Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Sakit Punggung dan Leher saat WFH? Ini Cara Mengatasinya

Sakit Punggung dan Leher saat WFH? Ini Cara Mengatasinya

Sakit punggung dan leher saat WFH banyak dialami pekerja yang kerja dari rumah selama pandemi COVID-19. Mari ketahui cara mengatasinya!

Penerapan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah menimbulkan masalah baru. Saat WFH, kebanyakan orang biasanya bekerja dalam kondisi yang tidak nyaman.

Kalau di kantor, ada kursi yang nyaman, sementara kalau di rumah pakai seadanya saja. Alhasil, banyak orang sekarang mengaku sakit punggung dan leher. Nah, mari ketahui penyebab dan cara mengatasi sakit punggung dan leher.

Penyebab Sakit Punggung dan Leher saat WFH

Sudah hampir tiga bulan para pekerja melakukan aktivitas bekerja dari rumah. Sayangnya, banyak juga yang merasa kerja dari rumah justru lebih melelahkan dibanding kerja di kantor.

Belum lagi alat penunjang yang tidak memadai, misalnya meja kerja yang tidak baik, kursi seadanya, bahkan mungkin ada yang kerja sambil tiduran di kasur. Sayangnya, itu semua justru bisa merugikan kesehatan Anda. Paling sering dikeluhkan adalah sakit punggung dan leher.

Sakit punggung dan leher menurut dr. Devia Irine Putri umumnya disebabkan oleh posisi duduk yang kurang benar. Sudah disinggung sedikit sebelumnya, tidak semua orang punya kursi atau meja kerja nyaman di rumah.

"Posisi saat kerja yang tidak baik (bungkuk, kerja sambil duduk di kasur) dan kurang stretching karena terlalu fokus duduk buat kerja juga bisa sebabkan sakit punggung dan leher," ungkap dr. Devia.

Belum lagi kursinya, pasti Anda bekerja dengan kursi seadanya, bukan? Itu juga berbahaya. "Kursi kerja harus yang ada bentuknya seperti yang di kantor. Kalau pakai kursi makan, ya, akan sakit," jelasnya.

Artikel lainnya: 5 Tanda Sakit Punggung Bagian Atas yang Berbahaya

1 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Nyeri Punggung dan Leher saat WFH

Kalau sudah begini, Anda harus tahu cara mengatasi sakit punggung dan leher yang Anda rasakan. Cara-caranya sebagai berikut:

  1. Kompres Air Dingin

Menurut dr. Alvin Nursalim, Sp.PD, kompres air dingin dapat menurunkan peradangan yang terjadi dan mengurangi rasa nyeri akibat sakit punggung.

  1. Jaga Postur Tubuh Tetap Baik

"Jagalah postur tubuh Anda agar berada dalam posisi tidak membungkuk. Posisi membungkuk menyebabkan tubuh lebih sulit menopang berat badan secara ideal," kata dr. Alvin.

  1. Jaga Berat Badan Anda

Kerja di rumah bukan berarti seenaknya bisa kerja sambil ngemil. Salah-salah nanti malah bisa bikin berat badan naik!

"Berat badan berlebih dapat menyebabkan peningkatan beban tubuh pada tulang belakang. Oleh karena itu, jagalah berat badan Anda tetap dalam rentang berat badan ideal," sambung dr. Alvin.

  1. Gunakan Obat Nyeri

Obat nyeri yang dijual bebas di pasaran dapat digunakan untuk meringankan gejala. Obat nyeri untuk meringankan gejala sakit punggung adalah parasetamol atau ibuprofen.

Namun, dr. Alvin menjelaskan bahwa Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk penggunaan obat ini.

Artikel lainnya: 7 Hal Tidak Terduga Penyebab Sakit di Leher

2 dari 3 halaman

Tips Kerja di Rumah agar Terhindar dari Sakit Punggung dan Leher

Supaya terhindar dari sakit punggung dan leher selama WFH, cobalah beberapa tips ini.

Pertama, Anda bisa menggunakan bantal sebagai alas duduk di kursi. Bantal membantu Anda mendapatkan sensasi empuk, sehingga tidak terlalu berat beban punggung saat duduk.

Lalu, menurut dr. Devia, Anda juga bisa sesekali berdiri atau berjalan. Jangan terus-terusan duduk selama WFH. "Tiap 30-60 menit, bangun dari tempat duduk lalu jalan-jalan sebentar atau lakukan peregangan ringan," saran dr. Devia.

Peletakan komputer atau laptop juga berpengaruh. Lihat layar komputer dengan leher lurus, dan jangan memiringkan layar sehingga Anda harus memutar leher.

Bila Anda memiliki layar terpisah, gunakan tumpukan buku atau di atas kotak kardus untuk menaikkannya ke posisi layar laptop yang nyaman tepat di depan pandangan Anda.

Sakit punggung dan leher memang jadi contoh ancaman nyata selama WFH di pandemi COVID-19 nanti. Ketahui cara mengatasi dan pencegahannya. Kalau mau konsultasi lebih lanjut, chat dokter lewat fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

(OVI/FR)

5 Komentar