Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Suka Makan Buah Ara? Beruntung, Buah Tersebut Kaya Manfaat!

Suka Makan Buah Ara? Beruntung, Buah Tersebut Kaya Manfaat!

Buah ara disebut-sebut bisa mencegah salah satu penyakit kronis, yakni diabetes. Untuk lebih detailnya, berikut di bawah ini ada penjelasan tentang manfaat buah ara.

Bisa dibilang, buah ara atau buah tin, termasuk buah yang jarang dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Alhasil, ketika Anda mulai mengonsumsinya secara rutin, orang-orang menganggap itu sebagai hal yang aneh, baik dari segi bentuk, rasa, dan juga nama.

Meski buahnya jarang ditemui dan dikonsumsi masyarakat kita, ternyata banyak, lho, manfaat kesehatan dari buah ara!

Apa Saja Nutrisi yang Dimiliki Buah Ara?

Kulit luar buah ara berwarna ungu kehijauan. Ketika dibuka, dagingnya berwarna merah muda dan diisi oleh banyak sekali biji kecil. Jika dicicipi, rasanya manis dan ringan di mulut. 

Meski rasanya manis, tetapi kandungan kalori pada buah ara relatif rendah. Biar tak penasaran lagi, ini dia kandungan gizi pada satu porsi buah ara (40 gram):

  • Kalori: 30
  • Protein: 0 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Karbohidrat: 8 gram
  • Serat: 1 gram
  • Tembaga: 3% dari Nilai Harian 
  • Magnesium: 2% dari Nilai Harian 
  • Kalium: 2% dari Nilai Harian 
  • Riboflavin: 2% dari Nilai Harian 
  • Tiamin: 2% dari Nilai Harian 
  • Vitamin B6: 3% dari Nilai Harian 
  • Vitamin K: 2% dari Nilai Harian 

Buah ara segar memiliki kalori dari gula alami. Sedangkan, buah ara kering, lebih mengandung banyak gula dan kalori. Hal ini karena saat buah-buahan dikeringkan, umumnya kandungan gula di dalamnya menjadi lebih pekat.

Artikel Lainnya: 10 Buah Terbaik untuk Kesehatan Tubuh Anda

1 dari 3 halaman

Manfaat Buah Ara untuk Kesehatan Tubuh

Jika kandungan buah ara sangat bernutrisi, bagaimana dengan manfaat buah untuk kesehatan khususnya dalam mencegah penyakit diabetes? 

Menanggapi pertanyaan tersebut, begini penjelasan dr. Devia Irine Putri saat diwawancarai KlikDokter

“Soal manfaat buah ara untuk kesehatan, memang penelitian yang dilakukan pada hewan tikus menunjukkan bahwa si buah ini bisa meng-improve kerja insulin dan membantu menurunkan kadar gula darah,” jelasnya.

Satu penelitian kecil di tahun 1998 dari jurnal Diabetes Research and Clinical Practice menemukan fakta sebanyak delapan peserta yang mengalami penurunan kadar glukosa setelah makan ekstrak daun buah ara.

Tak cuma itu, peserta penelitian juga jadi membutuhkan dosis insulin yang lebih rendah ketika mereka mengonsumsi ekstrak daun ara.

Dalam sebuah studi yang menggunakan tikus dengan kondisi diabetes tipe 2 sebagai sampel penelitiannya melaporkan, ekstrak daun ara dapat meningkatkan kadar insulin dan menurunkan kadar glukosa darah mereka. 

Kendati penelitian di atas hanya dilakukan pada hewan, dr. Devia mengingatkan, “Sebenarnya, prinsip mencegah diabetes adalah dengan menjalani pola hidup sehat. Kalau tidak seimbang pola hidupnya, misalnya konsumsi makanan yang manis-manis, tidak olahraga, ditambah punya riwayat diabetes di keluarganya, tentu akan mudah terkena diabetes melitus.”

Tak berhenti di mencegah penyakit diabetes, adapun manfaat buah ara lainnya untuk kesehatan, antara lain:

  • Meningkatkan Gairah Seksual

Beberapa orang menganggap dan meyakini buah ara sebagai afrodisiak karena kemampuan potensialnya untuk merangsang gairah seksual. 

  • Memelihara Metabolisme Tubuh

Kandungan tembaga dalam buah ara merupakan mineral penting baik untuk tubuh. Salah satunya termasuk metabolisme dan produksi energi, serta untuk membentuk sel darah, jaringan ikat, dan neurotransmiter.

Artikel Lainnya: Manfaat Jus yang Perlu Anda Ketahui

  • Memecah Protein Makanan dan Memelihara Kesehatan Otak

Kandungan vitamin B6 dalam buah Ara merupakan vitamin kunci yang diperlukan untuk membantu tubuh memecah protein makanan. 

Vitamin tersebut juga memainkan peran penting dalam memelihara kesehatan otak, sehingga daya ingat dan tingkat fokus Anda lebih terjaga. 

  • Memelihara Kesehatan Kulit

Sebuah penelitian dari jurnal Complementary Therapies and Medicine, menemukan khasiat buah ara untuk kesehatan kulit. 

Peneliti mengamati 45 anak-anak dengan kondisi dermatitis dan menemukan bahwa krim ekstrak buah ara kering yang dioleskan dua kali sehari selama dua minggu, efektif untuk mengobati gejala-gejala dermatitis. 

Namun, masih diperlukan lebih banyak lagi penelitian untuk menentukan efek sebenarnya dari buah ara terhadap kesehatan kulit. 

  • Memelihara Kesehatan Pembuluh Darah dan Jantung 

Satu studi dari jurnal Pharmaceutical Biology menemukan bahwa manfaat buah ara dapat menurunkan tekanan darah pada tikus ke batasan normal. 

Penelitian pada hewan juga menunjukkan adanya peningkatan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik).

Artikel Lainnya: 8 Buah untuk Ibu Menyusui agar ASI Lancar

2 dari 3 halaman

Buah Ara juga Punya Efek Samping!

Meski banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat, di sisi lain ada risiko kesehatan yang terjadi akibat mengonsumsi buah ara. Misalnya saja:

  • Interaksi obat

Buah ara mengandung vitamin K. Orang yang menggunakan obat pengencer darah seperti warfarin harus menjaga kadar vitamin K mereka.

  • Diare

Serat yang tinggi menjadi salah satu kandungan buah ara. Namun, ketika Anda makan buah ara terlalu banyak, terutama buah ara kering, ini justru dapat menyebabkan diare.

  • Alergi

Beberapa orang mungkin alergi terhadap buah ara. Para peneliti di Wina, Austria, menemukan sebagian besar orang yang alergi terhadap tanaman birch pollen umumnya juga alergi terhadap buah ara segar.

Itu dia penjelasan tentang manfaat buah ara. Setelah mengetahui manfaatnya, Anda tertarik untuk mencoba mengonsumsi buah kaya nutrisi ini?

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan lainnya, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter kami lewat fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar