

Tidak jauh berbeda dengan triklosan, hidrogen peroksida juga bersifat sebagai antibakteri. Sayangnya, senyawa ini dapat menimbulkan stres oksidatif di kulit.

Studi menunjukkan bahwa hidrogen peroksida mengganggu penyembuhan luka dan menyebabkan pembentukan bekas luka. Hal ini tentunya tidak baik bagi orang yang berjerawat.

Studi lain dari Journal of the American Academy of Dermatology juga memperlihatkan bahwa penggunaan hidrogen peroksida dengan konsentrasi tinggi dapat merusak kulit menjadi lebih parah. 

Karenanya, waspadalah jika ingin menghilangkan komedo dengan pasta gigi karena bisa sebabkan efek samping ini. 

3. Sodium Bikarbonat

Beberapa orang tertarik dengan cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi, karena kandungan baking soda alias sodium bikarbonat di dalamnya.

Bahan pasta gigi ini memang tidak berbahaya. Namun, senyawa ini dapat mengiritasi kulit, terutama pada mereka yang memiliki kulit sensitif.

Selain itu, baking soda bisa bertindak sebagai physical exfoliator. Alhasil, dapat terjadi pengelupasan kulit yang berlebihan dan membuat kulit kemerahan. Inilah salah satu bahaya menghilangkan komedo dengan pasta gigi yang perlu kamu waspadai.

Artikel Lainnya: Beragam Minyak Non-Komedogenik yang Aman untuk Kulit

4. Sodium Lauryl Sulfate

Bahan aktif sodium lauryl sulfate (SLS) tidak baik untuk kesehatan kulit. Jika kamu membersihkan komedo dengan pasta gigi yang mengandung SLS, minyak alami kulit bisa hilang.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan kulit kering, iritasi, dan menimbulkan reaksi alergi pada sebagian orang.

Ingat, pasta gigi diformulasikan untuk gigi dan bukan untuk wajah kamu. 

Nah, jadi sekarang kamu sudah paham, ‘kan? Untuk menghilangkan komedo, pengaplikasian dengan pasta gigi bukanlah cara yang efektif serta tidak dianjurkan karena dapat merusak skin barrier (lapisan pelindung kulit) dan mengakibatkan iritasi.

Bukan Pakai Pasta Gigi, Hilangkan Komedo dengan Cara yang Aman

Daripada mengikuti yang belum pasti, lebih baik hilangkan komedo dengan cara yang sudah direkomendasikan oleh ahli, seperti:

1. Alat Ekstraktor Komedo

Kamu bisa menggunakan alat khusus untuk mengangkat dan membersihkan komedo di wajah. Benda ini berbentuk seperti pinset dan memiliki kedua alat pembersih di setiap ujungnya.

Hati-hati dalam penggunaan ekstraktor komedo karena bisa melukai dan menusuk area hidung.

2. Eksfoliasi Wajah

Daripada menghilangkan komedo dengan pasta gigi, cara eksfoliasi lebih aman untuk wajahmu. 

Eksfoliasi merupakan proses pengangkatan sel kulit mati dari permukaan kulit dengan teknik pengelupasan secara halus.

Lakukanlah eksfoliasi wajah secara rutin agar bisa membersihkan komedo di wajah secara optimal. Kamu bisa menggunakan face scrub sebagai bahan eksfoliasi.

Artikel Lainnya: Cara Alami Menghilangkan Kutil di Wajah

3. Terapkan Double Cleansing

Double cleansing merupakan metode membersihkan wajah dengan dua tahap, yaitu menggunakan pembersih berbahan dasar minyak dan pembersih berbahan dasar air.

Metode ini bisa kamu lakukan setiap kali baru kembali ke rumah setelah dari luar atau setelah memakai make up.

4. Toner Wajah

Toner berfungsi untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang sebelumnya tidak terangkat saat penggunaan make up remover.

Penggunaan toner bisa membantu mengatasi kulit berminyak, kulit berjerawat, dan kulit berkomedo.

Kamu hanya cukup mengaplikasikan toner setelah cuci wajah di pagi hari sebelum beraktivitas, dan di malam hari sebelum beranjak tidur.

Menghilangkan komedo dengan pasta gigi merupakan cara yang belum terbukti benar-benar ampuh. Justru sebaliknya, cara ini berisiko mendatangkan masalah kulit lain!

Yuk, #JagaSehatmu selalu. Jika kamu ragu terkait informasi kesehatan yang belum jelas kebenarannya, klik Tanya Dokter untuk mengetahui faktanya. Download aplikasi KlikDokter untuk mendapatkan informasi kesehatan tepercaya lainnya.

[WA]

Komedo

Konsultasi Dokter Terkait