Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Pasien Sembuh COVID-19 di Solo Rajin Minum Empon-Empon, Ini Faktanya!

Pasien Sembuh COVID-19 di Solo Rajin Minum Empon-Empon, Ini Faktanya!

Pasien COVID-19 di Solo mengaku rajin minum empon-empon untuk menyelamatkan nyawanya. Ketahui fakta dari minuman sejenis jamu itu.

Klikdokter.com, Jakarta Belakangan, ramuan empon-empon menjadi primadona di tengah pandemi virus corona. Bahkan, ramuan tersebut dipercaya pasien asal Solo untuk mengatasi COVID-19, lho!

Namun, apa benar empon-empon ini bisa mencegah sekaligus menyembuhkan coronavirus? Ketahui faktanya lewat uraian berikut.

Apa Itu Empon-empon?

Empon-empon adalah minuman sejenis jamu yang sudah dikonsumsi sejak zaman dulu. Biasanya ramuan minuman tradisional ini terdiri dari jahe, kunyit, temulawak, dan rempah-rempah lainnya.

Sebelum dicampurkan menjadi satu, biasanya beberapa bahan itu digeprek dulu. Kemudian, baru ditambahkan air panas. Setelah dicampur air panas, ramuan itu dibiarkan sampai warnanya berubah agak kuning kecokelatan, lalu diminum.

Sebagian orang ada yang langsung minum empon-empon itu tanpa campuran apa pun. Akan tetapi, ada beberapa yang menambahkan gula jawa agar ada rasa manisnya.

Ketika diminum, empon-empon memiliki rasa agak pedas di lidah, tapi hangat di tenggorokan. Tidak ada takaran pasti untuk membuatnya, semua berdasarkan feeling dari seberapa banyak jumlah bahan-bahan untuk membuatnya.

Artikel Lainnya: Hati-hati Virus Corona, Ini Pertolongan Pertama untuk Mengatasinya

1 dari 3 halaman

Cerita Pasien Sembuh Coronavirus dan Empon-empon

Minuman jadul ini kembali viral ketika pasien positif asal Solo, Jawa Tengah, Purwanti, membeberkan rahasia sehatnya akibat minum empon-empon. Namun, soal manfaat empon-empon ini, memang belum ada penelitian atau fakta medis yang mengakui secara pasti, ya.

Dikutip dari Kompas.com, Purwanti meyakini dirinya selamat dari coronavirus berkat perawatan dari rumah sakit dan karena rutin mengonsumsi empon-empon.

Awalnya, Purwanti mengaku tertular dari suaminya yang pulang dari seminar di Bogor pada 24-29 Februari lalu.

Suami dari Purwanti sendiri akhirnya dinyatakan meninggal dunia akibat COVID-19. Ia juga mengaku, pada saat suaminya dinyatakan terinfeksi coronavirus, Purwanti langsung menjaga diri dengan minum empon-empon.

"Dari awal Bapak (almarhum suami) masuk ke RS Moewardi, saya setiap hari minum vitamin itu, lho, Pak. Saya di rumah gitu sama kakak juga dibuatin jamu," ujar Purwanti saat berbicara dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

"Ramuan jamu-jamu itu lho, Pak. Macam-macam jamu, semua empon-empon dicampur jadi satu tak minum," tambahnya.

Artikel Lainnya: Waspada, Penderita Virus Corona Bisa Tidak Menunjukkan Gejala!

2 dari 3 halaman

Lalu, Benarkah Empon-empon Berkhasiat untuk Cegah Virus Corona?

Jika mengacu pada rempah-rempah yang dipakai untuk membuat empon-empon, pastinya terdapat beberapa manfaat baik untuk tubuh.

Bahkan, rempah seperti kunyit, jahe, dan temulawak, diketahui mengandung antioksidan yang memang baik untuk kesehatan tubuh.

Misalnya kunyit, menurut dr. Valda Gracia, bahan alami ini bisa membantu meredakan infeksi dan gangguan pernapasan. Seperti yang kita tahu, virus corona menyerang masalah pernapasan.

Di sisi lain, khasiat temulawak juga tidak boleh diremehkan. Berkat kandungan kurkumin, temulawak terbilang baik untuk dikonsumsi. Kurkumin diketahui mampu membantu menekan risiko infeksi di dalam tubuh.

Akan tetapi, apakah berkhasiat cegah infeksi COVID-19? Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia, Daeng M. Faqih mengatakan, bahwa tidak ada larangan tapi tidak juga menganjurkan masyarakat mengonsumsi empon-empon.

"Empon-empon hukumnya mubah. Tidak dilarang, tidak juga diwajibkan. Tapi, kalau didalilkan untuk COVID-19 itu yang saya tidak setuju," kata Daeng seperti melansir dari Antara pada Selasa (10/3).

Artikel Lainnya: Tanda-tanda Seseorang Sudah Sembuh dari Virus Corona

Di sisi lain, masyarakat juga tidak boleh sembarangan dalam meracik empon-empon. Kalau diracik asal, dikhawatirkan malah berbahaya dan merugikan kesehatan.

 Bahkan, menurut dokter spesialis paru, Erlina Burhan, seperti yang dikutip dari CNNIndonesia, masyarakat disarankan tidak meracik empon-empon sebagai minuman pencegah virus corona!

"Sebetulnya kalau dari sisi farmakologi tradisional memang ada mengandung antioksidan, memang baik untuk tubuh. Tapi kita perlu berpikir, kalau tidak bisa mengolahnya, campuran airnya berapa, suhunya berapa, dikhawatirkan bukan antioksidan yang terbentuk, tapi oksidan," sambungnya.

Sampai saat ini, penelitian soal empon-empon untuk mencegah atau bahkan mengatasi COVID-19 masih belum jelas. Tetapi, kalau Anda mau meminumnya, itu sah-sah saja.

Dianjurkan, untuk konsultasi dengan dokter dulu sebelum mengonsumsi minuman herbal apa pun, termasuk empon-empon.

Nantinya, dokter akan menyarankan dosis atau bahan alami yang tepat dan disesuaikan dengan kondisi kesehatan masing-masing.

KlikDokter juga telah bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana untuk menekan angka persebaran virus corona.

Apabila mau tahu lebih lanjut seputar infeksi COVID-19 gunakan fitur Live Chat untuk konsultasi langsung dengan dokter. Sedangkan untuk membantu menentukan gejala, Anda bisa mencoba tes coronavirus online di sini.

(OVI/AYU)

1 Komentar