Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Buah yang Mirip Organ Tubuh Manusia Punya Khasiat untuk Bagian Itu, Benarkah?

Buah yang Mirip Organ Tubuh Manusia Punya Khasiat untuk Bagian Itu, Benarkah?

Katanya, buah-buahan yang mirip organ tubuh punya manfaat tersendiri untuk organ tersebut, lho. Benar tidaknya soal manfaat buah seperti itu, ini kata dokter.

Tanpa kita sadari, ada jenis buah-buahan yang mirip organ tubuh manusia. Lalu, menurut kabar yang beredar, buah tersebut memang berkhasiat untuk mengobati organ tubuh yang mirip “dirinya”. Benarkah manfaat buah bisa terlihat dari bentuknya?

Kebenaran Teori Buah Mirip Organ Tubuh Punya Khasiat untuk Organ Tersebut

Kondisi seperti ini sebenarnya tidak bisa dikatakan salah 100 persen atau benar 100 persen. 

Pasalnya, manfaat buah atau makanan lain yang mirip dengan organ tubuh itu berasal dari perpaduan antara kebetulan dan kecocokan kandungan nutrisi yang dibutuhkan organ itu sendiri. 

Kita ambil contoh yang bukan buah, yaitu tiram. Tiram sudah sejak lama dipercaya sebagai afrodisiak, yaitu makanan pembangkit gairah seksual atau libido. 

Sementara, saat dibuka, bentuk dan tekstur tiram mirip dengan vagina. Tiram mengandung dua asam amino yang memang mampu meningkatkan kadar hormon seks. Jika seseorang memakan makanan tersebut, maka itu akan memengaruhi organ intimnya juga, kan?

Contoh yang lain adalah sayur brokoli. Jika dilihat dari mata orang awam, sayur brokoli mirip dengan pohon. Namun, jika dilihat dari kacamata peneliti atau ahli kesehatan, kepala brokoli nampak seperti ratusan sel kanker

Sedangkan, brokoli itu sendiri dianggap sebagai super food yang mengandung antioksidan tinggi dan bisa membantu menurunkan risiko kanker. Jadi, tidak bisa benar-benar dibilang salah 100 persen, bukan? 

Artikel Lainnya: 10 Buah Terbaik untuk Kesehatan Tubuh Anda

1 dari 2 halaman

Buah-buahan yang Mirip Organ Tubuh Manusia

Terlepas dari kebenaran soal khasiat buah yang mirip organ tubuh manusia, pada dasarnya, buah-buahan memang memberikan manfaat baik untuk kesehatan kita. 

Jadi, mau mirip atau tidak, ya, dikonsumsi saja. Selain alpukat, di bawah ini ada contoh buah-buahan dan juga sumber makanan yang mirip organ tubuh manusia, dilansir dari American Journal of Phytomedicine and Clinical Therapeutics:

  1. Alpukat

Sekarang giliran buah. Ada juga buah yang mirip organ tubuh manusia, yaitu alpukat dan uterus (organ reproduksi wanita). 

Manfaat buah alpukat dipercaya bisa menyehatkan organ reproduksi tersebut. Tapi, menurut dr. Devia Irine Putri, manfaat buah alpukat tak cuma terfokus pada uterus. 

“Alpukat mengandung asam lemak baik yang bisa membantu mencegah terbentuknya masalah kolesterol. Manfaat buah alpukat lainnya, yaitu memperlancar saluran cerna. Jadi, tidak spesifik untuk kesehatan rahim saja karena mengandung asam folat. Lagi pula, jeruk pun kaya akan asam folat, tetapi bentuknya tidak mirip,” jelasnya. 

  1. Jeruk 

Jeruk terlihat seperti kelenjar susu wanita alias payudara. Selain itu, salah satu tanda bahwa ada masalah pada payudara Anda adalah tekstur permukaannya yang seperti kulit jeruk. 

Sedangkan, jeruk itu sendiri mengandung zat limonoid yang telah terbukti menghambat perkembangan kanker payudara. 

  1. Tomat 

Ketika dibelah, bagian dalam tomat seperti struktur jantung. Nah, tomat mengandung zat likopen yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, likopen juga dapat membantu melawan efek LDL (kolesterol) di dalam tubuh. 

Artikel Lainnya: 6 Buah yang Sebaiknya Tidak Dijus

  1. Anggur

Paru-paru terdiri atas cabang-cabang saluran udara seperti buah anggur. Dipercaya, manfaat buah anggur bisa untuk menurunkan risiko kanker paru dan emfisema. 

Tak cuma itu, biji anggur juga mengandung proanthocyanidin yang bisa membantu mengatasi asma, khususnya yang dipicu alergi. 

  1. Pisang

Kalau sekilas Anda melihatnya, pisang seperti bibir yang tengah tersenyum. Namun, tahukah kalau buah pisang ini mengandung protein yang disebut tryptophan. Kerennya, setelah dikonsumsi protein ini menjadi neurotransmitter kimia yang disebut serotonin.

Lalu apa hubungannya dengan mulut yang tersenyum? Nah, uniknya serotonin ini dapat membuat mood seseorang menjadi lebih baik alias lebih happy. Bahkan, bisa menjadi obat antidepresan.

Selain mulut tersenyum, pisang juga sering menjadi simbol alat kelamin laki-laki. Namun, ternyata punya manfaat bagi keperkasaan pria.

Pisang kaya akan potasium. Kandungan ini dapat memperkuat otot, termasuk yang berada di alat kelamin pria. Bahkan, zat ini juga membuat laki-laki merasakan sensasi luar biasa pada alat kelaminnya ketika berhubungan intim.

Itu dia penjelasan tentang manfaat buah yang mirip dengan organ tubuh manusia. Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar manfaat buah ataupun hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan lainnya, langsung saja konsultasi dengan dokter kami lewat fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar