HomeInfo SehatPencernaanBenarkah Makan Kelapa Parut Bisa Sebabkan Terinfeksi Cacing Kremi?
Pencernaan

Benarkah Makan Kelapa Parut Bisa Sebabkan Terinfeksi Cacing Kremi?

Krisna Octavianus Dwiputra, 02 Jul 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Makan kelapa parut sejak lama dipercaya menjadi penyebab munculnya cacing kremi. Tapi benarkah hal itu sebabkan manusia kremian?

Benarkah Makan Kelapa Parut Bisa Sebabkan Terinfeksi Cacing Kremi?

Pernahkah Anda mendengar mitos yang mengatakan bahwa makan parutan kelapa adalah penyebab munculnya cacing kremi di pantat? Ya, larangan itu sepertinya masih berlaku sampai sekarang, khususnya untuk beberapa orang tua. 

Tentu saja, ada yang percaya, ada juga yang tidak. Jadinya, kita pun penasaran dan bertanya-tanya, apakah benar makan kelapa parut sebabkan cacing kremi?

Mitos Makan Kelapa Parut Memicu Munculnya Cacing Kremi. Benarkah?

Infeksi cacing kremi, atau akrab disapa kremian oleh masyarakat Indonesia, adalah kondisi di mana ada cacing kecil di anus.

Cacing-cacing ini berwarna putih dan ukurannya kecil, mirip parutan kelapa. Hal itulah yang kemudian melatarbelakangi orang dan berpikir bahwa kremian disebabkan oleh makan parutan kelapa.

Menurut dr. Devia Irine Putri, mitos ini tidak benar. "Jelas ini adalah mitos. Sejak zaman saya kecil juga sudah muncul mitos ini," begitu ungkap dr. Devia Irine saat dihubungi KlikDokter.com.

Kelapa Justru Bisa Atasi Cacing Kremi

Berbanding terbalik dengan mitosnya, sebuah penemuan menyatakan kalau kelapa, terutama minyaknya, justru bisa mengatasi infeksi cacing kremi.

Melansir dari Healthline, buah kelapa dikatakan mengandung sifat antibakteri dan antivirus yang dapat membantu mengatasi infeksi cacing kremi. 

Cara penggunaannya juga terbilang mudah. Anda dianjurkan mengonsumsi satu sendok teh minyak kelapa murni setiap pagi atau mengosokkan sedikit minyak kelapa ke bagian yang sakit (terdapat cacing)

Kendati demikian, dr. Devia punya pendapat lain. Menurutnya, cacing kremi adalah parasit yang tidak bisa diobati dengan antivirus atau antibakteri. 

“Sebenarnya cacing kremi itu termasuk parasit, bukan bakteri atau virus. Meski minyak kelapa ada kandungan antibakterinya atau antivirusnya, itu tidak akan efektif menghilangkan infeksi cacing kremi,” jelas dr. Devia.

Infeksi cacing kremi tetap harus diobati dengan obat cacing. Kalau tidak, infeksinya tidak akan hilang dan justru bisa menginfeksi ke orang lain,” tegas dr. Devia. 

Artikel Lainnya: Ini Alasan Anak Perlu Obat Cacing Setiap 6 Bulan

Lalu, Apa Penyebab Infeksi Cacing Kremi Muncul?

Dokter Devia Irine Putri menjelaskan, infeksi cacing kremi disebabkan karena ada kontak langsung seperti menghirup atau menelan telur cacing.

Telur juga bisa hidup di permukaan seperti pakaian, tempat tidur, atau benda lainnya. Jika Anda menyentuh salah satu dari barang-barang ini dan kemudian meletakkan jari-jari Anda ke mulut, telur cacing bisa tertelan.

"Misalnya pegang benda yang sudah terkontaminasi dengan telur cacing, kemudian memasukkan jari ke mulut, mengibaskan handuk atau sprei yang sudah terkontaminasi, garuk-garuk anus kemudian menyentuh makanan tanpa cuci tangan, jadinya makanan itu terkontaminasi lalu bisa terinfeksi," ujar dr. Devia Irine.

Kalau sampai terkena, kira-kira sebulan kemudian, telur-telur itu akan menetas di usus dan matang menjadi cacing dewasa. Cacing kremi betina akan bergerak ke daerah anus manusia untuk bertelur. 

Alhasil, kremian akan menyebabkan anus terasa gatal. Jika menggaruknya, telur dapat menempel di jari dan berdiam di bawah kuku Anda. 

Setelah itu, bila Anda menyentuh permukaan atau benda lain, Anda bisa menyebarkan telur cacing ke orang lain. 

Perlu diketahui juga bahwa cacing kremi sifatnya menular. Infeksi cacing kremi paling sering terjadi pada anak usia sekolah. 

Tak dimungkiri, cacing kremi juga mudah menyebar ke anggota keluarga lainnya, termasuk orang dewasa. 

Ada beberapa gejala yang terjadi kalau sampai terkena cacing kremi alias kremian, yakni:

  • Anus gatal, terutama di malam hari
  • Tidur gelisah
  • Gatal pada area vagina (cacing dewasa bisa pindah ke vagina)
  • Mudah marah
  • Nyeri perut yang suka kambuh

Untuk mengatasi infeksi cacing kremi, sebaiknya periksa ke dokter, terlebih jika Anda punya gejala gatal parah di bagian anus. Ini harus segera diobati supaya tidak berkelanjutan.

Apabila mau konsultasi lebih praktis, segera ajukan pertanyaan lewat fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter

(OVI/AYU)

Cacingan

Konsultasi Dokter Terkait